Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Pentingnya UPS Untuk Alat Medis di Rumah Sakit

Posted Date, 19 Januari 2023

Editor: Rosyid

Penulis: Haizul Kurnia, A.Md.Kom.

Pentingnya UPS untuk alat medis di Rumah Sakit

Pentingnya UPS untuk alat medis di Rumah Sakit - Akibat gangguan atau pemadaman listrik khusus nya di Indonesia, Juga berdampak pada operasional pada Rumah Sakit yang mengakibatkan  insiden yang  membahayakan kesehatan dan bahkan merenggut nyawa pasien. Pemadaman listrik di tempat-tempat perawatan medis  seperti unit perawatan intensif (ICU) atau ruang bedah bisa  mempertaruhkan nyawa pasien. Maka  dibutuhkan Uninterruptible Power Supply atau UPS handal yang dapat menyediakan backup time yang cukup agar dapat melakukan prosedur operasional medis agar tidak terjadi ganggguan.
 
Mungkin beberapa dari kita penasaran seperti apa si komponen komponen yang terdapat dalam UPS sehingga bisa memberikan cadangan waktu beberapa saat dan bisa mengubah arus listrik dari yang disuplai PLN atau arus AC bisa mengisi listrik pada baterai atau arus DC kemudian bisa mensuplai kembali ke alat elektronik dengan arus AC, karena arus listrik yang dihasilkan oleh baterai tentu berbeda dengan arus listrik yang disuplai dari PLN. Berikut ini beberapa komponen yang terdapat didalam UPS serta kegunaan dari komponen tersebut.

Apa itu UPS ?
Uninterruptible power supply atau sering disebut UPS. UPS merupakan alat yang sangat penting dengan fungsi utama sebagai penyimpan dan penyuplai daya aliran listrik secara terus menerus. cara kerja dari UPS adalah menyimpan daya kemudian mengalirkannya ke output, UPS sangat penting suntuk menyuplai tegangan listrik apabila terjadi aliran listrik utama (PLN) terputus.



Baca Juga:

Apa saja fungsi UPS :
  1. Memberikan energi listrik sementara saat terjadi kegagalan daya pada arus utama (PLN). sehingga ada kesempatan dan waktu yang cukup untuk  menghidupkan genset sebagai pengganti listrik utama.
  2. Mengatasi masalah listrik lainnya seperti Over Current, undervoltage, overvoltage, distorsi harmonisa, dan beberapa gangguan listrik lainnya. sehingga sangat bermanfaat sebagai perlindungan dan memperpanjang usia peralatan elektronik.
  3. Memberikan waktu yang cukup untuk segera melakukan back up data dan mengamankan sistem operasi dengan melakukan shutdown yang sesuai prosedur ketika listrik utama mati.
  4. Mengamankan sistem komputer dari gangguan listrik yang dapat mengakibatkan kerusakan software, data maupun kerusakan hardware.
  5. UPS otomatis dan terus menerus melakukan stabilisasi tegangan ketika terjadi perubahan tegangan pada input sehingga tegangan yang di peroleh sistem komputer berupa tegangan yang stabil.
Maka dari itu perangkat elektronik pada Rumah Sakit wajib memerlukan UPS sebagai backup pada saat listrik mati sebelum pindah ke genset. UPS untuk memback up system selama genset belum dihidupkan. System backup time pada UPS biasanya minimal 10 – 30 menit.
Hal yang perlu di perhatikan dalam memilih UPS untuk laboratorium dan peralatan medis pada rumah sakit :

1. Hitung kapasitas yang di butuhkan
Misal pada perangkat  tertulis :
– Input : 220 VAC, 5 Ampere ( ini berarti 220 x 5 = 1100 watt) Jadi Kapasitas yang di perlukan minimal 1100 + 20%  = 1320 watts, jadi Apabila UPS dengan power faktor 0,9 maka UPS yang di perlukan minimal 2000 VA

2. Pastikan output pada UPS sudah Online Pure Sinewave
– Pada UPS Online  perpindahan dari Listrik mati ke ke battery adalah 0 ms tanpa jeda transfer
– UPS Pure Sinewave artinya gelombang outputnya sudah memenuhi standart gelombang sinus

3. Minimal Back up time 10 menit dalam kondisi beban full load
Pada saat system backup battery UPS harus mampu bertahan antara 10 – 15 menit supaya saat listrik mati masih ada waktu untuk menghidupkan genset.

4. Garansi dan layanan purna jual after sales dari penjual UPS
Pastikan pembelian unit UPS baru di berikan jaminan Garansi dan layanan purna jual after sales dari penjual UPS

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan Sales yang berpengalaman agar tidak salah dalam menentukan pembelian Unit UPS baru anda.