Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Proofer sebagai bagian dari bakery untuk menunjang proses produksi menjadi lebih baik

Editor: Rio
Proofer sebagai bagian dari bakery untuk menunjang proses produksi menjadi lebih baik
Pada masa sekarang, sudah mulai banyak dijumpai usaha di bidang food and beverage di sekitar kita. Dengan maraknya usaha di bidang tersebut, terlihat banyak pengusaha di bidang makanan mulai mencari dan memanfaatkan kemajuan teknologi yang semakin berkembang saat ini. Selain itu, melakukan suatu inovasi dalam proses produksi suatu makanan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam keberlangsungan suatu usaha kedepannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan berbagai mesin penunjang pada proses produksi suatu makanan. Sebagai contohnya adalah penggunaan mesin proofer pada usaha di bidang bakery. Pada proses pembuatan roti terdapat suatu tahapan yang disebut dengan tahap proofing, dimana suatu adonan roti diletakkan dan didiamkan beberapa saat sebelum berlanjut ke tahap berikutnya. Mesin proofer atau yang lebih dikenal dengan mesin pengembang roti berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan suatu adonan roti sebelum masuk ke tahap pengovenan.

Penggunaan mesin proofer pada proses produksi ditujukan agar adonan roti yang dibuat dapat mengembang lebih sempurna pada saat proses pengovenan berlangsung. Para pengusaha bakery banyak menggunakan mesin proofer dikarenakan apabila melihat dari dari segi waktu produksi, proses pembuatan  roti pun dinilai menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, dengan penggunaan mesin proofer dalam proses pembuatan roti, hal tersebut mempengaruhi proses kembang adonan menjadi lebih sempurna dikarenakan dalam mesin proofer terdapat beberapa rak bersusun yang dilengkapi dengan heater yang berguna untuk menjaga suhu dalam memaksimalkan proses fermentasi adonan roti. Hal tersebut tentunya dapat menghasilkan kualitas roti menjadi lebih baik.

 Sekarang, mesin proofer dapat dengan mudah diperoleh di mana saja. Mulai dari yang dijual dengan harga yang murah sampai dengan yang dijual dengan harga yang sangat tinggi. Akan tetapi, murah tidaknya suatu barang tergantung dengan kualitas yang dimiliki. Semua mesin proofer pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yakni sebagai alat pengembang adonan sekaligus tempat penyimpanan sementara suatu adonan roti sebelum masuk ke dalam mesin pemanggang atau oven.

Penggunaan mesin proofer sangat memudahkan pengusaha bakery dalam mempercepat proses proofing atau proses fermentasi suatu adonan roti dibandingkan harus menunggu proses fermentasi adonan secara konvensional yang jauh membutuhkan waktu lebih lama. Maka dari itu, penggunaan mesin proofer dalam proses produksi suatu usaha di bidang bakery, dinilai dapat memberikan banyak keuntungan. Antara lain, peningkatan proses kinerja produksi, peningkatan kualitas produk, serta menghemat waktu produksi karena cara kerjanya yang jauh lebih efisien. Di samping itu, perawatan mesin proofer yang sangat mudah menjadikan para pengusaha tertarik menggunakan mesin proofer sebagai alat penunjang produksi untuk jangka panjang.