Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

PENGERTIAN AIR COMPRESSOR

Air Compressor Adalah udara yang dipampatkan atau dipadatkan dan disimpan dibawah tekanan yang lebih besar dari tekanan atmosfer, biasanya udara tersebut disimpan di dalam tanki atau biasa disebut dengan air tank atau air receiver tank. Air compressor memiliki banyak jenis, contohnya seperti Piston Air Compressor, Rotary Screw Air Compressor dan Scroll Air Compressor.

1. PISTON AIR COMPRESSOR
piston compressor.jpg

Piston air Compressor atau juga biasa disebut dengan Reciprocating air compressor, Piston (Torak) digerakan dengan motor atau dengan Engine, Piston bergerak naik turun dan dilengkapi dengan katup Isap dan katup Buang, sebagian besar Piston terdiri dari 2 silinder berbentuk V atau 3 silinder Berbentuk W atau biasanya Air Compressor kecil terdiri dari 1 Silinder,  Air Compressor jenis Ini paling banyak digunakan, karna air compressor ini paling murah dibandingkan dengan jenis air compressor yang lain dan juga untuk perawatanya sangat mudah.

selain dari segi harga yang murah Compressor jenis piston juga banyak pilihan, mulai dari kapasitas 0.75HP sampai 25HP, dan juga soal Pressure,  jenis compressor ini bisa mencapai Pressure sampai 30BAR bahkan mungkin lebih dari itu, tergantung dari setiap vendor pembuatnya. Air compressor Jenis piston memiliki beberapa kelemahan, seperti suaranya yang sangat bising, tidak tahan lama bila digunakan terus menerus (24 Jam Non Stop), suhu udara yang keluar terlalu tinggi dan kandungan oli yang keluar juga lebih banyak dibandingkan dengan Air Compressor jenis lain,

2. ROTARY SCREW AIR COMPRESSOR
rotary compressor.jpg Rotary Screw Air Compressor bekerja dengan menggunakan dua rotor (helical Screws)  rotor laki dan rotor perempuan, sama halnya dengan Piston Air Compressor, jenis Screw Air Compressor Juga menggunakan Motor Atau Engine untuk menggerakan kedua rotor tersebut, Rotor memiliki Design yang sangat khusus, berputar berlawanan arah dengan sangat sedikit sekali jarak diantara kedua rotor. Jenis Air Compressor ini banyak sekali digunakan di kawasan Industri karna memiliki Air Delivery yang besar.
selain itu  juga dapat digunakan secara terus menerus 24 jam non stop sehingga dapat menghasilkan hasil produksi yang maksimal guna memperoleh Profit yang besar bagi sebuah perusahaan. Air Compressor ini memang luar biasa, tetapi bukan berarti tidak memiki kekurangan, karna Compressor ini memiliki harga jauh lebih mahal dibandingkan dengan Compressor Piston, serta memiliki perawatan yang lebih dibandingkan dengan Air Compressor jenis Piston.
 
3. SCROLL AIR COMPRESSOR

scroll-air-compressor.jpg
Scroll Air Compressor memiliki dua elemen spiral dan hanya satu bagian yang bergerak, yang Satu bergerak dalam lingkaran eksentrik dan yang satu diam adalah stasioner , jenis Scroll Air Compressor biasanya digunakan untuk Compressor pendingin, yaitu untuk memompa Freon, Scroll Air Compressor memiliki suara yang sangat rendah, Design yang sederhana dan Memiliki perawatan yang minin bahkan hampir tidak ada, tetapi Jenis Scroll Air Compressor memiliki Air Delivery yang rendah.
Udara yang dihasilkan lebih panas dibandingkan dengan Air Compressor yang lain, dan juga bila terjadi kerusakan pada komponennya sangat sulit untuk memperbaiki.


Penulis : Winnarko
Editor : Takiyudin

 Banner Shigemitsu F Series