Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Spesifikasi Ups Untuk Alat Medis Yang Disarankan

Editor: Rosyid
Spesifikasi Ups Untuk Alat Medis Yang Disarankan
Masih banyak Dokter dan Rumah Sakit yang salah dalam menentukan spesifikasi UPS untuk alat medis yang benar, tidak setiap UPS sama, Anda harus jeli memilih kebutuhan UPS untuk unit alat medis yang akan diback up listriknya oleh perangkat UPS apabila terjadi blackout atau listrik mati.


        Pastikan memilih UPS include AVR  modul built in jadi tegangan output yang di hasilkan UPS di jamin stabil. Juga pastikan memlih UPS yang tegangan outputnya sudah Pure Sine Wave, itu berarti tegangan output akan selalu stabil tegangan nya walaupun terjadi naik turun tegangan dari input unit UPS

      Pastikan kebutuhan daya cadangan yang dipakai, misal unit USG anda 1 KVA maka anda memerlukan setidaknya 50% lebih besar dari kebutuhan daya UPS. Maka Anda disarankan membeli UPS dengan spesifikasi kapasitas 1 KVA + (50% x 1 KVA) = 1,5 KVA. Space output yang terlalu pas  dengan daya pemakaian mengakibatkan kegagalan recovery saat listrik mati. Semakin besar daya  output semakin bagus. Tentu semakin mahal budgetnya.


      Pastikan UPS anda memiliki panel operator dan display yang mudah dan jelas.Pastikan dilakukan cek uji fungsi saat listrik mati. Pastikan juga maintenance berkala dan penggantian baterry UPS. Rumah sakit dengan berbagai jenis alat elektromedis dan alat kesehatan yang ada memerlukan UPS sebagai salah satu hardware penunjang yang penting untuk alat medis terutama alat dengan teknologi tinggi di antaranya :

– Peralatan elektronik Pemeriksaan Mata
– Peralatan elektronik Pemeriksaan Laboratorium (Auto Chemistry Analyzer, Auto Immunologi Analyzer, Blood Analyzer, Urine Analyzer)
– Peralatan elektronik Ruang Operasi
– Peralatan elektronik Lemari Es Penyimpan Darah, Reagen dan Vaksin
– Peralatan elektronik USG (Ultrasonograph)
– Peralatan elektronik EEG (Elektro Enchelograph)
– Peralatan elektronik Laser Printer X Ray Unit
– Peralatan elektronik Console Computer Unit Server Angiography
– Peralatan elektronik Console Computer Unit Server CT-Scan
– Peralatan elektronik CT Scan
– Peralatan elektronik Anastesi Machine
– Peralatan elektronik Ventilator
– Peralatan elektronik MRI
– Peralatan elektronik dll sesuai kebutuhan

     Terutama pada peralatan elektronik medis yang spesifikasi tidak ada battery internal built in. Sehingga apabila listrik PLN utama mati, masih bisa recovery pada unit alat medis tersebut baik itu shut down unit ataupun menyimpan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan.

      Anda bisa bayangkan bagaimana bila seorang dokter harus mengulangi lagi pemeriksaan USG dari awal ke pasien hanya dikarenakan video dan gambar yang tidak tersimpan karena adanya listrik mati.Jika peralatan USG tidak ada penunjang UPS, Tentu sangatlah menjengkelkan. Bagi pasien juga menjadi sangat  tidak nyaman karena harus dilakukan pemeriksaan ulang.

     Maka dari itu UPS sangat diperlukan sebagai penunjang peralatan elektronik medis, dan Anda harus mempunyai unit back up UPS, karena saat dilakukan maintenance penggantian battery setiap 2 tahun sekali maka UPS tidak bisa dipakai sementara. Sangat disarankan untuk Installasi sentralisasi UPS pada ruangan ruangan rumah sakit yang menjadi prioritas, bisa dibayangkan apabila listrik utama mati dan Kita menjadi pasiennya.

      Anda sedang mencari solusi perangkat UPS untuk Hospital atau Rumah Sakit? maka jangan ragu untuk menanyakan kepada ahlinya sales UPS Arakawa PT Indotara Persada, banyak klien kami yang sudah terbantu untuk kebutuhan backup UPS-nya, kami memiliki pengalaman yang handal dalam hal menghitung, mengukur, pemenuhan kebutuhan akan perangkat UPS, pemasangan di seluruh Indonesia, solusi UPS didalam sector Kantor Perusahaan, UPS Data Center, UPS Industrial, UPS Rumah Sakit dan UPS lainnya.