Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Security Equipment: Liquid Detector

Editor: Rosyid
Pembahasan mengenai security equipment memang sangat menarik, selain karena kompleks faktor lainnya adalah kita bisa mengetahui bahwa untuk menjaga keamanan dan kenyamanan harus dilakukan dengan total dan dengan bantuan produk-produk canggih sebagai pendukungnya. Selain mesin X-Ray dan metal detector beberapa produk untuk security equipment lainnya yang tidak kalah untuk dibahas adalah Liquid Detector Machine. Mesin ini berfungsi untuk mendeteksi bahan berbahaya namun dikhususkan dalam bentuk liquid atau cairan.

Awal mula penggunaan mesin ini bukan tanpa alasan, pada tahun 2006 terdapat ancaman peledakan dari para teroris pada salah satu penerbangan, namun bahan peledak yang digunakan adalah berbentuk cair yaitu cairan peroxide dengan campuran bahan nitrogen. Hal ini lah yang mendorong berbagai kalangan khususnya industry  menggunakan liquid detector sebagai penunjang keamanan dan keselamatan, khususnya pada industry penerbangan. Selain itu memang terdapat peraturan khusus yang membatasi jumlah benda cair atau liquid ke dalam pesawat dengan alasan keselamatan.  Pada industri penerbangan pembatasan benda cair ke kabin pesawat dan bagasi pesawat diterapkan untuk penerbangan domestic. Namun penerbangan internasional juga membuat peraturan lebih ketat terkait hal tersebut. Rekomendasi keamanan dari ICAO memwasdai aksi terorisme yang seringkali menggunakan benda cair sebagai sarana atau bahan peledak, terutama bahan aerosol dan gel.

Pengecekan yang dilakukan yaitu liquid inspection menggunakan liquid detector machine agar mengetahui apakah cairan yang dibawa tersebut berbahaya atau tidak karena cairan maupun barang yang harus masuk ke pesawat tidak boleh asal masuk. Penggunaan dari liquid detector ini sangat canggih sehingga tidak perlu membuka wadah dari cairan tersebut. Dengan menggunakan  teknologi konstanta dielektrij dan teknologi perpindahan panas maka untuk mendeteksi cairan dalam wadah non-logam, logam menjadi lebih mudah dan sensitive. Termasuk juga dengan cepat mendeteksi cairan yang berada dalam wadah berbahan plastic, kaca, dan keramik dan sebagainya.
Liquid detector memang difungsikan sebagai alat yang hanya akan mendeteksi benda cair. Secara khusus akan mampu mendeteksi cairan yang ada dalam barang bawwan, apalagi jika hendak pergi menggunakan kendaraan seperti pesawat udara. Selain pada industri penerbangan penggunaan liquid detector machine juga dewasa ini untuk industri lain seperti freight forwarding, industri pariwisata seperti perhotelan dan juga tempat-tempat yang ramai dikunjungi. Dengan tujuan agar keadaan menjadi lebih aman dan dapat meminimalisir resiko terjadinya tindakan kejahatan, khususnya yang menggunakan benda cair sebagai bahan utama atau media bahan peledak.  Liquid detector kini tersedia di PT Indotara Persada, dengan merk terbaik dari Gervix yang menyediakan berbagai produk security equipment, segera hubungi sales kami untuk mendapatkan penawaran terbaik dan info lebih lanjut terkait produk.