Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Solusi Agar Pipa Air Tidak Berkerak

Posted Date, 19 Januari 2023

Editor: Rosyid

Penulis: Michael Jose Chandra

Solusi Agar Pipa Air Tidak Bergerak

Solusi Agar Pipa Air Tidak Bergerak - Apakah kalian sudah resah dengan kerak atau zat yang menumpuk di saluran pipa air kalian. Saluran pipa air dapat tersumbat dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya adalah menumpuknya zat kapur di saluran pipa air yang besih. Zat kapur yang terdapat dalam pipa air bersih bisa dibersihkan dengan cara memasang water treatment yang disebut water softener.

Fungsi Dan Kegunaan Water Softener
Secara alami, air yang digunakan untuk mencuci pasti banyak mengandung kapur jika Anda tinggal di lingkungan pegunungan. Dalam situasi ini, air dengan konsentrasi kapur tinggi lebih mungkin untuk mengembangkan kerak, yang membuat pakaian putih lebih rentan memudar, dan ketika digunakan untuk memasak, yang meningkatkan jumlah gas LPG yang dibutuhkan.
Selain kasus di rumah, ada kasus di dunia industri yang membutuhkan air murni untuk pengolahan di boiler, seperti di industri farmasi, tekstil, dan lainnya, sehingga perlu penggunaan filter pelembut sebagai alat untuk penyerapan kapur. untuk mencegah efek negatif yang dihasilkan dari kesadahan air yang tinggi.
Untuk membantu Anda mendapatkan kualitas air terbaik yang sesuai untuk penggunaan, kami menyediakan filter yang disebut juga water softener dengan harga yang menarik.


Baca Juga:



Cara Kerja Water Softener
Metode yang digunakan biasanya didasarkan pada penyerapan ion Mg2+ dan Ca2+ yang terkandung dalam air. Proses yang digunakan adalah mengikat ion-ion ini ke molekul untuk menghilangkan kemampuannya membentuk kerak. Penghilangan ini dapat dilakukan dengan proses pengendapan dan pertukaran ion.
Ada beberapa cara untuk menghilangkan kesadahan air menggunakan reverse osmosis dan distilasi. Namun, untuk kebanyakan air sadah, distilasi itu sendiri sangat mahal. Untuk alasan ini, berlaku untuk proses distilasi menggunakan water softener yang terdapat resin kation dan anion. Tetapi ada hal yang harus diketahui pada saat kita mengunakan water softener, yaitu proses perawatan yang harus rutin.

Adapun cara pengoperasian unit dari water softener yaitu :

Proses Filtrasi
Di dalam proses tersebut, air terfiltrasi lalu menyaring dari bagian atas menuju bagian bawah lewat pertukaran ion kaion. Dalam proses tersebut unit pada softener filter bisa mengikat beberapa kadar kapur pada kandungan air.

Proses Backwashing
Pada proses ini dilakukan proses pencucian media filter yang tersumbat, dengan media filter yang tersumbat atau berisi debu untuk mengurangi jumlah air yang dihasilkan. Untuk alasan ini, prosedur backwash diperlukan.
Biasanya proses backwash sendiri perlu dilakukan setiap 3 sampai 6 hari sekali, tergantung dari kualitas air baku yang ada, dan proses backwashing diperlukan ketika kondisi air limbah memburuk. Oleh karena itu, backwash secara terus menerus diperlukan untuk memperbaiki kondisi dan kualitas air. Proses backwash ini harus dijalankan sampai air buangan air limbah terlihat lancar dan bersih, dan proses ini memakan waktu kira-kira sekitar 30 menit.

Proses regenerasi
Proses regenerasi yaitu proses pengaktifan dari media resin kation dan media garam NaCl murni yang dialirkan ke water softener. Caranya siapkan garam dapur atau NaCl murni sekitar 40% kemudian larutkan dalam air menggunakan tabung khusus lalu proses regenerasi pun dapat dilakukan.

Proses Rinse
Proses rinse merupakan proses akhir. untuk melakukan proses ini biasanya memerlukan waktu kira-kira 15-30 menit hingga air buangan menjadi lancar dan tidak tersumbat lagi.  Dan biasanya merupakan proses pembilasan agar sisa garam dalam air dapat terbuang sempurna.
Intinya air yang mengandung zat kapur dapat membuat saluran pipa air bersih tersumbat, dan hal itu dapat dicegah dengan menggunakan water softener KUSATSU.