Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

PERALATAN DALAM PROSES PENGELASAN

Dalam pekerjaan pengelasan dibutuhkan alat-alat yang menunjang kesehatan serta keselamatan kerja. Dalam proses pengelasan dibutuhkan alat yang diverifikasi sebagai peralatan utama dan peralatan bantu. Peralatan utama merupakan alat-alat yang memang berhubungan secara langsung dengan proses pengelasan. Jika ada salah satu alat yang dikategorikan sebagai peralatan utama tidak tersedia, maka sudah pasti tidak dapat dilakukan proses pengelasan. Yang termasuk peralatan utama dalam proses pengelasan di antaranya:


Baca Juga : MENGENAL MESIN LAS TIG (TUNGSTEN INERT GAS)
DEFINISI PENGELASAN MENGGUNAKAN LAS MIG
MESIN LAS BERKUALITAS

Mesin Las
Secara garis besar, mesin las dibagi menjadi 2 jenis yaitu mesin las arus searah (DC Welding Machine / Direct Current) dan mesin las arus bolak-balik (AC Welding Machine / Alternating Current).
Kabel Las
Ada 2 kabel yang digunakan pada mesin las yaitu kabel primer dan kabel sekunder atau biasa disebut kabel las. Kabel primer (Primary Powe Cable) merupakan kabel yang berfungsi untuk menghubungkan mesin las dengan sumber tenaga. Phasa pada mesin las berbeda-beda dan jumlah phasa pada mesin las harus disesuaikan dengan jumlah kawat inti yang terdapat pada kabel primer ditambah satu kawat yang berfungsi sebagai penghubung mesin las dan masa tanah (grounding). Sedangkan kabel sekunder merupakan kabel-kabel yang digunakan untuk proses pengelasan. Kabel sekunder terdiri dari dua kabel yang masing-masing dihubungkan dengan penjepit (holder) benda kerja dan penjepit (tang) elektroda. Kabel-kabel sekunder ini harus mudah ditekuk atau digulung (tidak kaku). Kabel yang digunakan harus sesuai dengan kapasitas arus maksimum mesin las. Semakin panjang ukuran kabel atau semakin kecil diameter kabel maka semakin naik juga tahanan atau hambatan kabel. Dan sebaliknya, hambatan kabel akan semakin rendah jika diameter kabel makin besar dan makin pendek. Untuk pengikatan kabel pada penjepit elektroda, penjepit masa, maupun terminal mesin las dipasang sepatu kabel pada ujung kabel las.
Tang Las
Tang las berfungsi untuk menjepit elektroda. Pembuatan tang las tidak sembarangan dan harus dibuat dengan bahan yang berisolasi tahan panas serta arus listrik. Pembuatan tang las menggunakan bahan tembaga atau kuningan. Ebonit merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membungkus tang las. Salah satu cara agar memperkecil hambatan arus yang terjadi adalah dengan memastikan mulut penjepit selalu dalam keadaan kencang dan bersih.
Klem Masa
Klem masa/penjepit digunakan untuk menghubungkan meja kerja/benda kerja ke kabel masa. Sebaiknya bahan yang digunakan untuk klem masa/penjepit sama dengan bahan yang digunakan pada tang elektroda. Agar arus mesin las tidak terhambat/tersendat, harus dipastikan bahwa klem masa mampu berfungsi dengan baik.

Peralatan pembantu terdiri diri palu terak, tang penjepit, sikat baja, helm las, meja las, tabir penghalang, dan alat-alat yang lainnya. Peralatan-peralatan ini sangat penting untuk diketahui dan digunakan agar proses pengelasan dapat berjalan serta memberikan hasil yang baik.




banner percayakan indotara


Penulis: STEFANUS
Editor: IQBAL


Fujiweld Banner 1

Banner List Product Fujiweld Artikel


Related Articles