Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Teknologi Water Softener

Posted Date, 16 Maret 2023

Editor: Fiki

PenuliKevin Gilland Haezer, S.T.

Teknologi Water Softener
Apa itu water softener?
Water softener adalah sebuah metode atau langkah-langkah atau proses dengan tujuan untuk menurunkan konsentrasi atau kandungan magnesium, kalsium dan ion lainnya yang berkategori hard water.  Mengenai hal ini hard ion atau zat padat terlarut. Dan dalam hal ini bisa mengakibatkan berbagai macam efek yang tidak diinginkan seperti sangat sulit untuk terbentuk busa pada sabun dan mengakibatkan timbulnya Limescale yaitu kerak putih pada pipa-pipa distribusi ataupun ketel.
 
Proses pelunakan air atau water softening adalah sebuah proses untuk dapat menyaring/memfilter batas kesadahan pada air atau yang sering disebut sebagai hardness ini yaitu sangat bisa mengakibatkan kerusakan yang terjadi dalam tangki uap, boiler maupun dalam sistem pengolahan lainnya. Adapun filter ataupun penyaringan water softener disini yaitu alat yang berperan menyerap kadar atau kandungan kapur seperti magnesium dan kalsium. Biasanya tabung filter softener sendiri terdapat didalamnya seperti resin kation, yang akan nantinya menarik ion - ion seperti magnesium, kalsium, besi dan lain-lain tang serta melepaskan ion natrium.

Fungsi Water Softener adalah:


Bagi kamu yang tinggal di daerah pegunungan tentunya air yang dikonsumsi atau digunakan untuk mencuci kemungkinan besa mengandung kapur dengan kadar yang lumayan tinggi. Dalam hal ini air dengan kandungan kapur atau hardness tersebut lebih mudah keliahatan keruh atau kusam serta fungsinya juga untuk digunakan untuk memasak menyebabkan kerak putih pada panci yang akan membutuhkan gas elpiji yang lebih banyak dari biasanya.
Selain case di dalam rumah, juga beberapa case di dunia industri misalnya untuk industri farmasi, tekstil dan lain - lain yang memerlukan air yang lumayan murni untuk proses pada boiler sehingga akan membutuhkan filter softener sebagai alat yang fungsinya untuk penyerapan kapur untuk menghindari dampak -  dampak buruk yang sudah terjadi oleh karena akibat air tersebut memiliki kesadahan yang lumayan tinggi.

Cara kerja water softener adalah:

Metode yang digunakan biasanya mengandalkan cara penyerapan ion Mg2+ dan Ca2+ yang di dalam kandungan airnya. Adapaun metode proses nya yang digunakan yaitu dengan mengikat ion - ion pada sebuah molekul sehingga dapat menghilangkan kemampuan ion tersebut di dalam bentuk scale ataupun kerak maupun mengganggu kinerja dari detergent. Penghilangan ini dapat dicapai melalui metode pertukaran ion.
Beberapa tahap yang dapat dilakukan dalam menghilangkan kesadahan air (TDS) adakah dengan menggunakan Reserve Osmosis (RO) dan distilasi. Namun distilasi sendiriterbilang sangat mahal cost atau biayanya untuk kebanyakan kasus dari hardwater, fungsinya itu lebih banyak mengaplikasikan proses penyulingan dengan menggunakan resin kation yaitu water softener, yaitu proses filtrasi, proses backwashing, proses regenerasi, proses fast rinse. Makanya itu pakai water softener dari kami yaitu Kusatsu Water Softener yang teknologinya canggih yang dapat menghilangkan kadar kapur dalam air baku di rumah ataupun pabrik anda.