RECIPROACTING COMPRESSOR (Kompresor Piston)
Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

RECIPROACTING COMPRESSOR (Kompresor Piston)

Piston Compresor Shigemitsu.jpg Reciprocating Compressor atau lebih sering di sebut kompresor piston adalah kompresor yang menggunakan sistem torak atau piston yang bergerak di dalam silinder untuk mengkompres udara. tabung silinder nya memiliki 2 buah port, yaitu port inlet(suction) dan port outlet (discharge). Pada saat piston berada di atas atau di dekat port inlet (suction) dan outlet (discharge) di dalam silinder dan bergerak turun maka udara dari port inlet (suction) akan masuk memenuhi silinder.
Lalu ketika Piston bergerak naik atau ke atas maka udara yang berada pada tabung silinder akan di pompa dan terkompres keluar melalui port outlet (discharge). Kompresor Piston (Reciprocating) memiliki banyak konfigurasi, jenis-jenis konfigurasi yang paling sering di gunakan adalah :

1. Kompresor Piston (Reciprocating) Horizontal
2.
Kompresor Piston (Reciprocating) Vertical
Biasanya digunakan untuk kebutuhan Air Delivery ± 141,5 L/m (± 50 CFM) sampai ± 4.245 L/m (± 150 CFM)
3.
Kompresor Piston (Reciprocating) Horizontal balance-opposed
Biasanya digunakan untuk kebutuhan Air Delivery ± 5660 L/m (± 200 CFM) sampai ± 141.500 L/m (± 5000 CFM)
4. Kompresor Piston (Reciprocating) Tandem (bergandengan)

Piston air compressor1.jpg
Reciprocating Compressor atau kompresor piston memiliki 2 jenis tipe yaitu kompresor piston dengan sistem kerja tunggal dan kompresor piston sistem kerja ganda. Bisa di lihat pada gambar di atas perbedaan dari kedua tipe kompresor ini yaitu, pada kompresor piston sistem kerja ganda memiliki port inlet (suction) dan outlet (discharge) di kedua sisi nya.

Kompresor piston kerja tunggal, kompresor jenis ini paling banyak berada di pasaran,Penggunaan untuk tekanan udara yang relatif kecil. Kompresor piston banyak di gunakan untuk bengkel dan pemeliharaan serta perbaikan di industri. Untuk kompresor piston kerja ganda tidak jauh berbeda dengan kompresor jenis piston lain nya, Biasanya untuk jenis kerja ganda ini biasanya terdapat pada industri besar seperti pada industri kereta api dan lain-lainnya yang menggunakan tekanan sampai 150 BAR. Kompresor piston juga memiliki konfigurasi dalam jumlah silindernya, yang paling sering di gunakan antara satu silinder sampai empat silinder. tergantung dari jumlah Air Delivery dan Pressure yang di butuhkannya. Semakin tinggi kebutuhan Air Delivery dan Pressurenya maka jumlah silinder akan semakin banyak.

Keuntungan dari kompresor piston (Reciprocating Compressor) adalah :
  • Dari segi harga kompresor piston ini cukup terjangkau
  • Perawatan dan maintence mudah
  • Dapat di gunakan untuk Air Delivery dan Pressure yang tinggi
Kekurangan dari kompresor piston (Reciprocating Compressor) adalah :
  • Memiliki tingkat kebisingan yang tinggi
  • Udara dari pengeluaran nya memiliki suhu yang tinggi
  • Udara yang keluar memiliki persentase kandungan minyak yang tinggi
Kompresor piston dapat juga digunakan untuk menghasilkan udara yang bebas oli. Kita bisa memasangkan Filter Oli khusus yang di pasangkan pada jalur pipa atau menggunakan kompresor piston OIL FREE. Kompresor OIL FREE biasa di gunakan untuk kebutuhan di medical, laboratorium, food grade dan lain-lain. Dari segi harga kompresor OIL FREE memiliki harga di atas kompresor biasa.



Penulis : Fransiskus
Editor : Takiyudin

Banner Shigemitsu F Series


Related Articles