Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perbedaan Sistem Pendinginan Menggunakan Udara dan Cair pada Generator

Posted Date, 16 Maret 2023

Editor: Rosyid

Penulis: Ikgih Guntur Prasetyatama, S.M.

Perbedaan Sistem Pendinginan Menggunakan Udara dan Cair pada Generator
Perbedaan sistem pendinginan dengan udara dan cair pada generator - Generator dapat menghasilkan panas yang luar biasa, sehingga komponen interior harus terus didinginkan untuk memastikan generator tidak overheat dan rusak. Mayoritas generator menggunakan sistem pendingin udara atau menggunakan cairan. Metode pendinginan merupakan elemen yang penting dari generator, dan juga sering ditentukan oleh ukuran dan jenis generator. Sistem pendingin udara biasanya diterapkan untuk generator yang lebih kecil, sedangkan generator yang lebih besar membutuhkan sistem pendingin berupa cairan.

kali ini, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan sistem pendingin udara dan cairan pada generator

Sistem Generator Berpendingin Udara   Sistem ini memanfaatkan sirkulasi udara untuk mendinginkan unit. Dengan sistem pendingin udara, mesin mengambil udara yang lebih dingin dari lingkup sekitar, meniupkan udara ini secara internal melintasi genset, menjaga genset agar tidak terlalu panas. Biasanya, mesin berpendingin udara digunakan untuk generator portabel dan generator siaga hingga 22 kilowatt. Dengan sistem berpendingin udara, Anda memiliki dua opsi: sistem berventilasi terbuka dan tertutup sepenuhnya. Sistem ventilasi terbuka menggunakan udara sekitar dan gas buang kemudian dilepaskan kembali ke atmosfer. Di sisi lain, sistem ventilasi tertutup terus mensirkulasi ulang udara untuk mendinginkan bagian generator internal.

Mesin berpendingin udara memiliki beberapa keterbatasan; mereka berpotensi menjadi terlalu panas jika digunakan dalam waktu lama dalam panas yang berlebihan, jadi kami sarankan untuk mengetahui suhu sekitar dan durasi penggunaan. Ketika mesin berpendingin udara gagal, ada potensi untuk membutuhkan perbaikan yang signifikan. Tugas pemeliharaan dan perbaikan preventif memerlukan pendekatan yang lebih penuh perhatian dibandingkan dengan sistem berpendingin cairan. Mesin berpendingin udara sedikit kurang kuat karena oli rusak dengan kecepatan yang relatif cepat dalam kondisi yang lebih panas. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang terjadi tanpa banyak gejala sebelumnya.

Sistem Generator Berpendingin Cair Sistem pendingin dengan cairan menggunakan beberapa jenis oli/pendingin untuk mendinginkan bagian internal generator. Dibandingkan dengan sistem pendingin udara, sistem berpendingin cair memberikan pendinginan yang jauh lebih baik, itulah sebabnya generator IWATA IW16WS berpendingin cair dihargai lebih tinggi daripada unit berpendingin udara. Pada dasarnya, mesin berpendingin cair sebanding dengan mesin kendaraan seperti mobil. Sistem pendingin cair mencakup radiator dan pompa air, dengan pompa mendistribusikan cairan pendingin ke blok mesin melalui selang. Panas dipindahkan ke pendingin, yang diarahkan melalui radiator tempat udara mendinginkannya. Umumnya, generator modern di atas 22 kW menggunakan pendingin cair, dengan mesin berpendingin udara mendominasi generator portabel.

Sistem pendingin cair lebih mahal untuk diproduksi daripada mesin berpendingin udara, mereka membutuhkan pertimbangan desain dan suku cadang tambahan, termasuk radiator. Mereka lebih tahan lama dan kuat daripada rekan-rekan berpendingin udara. Karena jenis genset ini lebih mahal, mereka banyak digunakan untuk keperluan komersial dan industri di mana permintaan pendinginan lebih besar daripada unit perumahan dan portabel kecil.   IWATA IW16WS Genset dengan kapasitas 20Kva adalah salah satu genset yang sudah menggunakan sistem pendingin cair atau Watercooling, sehingga dalam penggunaan yang lama akan tetap aman karena sistem pendingin cair ini adalah sistem yang terbaik seperti bahasan diatas, dengan salah satu keungulan ini IWATA IW16WS sangat diminati oleh konsumen kami karena kualitas yang baik dan Garansi yang lama hingga 3 Tahun,dan hingga saat ini IWATA IW16WS masih mendaji sasaran utama dimasyarakat.