Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Pengertian Mesin Bubut

Posted Date, 16 Maret 2023

Editor: Fiki

Penulis:Daniel Ponso


Pengertian Mesin Bubut
Halo para teman – teman setia dari PT. Indotara Persada, semoga para teman – teman selalu dalam kondisi sehat dan semangat pastinya. Pada pembahasan artikel kali ini saya akan membahas mengenai produk yang sudah tidak asing lagi bagi para pelajar SMK dan dunia perbengkelan. Tentunya produk yang akan kami bahas kali ini ada Mesin Bubut (Lathe Machine). Artikel kali ini akan dibagi menjadi beberapa pembahasan penting yaitu mulai dari pengertian, prinsip kerja, bagian serta bagian – bagian apa saja yang terdapat dari Mesin Bubut itu sendiri, mari kita mulai dari pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Mesin Bubut (Lathe Machine)

Mesin bubut sendiri memiliki pengertian sebagai mesin perkakas yang fungsinya untuk pemotongan benda kerja pada sumbu rotasi untuk melakukan berbagai proses contohnya seperti pemotongan, pengamplasan, pengeboran, deformasi, pembubutan muka, dan pemutaran benda kerja yang dilakukan dengan cara membuat sayatan pada material benda kerja dimana pahat digerakkan secara translasi dan sejajar dengan sumbu dari benda kerja yang berputar.

Prinsip Kerja Mesin Bubut (Lathe Machine)

Prinsip kerja mesin bubut adalah untuk menghilangkan suatu bagian dari benda kerja untuk memperoleh bentuk tertentu yang dimana benda kerja diputar dengan kecepatan tertentu bersamaan dengan dilakukannya proses pemakanan oleh pahat yang bergerak bertahap secara translasi sejajar dengan sumbu putar benda kerja. Gerakan putar dari material benda kerja bisa disebut sebagai gerak potong relatif dan juga gerakkan translasi dari pahat bisa disebut gerak umpan.

Dengan mengatur perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat maka akan memperoleh berbagai bentuk macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda. Hal ini juga dapat dilakukan dengan cara menukar roda gigi translasi yang menghubungkan poros spindel dengan poros ulir.

Bagian – Bagian Mesin Bubut

Berikut ada beberapa bagian yang terdapat pada satu mesin bubut :

Kepala Bubut (Headstock)
Kepala Bubut biasanya terletak pada bagian yang mempunyai spindle / tempat barang berputar. Pada bagian headstock juga memiliki tuas – tuas yang fungsinya untuk mengatur kecepatan putar spindel. Kepala Bubut / Catok Bubut dapat diganti menjadi catok 3 pencekam (3 Jaw Chuck) ataupun 4 pencekam (4 Jaw Chuck).

Ekor Bubut (Tailstock)
Ekor Bubut memiliki letak berseberangan dari kepala bubut. Ekor Bubut berfungsi pada pekerjaan bubut dengan dua center, hal ini untuk menghindari benda kerja bengkok pada saat proses pembubutan. Ekor bubut atau tailstock juga berfungsi agar benda material yang dibubut bisa mendapatkan center yang baik.

Eretan (Carriage)
Carriage merupakan meja yang menopang dan pembawa tool station atau biasa tempat bersandarnya pisau bubut. Tanpa adanya meja ini maka bubut tidak akan berfungsi karena tidak ada nya pisau untuk memahat benda.

LeadScrew
Lead Screw terletak di bagian bawah feed rod dan digunakan untuk menggerakkan carriage secara longitudinal selama operasi pemotongan ulir.


Meja Bubut (Lathe Bed)
Meja Bubut merupakan bagian dasar mesin bubut dan juga merupakan kekuatan atau inti bubut yang tidak dapat dipungkiri. Meja Bubut dan lebar nya merupakan tumpuan dari beberapa bagian seperti kepala, ekor bubut dan juga eretan. Lebar dari Meja bubut sangat amat berpengaruh untuk menjaga kestabilan pemotongan benda kerja dan kekuatan makan dari bubut tersebut.

HandWheel
Hand Wheel ini dioperasikan secara manual dengan tangan untuk menggerakkan bagian carriage, cross slide, tailstock, dan bagian lain yang dilengkapi dengan handwheel.


Berikut adalah kurang lebih sedikit penjelasan singkat mengenai pengertian, prinsip kerja dan juga bagian – bagian dari mesin bubut. Dengan adanya artikel ini diharapkan para teman – teman setia dari PT. Indotara Persada dapat memahami sedikit atau memiliki gambaran seperti apa mesin bubut itu sendiri. Tentunya kami dari PT. Indotara Persada siap untuk membantu kebutuhan para teman – teman, dengan didukung juga oleh layanan purna jual dan pastinya sparepart yang lengkap. Jadi jangan ragu untuk segera menghubungi team sales dari PT. Indotara Persada. Terima kasih dan maaf bila ada salah kata dalam penyampaian artikel ini.