Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Teknologi Reverse Osmosis

Posted Date, 16 Maret 2023

Editor: Fiki

Penulis:Michael Jose Chandra

Teknologi Reverse Osmosis
Teknologi Reverse Osmosis

Sejak awal, air merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup. Air mudah ditemukan, namun kenyataannya tidak semua daerah memiliki sumber air yang baik.

Di sebagian besar wilayah pesisir dan beberapa kota besar, saat ini sulit untuk menemukan air bersih. Sistem pengolahan air bersih adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan air berkualitas untuk masalah ini.

Ada banyak sistem pengolahan air bersih di luar sana, namun salah satu yang terbaik adalah teknologi reverse osmosis (RO). Faktanya, teknologi reverse osmosis dikembangkan untuk sistem pengolahan air lebih dari 40 tahun yang lalu.

Proses reverse osmosis awalnya digunakan untuk mengolah air laut agar bisa di konsumsi. Teknologi reverse osmosis memiliki biaya produksi yang lebih rendah daripada teknologi distilasi dan sangat ideal untuk pemurnian air. Padahal, teknologi reverse osmosis sudah digunakan masyarakat Amerika untuk memenuhi kebutuhan air bersih sejak tahun 1970-an.

Sistem reverse osmosis menggunakan membran semipermeabel dengan diameter kurang dari 0,0001 mikron (1/500.000 ukuran rambut manusia). Melalui proses filtrasi tekanan tinggi, membran ini menghilangkan berbagai kotoran, partikel garam, mikro-materi, bakteri, virus, dll. Hal ini menjadikan sistem reverse osmosis (RO) sebagai cara paling efektif untuk memurnikan air. Membran ini sering disebut membran RO.

Tahapan Sistem RO

Membran RO adalah jantung dari sistem reverse osmosis, tetapi sistem RO juga mencakup jenis filtrasi lainnya. Sistem RO terdiri dari 3, 4 atau 5 tahap filtrasi. Semua sistem air reverse osmosis termasuk filter sedimen dan karbon aktif selain membran RO. Filter ini disebut pre-filter atau post-filter dan terdiri dari filter berikut:  

Saringan sedimen:
Mengurangi partikel seperti kotoran, debu dan karat

Penyaring karbon :
Mengurangi senyawa organik yang mudah menguap (VOC), klorin dan kontaminan lain yang memberi air rasa dan bau yang tidak enak.

Membran RO:
Menghilangkan hingga 98% Total Padatan Terlarut (TDS) Saat air pertama kali masuk ke sistem RO, air akan mengalami prefiltrasi. Prefiltrasi mencakup filter karbon dan sedimen untuk menghilangkan sedimen dan klorin yang dapat menyumbat atau merusak membran RO.

Air kemudian dilewatkan melalui membran reverse osmosis untuk menghilangkan partikel terlarut.
Setelah penyaringan, air mengalir ke tangki penyangga. Sistem reverse osmosis terus menyaring air hingga reservoir penuh, lalu berhenti.
Setelah kran air dibuka, air keluar dari tangki penyimpanan melalui post-filter lain untuk menyiapkan air minum sebelum mencapai kran.

Tangki penyimpanan RO digunakan untuk menyimpan air RO untuk memasok air minum ke sistem. Sistem RO berjalan sangat lambat. Dibutuhkan 1 menit untuk membuat 2-3 liter air RO. Jika Anda menyalakan keran untuk mendapatkan satu galon air dengan laju pembuatan film yang sebenarnya, Anda harus menunggu setidaknya beberapa menit hingga air terisi. Tangki penyimpanan memungkinkan Anda mengisi galon air dengan cepat.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat menggunakan sistem pengolahan air reverse osmosis (RO) untuk menjernihkan air bersih.
  1.  Penanganan yang mudah.
  2.   Air yang dihasilkan dapat langsung diminum tanpa perlu direbus terlebih dahulu.
  3.  Lebih hemat energi, umumnya hanya membutuhkan konsumsi energi sekitar 8-9 kWh untuk IPA RO berkapasitas kecil.
  4.  Lebih hemat tempat. Untuk kapasitas kecil (5-10 m3/hari) IPA RO, semua komponen sistem hanya membutuhkan luas ruangan sekitar 6-10 m2.
  5.  Air yang dihasilkan dapat langsung diminum tanpa direbus.
  6.  Relokasi peralatan pengolahan air RO mudah dilakukan (beberapa dipasang pada peralatan dan wadah truk RO).
  7.  Produksi air minum jauh lebih murah daripada air mineral kemasan.
  8.  Dengan kebutuhan air bersih yang semakin meningkat setiap hari, sistem reverse osmosis (RO) adalah solusi termudah dan paling ekonomis untuk pengolahan air bersih saat ini.