Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Woodworking Machine

Editor: Fiki
Woodworking Machine
Woodworking Machinery

Haiii.. di artikel ku kali ini mari kita belajar bersama mengenal mesin yang namanya Woodworking Machinery atau mesin pertukangan, seperti namanya ini adalah mesin untuk mengerjakan dan mengolah berbagai macam benda yang berbahan dasar Kayu. Mesin Pertukangan ini secara umum ditenagai dengan motor listrik yang dikhususkan secara ekslusif untuk mengerjakan kayu pastinya. Jika yang ada di pikiran kamu Gerinda juga termasuk mesin pertukangan, seperti nya tidak sepenuhnya salah, tapi mari kita mengenal lebih spesifik.

Sejarah Mesin Pertukangan

Mari kita travelling sebentar mulai dari Inggris , yaitu tempat dimana mesin pertukangan pertama diproduksi, kira - kira di abad 18. Lalu perbaikan demi perbaikan dan juga upgrade mesin ini dikembangkan di Amerika Utara oleh orang - orang yang professional di industri manufaktur Furniture. Setelah itu mesin ini digunakan untuk membuat gerobak sampai senjata juga. Seiring berjalannya waktu banyak mesin yang bermunculan untuk membuat benda kayu yang lebih spesifik.

Jenis Mesin Pertukangan

Saat ini, ada berbagai macam jenis mesin pertukangan yang sudah tersedia di pasaran. Pertukangan kayu di era saat ini bukan hanya sebagai profesi, tetapi pada kenyataannya,sudah bertranformsi menjadi hobi banyak orang di seluruh dunia. Karena perkembangan teknologi di bidang mesin pertukangan, pekerja kayu di seluruh dunia dapat memilih dari beragam alat dan mesin untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dengan mudah.

Pada Dasarnya, peralatan ini bekerja dengan prinsip yang hampir sama. Di sebagian besar mesin, alat yang digunakan untuk pengerjaan kayu adalah pisau potong sebagai kuncinya, tentu ada berbagai macam jenis pisau tergantung kegunaannya.

APA SAJA JENIS MESIN PERTUKANGAN?

1. Surface/Thickness Planer

Planer permukaan kayu atau yang lebih dikenal dengan thickness planer adalah salah satu jenis mesin yang digunakan untuk finishing permukaan kayu datar secara merata dalam ketebalan dan juga bentuk. Mesin planer permukaan/ketebalan dianggap sebagai pilihan yang paling ideal dan cocok untuk aplikasi pada pertukangan kayu dan juga memastikan bahwa akurasi, kecepatan, efisiensi finishing permukaan hingga ketebalan dapat dicapai hanya dengan satu mesin ini.

2. Tenoning Machine

Apakah kamu pernah berpikir ketika melihat meja yang begitu besar dan mengira dari kayu utuh ? jika iya lalu pohonnya sepbesar apa. Nah, sebuah benda kerja / dalam hal ini adalah kayu secara umum tidak luput dari sambungan. Karena itulah bagian demi bagian kayu dapat disatukan dan menjadi bidang kayu yang lebar, sambungan itu adalah Mortise dan Tenon. Mortise adalah lubang yang di bor pada kayu dan Tenon ada proyeksi yang dirancang agar sesuai di dalam lubang tersebut dengan dimensu yang sangat presisi. Dan mesin akan sangat berguna dalam hal ini.

3. Chain/Chisel Mortiser

Masih berhubungan dengan mesin Tenon tadi, yappp.. tidak pass rasa nya jika hanya membahas Tenoning machine tanpa kita tahu pasangannya. Mortiser adalah salah satu peralatan pertukangan yang sangat penting dan serbaguna yang digunakan untuk mengebor lubang ke permukaan kayu. Mortiser ini biasanya digunakan di bengkel untuk membuat slot persegi atau persegi panjang dalam potongan kayu untuk mendapatkan sambungan mortise dan tenon yang diinginkan.

4. Jig Saw

Hasil dari sebuah benda dapat dikatakan aesthetic, menarik , atau artistik tergantung dari siapa yang membuat. Dan si Pembuat / pengrajin ini pastinya membutuhkan alat yang memadai. Nah.. Jigsaw sering digunakan untuk merancang kayu dengan pola sesuka hati karena memotong kayu dengan mesin ini adalah hal yang benar - benar terlihat mudah, tentu saja dengan penggunaan yang tepat oleh pengrajin yang terampil mesin ini dapat memotong dengan cepat dan presisi. Efisiensi waktu pada benda kerja menjadi nilai penting dalam hal ini.

5. NAIL GUN

Pistol paku, atau terkadang juga dikenal sebagai nailer, memberi kita kemudahan untuk mendorong paku ke kayu dan bahan lainnya. dan mari kita ucapkan selamat tinggal ke alat Jadul bernama Palu, mengapa seperti itu, yappp karena dalam waktu singkat dan juga tepat dapat memaku kayu dengan sangat mudah. Nail Gun tersedia dalam banyak varian, di mana ada yang memakai pegas, kompressor, bahkan ditenagai oleh magnet.

6.Wood Lathe

Proses pengerjaan kayu pada mesin bubut, yaaaa.. disebut sebagai "Pembubutan Kayu”, Mesin bubut kayu sangat mirip dengan mesin bubut biasa yang digunakan untuk memutar logam dan memungkinkan kita untuk membentuk benda kerja kayu apa pun. Mesin bubut kayu memiliki chuck yang berputar dengan kecepatan tinggi pada poros.

Saat benda kerja berputar pada mesin bubut, benda tersebut dapat dibentuk dengan memegang pahat pada permukaannya yang berputar. Setelah bentuk yang diinginkan tercapai biasanya pengrajin akan menggunakan amplas sebagai finishing agar lebih halus.

Sebenarnya ada banyak lagi mesin pertukangan yang ada di Dunia ini, ke Enam Mesin tersebut hanyalah beberapa dasar saja. Lalu apakah kamu masih penasaran, ingin tahu lebih mengenal mesin - mesin ini dan penasaran juga dimana membeli mesin luar biasa canggih dan berguna ini.

Oke, kamu bisa klik link dibawah ini dan Selamat kamu menemukan tempat sempurna untuk mendapatkan mesin ini tanpa rasa khawatir karena sudah terjamin mulai sparepart dan pelayanannya. and So.. sampai jumpa artikel lainnya.