Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Penilaian dan Pertimbangan Pemakaian Genset

Posted Date, 15 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Novan Sakti Ardianto

Penilaian dan Pertimbangan Pemakaian Genset

Penilaian dan Pertimbangan Pemakaian Genset - Di Zaman yang sudah maju ini kami rasa sudah banyak yang pernah mendengar dan melihat Genset, Lalu apa itu Genset? Genset merupakan singkatan dari Generator Set. Alat ini berfungsi untuk menghasilkan daya listrik yang diproses melalui pembangkit (Generator)

Pada prakteknya genset ini digunakan sebagai sumber daya primer (Utama) dan sekunder (Pengganti PLN ketika mati). Bahan bakar yang digunakan ada yang menggunakan solar dan bensin. Kenapa sih kita harus memerlukan pemakain Genset? Berikut kira-kira jawabanya;

Harga relatif terjangkau
Di zaman sekarang ini sudah banyak Vendor yang menawarkan Harga genset dengan opsi silent dan open. JIka Bapak/Ibu mencari yang lebih murah pilihlah open type.Untuk Genset rumahan sudah banyak yang ditawarkan dengan harga dibawah 10 juta, Cukup menarik bukan?

Menjaga bisnis tetap berjalan
Jika kita memiliki usaha dan memerlukan sumber daya listrik tambahan. Maka Genset solusinya. Misalnya listrik dirumah hanya 2200 Watt sedangkan kita memerlukan sumber daya untuk menghidupkan peralatan kantor/bisnis kita maka ini bisa menjadi solusi.

Investasi yang menguntungkan
Memiliki genset pada dasarnya dapat menghemat pengeluaran. Biaya produksi lebih murah karena tidak digunakan terus menerus seperti PLN, jika Bapak/Ibu ingin menggunakanya baru diperlukan bahan bakar. Hal ini masih ditambah jika listrik PLN padam, jika kita memiliki usaha rumah makan atau restoran menjadi terganggu operasionalnya tentunya ini akan berdampak kerugian pada usaha kita. Jika lokasi usaha kita jauh dari Gardu PLN, Genset juga bisa menjadi opsi untuk operasional usaha.
Baca Juga:

JIka kita sudah merasakan pentingnya manfaat genset, Bagaimana cara menilai Genset terbaik?

Jangan asal cari murah
Dalam membeli suatu barang harga memang menjadi pertimbangan. ,tetapi hendaklah kita melihat parameter lain misalnya: garansi produk,brand image, country of origin (asal produk)

After sales terjamin
Ketika kita membeli suatu barang, pasti berharap jika ada kendala dikemudian hari kita tidak bingung harus bagaimana. Oleh karena itu pilihlah Vendor/Distributor yang menjual spare partnya juga. Sebaiknya jangan cari yang jual putus, tanyakan pada vendor/distributor tersebut mengenai ketersediaan spare part, jasa servis, dan lain sebagainya

Pilih Genset sesuai kebutuhan

Sebelum membeli genset, baiknya hitung dulu berapa listrik yang dibutuhkan. Dalam spesifikasi Genset terdapat bahasa :

VA=Volt Ampere (daya semu)

Watt =Daya murni

Jka dikonversikan kurang lebih 1000 VA (1KVA) = 800 watt (0,8 KW)

Misal Jika listrik dirumah kita 3300 Watt, maka bisa membeli Genset dengan spesifikasi daya 5 KVA/4 KW.
Jangan lupa pastikan juga voltase/tegangan 1 phase (220 Volt) atau 3 phase (380 Volt) dirumah/kantor harus sesuai dengan Genset yang akan kita beli.

Efisiensi bahan Bakar
Pilih Genset dengan konsumsi bahan bakar yang irit dan kapasitas tanki yang sesuai. Hal ini penting untuk lebih menghemat biaya dan waktu kita tanpa perlu melakukan pengisian bahan bakar berkali-kali.

Berdasarkan penjelasan diatas semoga bisa menambah wawasan akan pentingnya Genset.

Jangan ditunda, segera hubungi Distributor terbaik anda.