Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Peran Mesin Bubut Didunia Industri Dan Mengenal Bagian Yang Ada Pada Unit

Editor: Ipin
Peran Mesin Bubut Didunia Industri Dan Mengenal Bagian Yang Ada Pada Unit
Peran Mesin Bubut Didunia Industri Dan Mengenal Bagian Yang Ada Pada Unit
Hai Halo.. kamu pasti sudah sangat tidak asing dengan Mesin Bubut, minimal pernah dengar namanya. Tapi sebenarnya seperti apa sih fungsi dan peran Mesin Bubut itu di sebuah Industri.
Nah, salah satu Fungsi dari sebuah Mesin Bubut yang di pergunakan di pabrik ataupun industri adalah untuk membuat rata diameter luar dari benda kerja maupun komponen (sparepart) mesin produksi tersebut.

Dan mesin bubut juga mempunyai peran yang sangat penting, karena dapat di gunakan oleh tekhnisi untuk membantu dalam proses perbaikan yang ada pada komponen mesin.
Selain hanya perbaikan, Improvement atau Modifikasi komponen mesin produksi adalah hal sangat mungkin untuk dapat dilakukan oleh teknisi menggunakan Mesin Bubut, namun ada juga hal yang lebih luar biasa, bukan hanya dua hal diatas tadi. Sebuah pabrik / perusahaan dapat memanfaatkannya untuk membuat part atau barang baru yang dapat mempunyai nilai jual, tentu saja ini adalah peluang bisnis.

Mesin Bubut merupakan mesin perlengkapan di work shop yang mempunyai fungsi sebagai mesin dengan konsep memotong benda kerja dengan cara benda kerja berputar, dimana benda kerja di cekam oleh chuck pada mesin bubut kemudian tool kerja seperti pahat ( Pisau ) di cekam pada eretan. Dan cara kerja nya pisau pahat bergerak maju mundur atau kiri ke kanan, tinggal  menyesuaikan saja dengan kebutuhan, atau proses yang dilakukan oleh Tekhnisi.

Sampai disini paling tidak kamu sudah paham kan mengenai apa sih fungsi mesin bubut dan buat apa saja kegunaannya, jika kamu masih bingung, akan aku jabarkan menjadi beberapa bagian agar lebih mudah di mengerti.
Jadi secara umum fungsi dari mesin bubut sebagai berikut :

  1. Membuat diameter sebuah benda dari besar menjadi kecil.
  1. Membuat sudut dan radius pada sparepart mesin.
  1. Membuat lubang layaknya mesin Bor pada benda juga hal yang sangat mudah
  1. Kebalikan dari poin pertama yang dapat memperkecil benda, membuat diameter lubang menjadi lebih besar sangat lah mungkin
  1. Membuat ulir kasar / halus kanan / kiri juga dapat dilakukan.
  1. Jika membuat ulir saja mampu, tentu saja menghaluskan benda adalah hal utama yang mampu dibuat oleh mesin ini.

Banyak sekali kan yang dapat dilakukan Mesin Bubut, atau bahkan sekarang kamu baru sadar dan berpikir “ oh.. benda ini ternyata di buat dengan mesin bubut ya”.

Tapi akan lebih lengkap dan ada baiknya jika kamu mengetahui tentang bagian - bagian inti yang ada pada Mesin Bubut, adapaun bagian - bagian atau part adalah sebagai berikut :

  1. Mesin bubut adalah mesin yang mempunyai sistem kerja yang memanfaatkan putaran jadi Motor penggerak mempunyai fungsi untuk menggerakkan perputaran adalah part utama.
  1. Roda gigi box unit digunakan untuk gigi percepatan atau perputaran mesin.
  1. Chuck atau head stock adalah bagian yang diam dan mempunyai fungsi sebagai alat pencekam benda yang nantinya akan di bubut.
  1. Tail Stock atau bagian yang bisa di geser berhadapan dengan Chuck yang berguna sebagai tempat dudukan centre shaft.
  1. Carriage / Eretan adalah bagian yang sangat penting, dan berfungsi sebagai dudukan / tempat mata pahat / pisau bubut yang bisa di gerakan sesuai kebutuhan.
  1. Lathe Bed atau yang biasa disebut Landasan mesin bubut adalah merupakan pondasi / kerangka yang berfungsi sebagai dudukan Carriage.

Itulah bagian - bagian yang sangat penting di Mesin Bubut, selain itu sebenarnya masih ada Spindle Speed dan Handle untuk menyalakan mesin, namun akan aku jelaskan next time, paling tidak sekarang kamu sudah tahu lebih detail dari Mesin ini, jika masih merasa bingung kamu bisa klik link di bawah ini untuk mengetahui lebih banyak informasi dan tempat terbaik untuk membeli Mesin Bubut yang berkualitas dan bergaransi. Jadi, semoga Membantu, dan sampai jumpa lagi.