Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perbedaan Dan Kelebihan Masing-Masing Sistem Dalam Solar Panel

Posted Date, 7 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Ilham Azizzurahman, S.T

Perbedaan Dan Kelebihan Masing-Masing Sistem Dalam Solar Panel

Perbedaan Dan Kelebihan Masing-Masing Sistem Dalam Solar Panel - Solar panel merupakan sebuah system teknologi yang berfungsi untuk mengubah energi dari cahaya matahari menjadi energi listrik yang dapat dikonsumsi sehari hari. Solar panel kini sudah banyak dilirik oleh masyarakat khususnya masyarakat Indonesia karena selain dinilai ramah lingkungan solar panel dapat menghemat biaya tagihan listrik perbulan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai system pada solar panel. System pada solar panel dibagi menjadi 3 , yaitu system ongrid , offgrid dan hybrid. Berikut adalah penjelasan mengenai masing masing system pada solar panel dan juga kelebihan yang dimilikinya.

SISTEM ONGRID
Pembangkit listrik tenaga surya atau solar panel dengan system ongrid adalah  penggunaan solar panel yang masih terhubung dengan listrik dari PLN. Cara kerja pada system ongrid ini adalah pada saat pagi hari hingga sore hari dan masih terdapatnya cahaya matahari pengguna solar panel ongrid dapat menikmati listrik dari listrik yang dihasilkan oleh solar panel, jika berganti kemalam hari atau sudah tidak menampaknya cahaya matahari pengguna akan menggunakan kembali listrik yang disuplai kembali oleh PLN. System ongrid ini sudah banyak digunakan pada skala residensial atau perumahan dan skala komersial. System ongrid ini memiliki kelebihan kelebihan antara lain :
  1. Penghematan bulanan biaya tagihan.
  2. Maintenance tidak sulit karena tidak memiliki baterai.
  3. Hemat biaya.
  4. Listrik dapat diekspor kepada PLN menggunakan NET Metering untuk dapat membuat biaya tagihan perbulan.
  5. jauh lebih murah

SISTEM OFFGRID
Pembangkit listrik tenaga surya dengan system offgrid ini adalah system solar panel yang menggunakan baterai dan tidak sama sekali terhubung dengan PLN. Sistem offgrid ini biasa kita jumpai dalam penggunaan untuk kebutuhan PJU ( Penerangan Jalan Umum ) dan tidak sedikit juga system offgrid terpasang pada rumah, hal ini dikarenakan tidak terdapatnya suplai listrik PLN sehingga pengguna memilih system offgrid atau solar panel dengan system full battery. Sistem offgrid ini memiliki kelebihan dalam penyimpanan daya listrik yang berlebih disiang hari didalam baterai yang kemudian daya yang tersimpan dapat digunakan pada saat malam hari atau pada saat kondisi cuaca yang tidak ada cahaya matahari.
Baca Juga:
SISTEM HYBRID
Sistem solar panel Hybrid adalah pergabungan antara 2 sistem antara ongrid dan juga offgrid. Pergabungan ini diartikan dengan system solar panel hybrid yang masih menggunakan listrik dari PLN namun juga memiliki baterai sebagai system cadangan untuk daya berlebih yang suatu saat dapat digunakan pada kondisi tertentu. Penggunaan daya pada system hybrid ini tentu tidak sama dengan system offgrid yang dimana dapat menggunakan full baterai dalam penggunaannya. Sistem hybrid ini justru sebaliknya system ini sama seperti system ongrid dengan masih menggunakan PLN dalam suplai listrik pada malam hari dan hanya menggunakan daya cadangannya tidak dalam waktu yang lama. System hybrid ini juga memiliki kelebihan antara lain :
  1. Memiliki cadangan energi.
  2. Sumber energi yang terbarukan sama dengan system ongrid.
  3. Memiliki efisiensi yang tinggi.
Sebelum melakukan pemasangan solar panel alangkah baiknya dipikirkan baik baik dalam pemilihan penggunaan ketiga system solar panel. Ketiga system tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing sehingga dibutuhkan pertimbangan yang matang agar investasi solar panel ini berjalan dengan baik untuk kedepannya. PT INDOTARA PERSADA merupakan perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan anda dalam solar panel. Produk solar panel yang ada diperusahaan kami tentu memiliki kualitas yang sangat tinggi dan sudah berlisensi dari Jepang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di https://www.indotara.co.id/