Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Apa itu Telecrane

Editor: Fiki
Apa itu Telecrane
Disini saya hanya membahas Brand Telecrane made in Taiwan

Telecrane merupakan remote control yang mengendalikan alat tanpa menggunakan kabel, sehingga telecrane sangat efektif dan efisien serta rapih dalam pengoperasinya.

Adapun keuntungannya Telecrane dibandingkan dengan menggunakan kabel pendant:
  1. Dengan telecrane memberikan keamanan yang maksimal, karena dapat dikendalikan dalam jarak jauh bisa mencapai 100 m dari lokasi muatan.
  2. Dalam hal diruang yang berbahaya misalnya gas, bahan kimia dan lainnya ini sudah tentu memberikan keamanan bagi operatornya.
  3. Dengan Telecrane operator dapat mengoperasikan alatnya dari jarak jauh  melalui daerah yang berbahaya dan sulit di jangkau oleh manusia.
Kekurangan nya:
  1. Remotenya sering hilang ataupun rusak jika di gunakan oleh operator yang tidak bertanggung jawab
  2. Harus sediakan baterai cadangan biarpun consumsi baterainya sangat rendah, karena tidak ada indikator powernya.

Sekarang kita sekilas mengenai Pabrikasi telecrene.

Telecrane  didirikan pada tahun 1985 dan merupakan salah satu perusahaan terkemuka dalam pengembangan dan pembuatan remote kontrol radio industri di Taiwan dan sekarang sudah banyak di eksport ke hampir seluruh dunia. Dengan pengalaman lebih dari 35 tahun didalam sistem kontrol radio membuat produk Telecrane buatan Taiwan ini dapat dijadi Andalan untuk remote jarak Jauh.

TELECRANE adalah simbol sistem kontrol jarak jauh radio industri yang tahan lama dan bernilai tinggi yang tersedia dalam konfigurasi standar atau bisa custom juga.

TELECRANE memiliki berbagai fitur keselamatan seperti menerapkan filter Surface Acoustic Wave (SAW) canggih yang memblokir sinyal radio yang tidak diinginkan untuk memastikan hubungan radio yang lancar antara pemancar & penerima. Untuk mencegah crane dioperasikan oleh orang yang tidak berwenang, kode pin digital (kata sandi) dapat diatur ke sistem untuk meningkatkan keamanan. Keamanan dan daya tahan selalu menjadi konsep utama TELECRANE untuk mengembangkan remote control

Bagian dari Telecrane adalah sebagai berikut:

Transmitter sering disebut Remote / pemancar
  1. Operating distance : 50-100M
  2. Power :2 AA batteries, Alkaline / rechargable acceptable

Receiver (merupakan penerima perintah)
  1. Operating distance : 500ft
  2. Water–proof and Dust-proof meet IP65 standard sehingga aman digunakan di luar ruangan
  3. Durable casing made of 30% glass-fiber reinforced nylon-6
  4. Superior operating temperature range -350C~+750C
  5. Operating distance up to 150ft

TELECRANE Menyediakan Radio Remote Controller industri yang berkualitas tinggi, handal, dan aman. Tombol yang umum di remote telecrane adalah start, stop, up, down, east, west, north, dan south. Tapi ini tergantung typenya, paling sedikit 3 tombol yakni tombol stard, up dan down.

Telecrane dapat di applikasi dalam Industri di bawah ini

1. Lifting Industri

Sistem kontrol telecrane didedikasikan selama lebih dari 30 tahun di industri pengangkatan, memberikan solusi andal pada berbagai peralatan pengangkat seperti Overhead crane, Chain hoist, jib crane , gantri crane, dan sebagainya.

2. Construction

Di bidang industri konstruksi, operator menggunakan  remote control radio industri dengan kinerja luar biasa pada pekerjaan fungsi sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja di bawah lingkungan konstruksi yang berbeda. Telecrane cocok untuk berbagai Constructon cranes, seperti pada tower Crane, pompa beton, atau load crane. Operator dapat bekerja dengan mudah dalam posisi aman tanpa batasan jarak atau area berbahaya.

3. Angkutan

Pengendali jarak jauh radio umum sering terlihat pada penggunaan transportasi dalam kehidupan kita sehari-hari, terutama pada tow truck, sistem pengangkat bak truk, mixer, trailer, truk muatan samping, winch dan lain-lain. Di bidang transportasi, Telecrane dirancang untuk mengatasi keadaan interferensi radio di lingkungan rumit yang berbeda agar operator dapat melakukan semua perintah dengan tepat. Kestabilan sangat diperlukan dalam sistem di bawah cuaca jelek atau ekstrim sekali pun, yang memungkinkan operator merasa nyaman dalam kontrol alat berat pada posisi yang mudah untuk mencegah kemungkinan cedera dari area berbahaya.

4. Industri Logistik atau Otomasi

Pengendali jarak jauh radio menerapkan integrasi dengan sistem kontrol PLC, relay controlatau berbagai kontaktor di sektor otomasi, dan telah berhasil menggantikan kontrol tradisional menjadi alat umum di berbagai pabrik industri karena kenyamanan dan keamanannya. Telecrane komprehensif dalam desain fungsi pengoperasian, memberikan solusi yang fleksibel bagi operator untuk memenuhi aplikasi yang lebih aktual pada peralatan yang berbeda.

5. Bidang Pertanian

Sektor pertanian sebagian besar terletak di lingkungan yang sulit dan keras. Bagi operator, radio remote control membantu mereka bekerja secara individual, sebagai mitra yang andal untuk mengendalikan mesin dengan metode pengoperasian yang sederhana dan efektif. Telecrane berspesialisasi dalam bidang ini dan memberikan solusi total dalam peralatan profesional seperti peralatan pemrosesan kayu, sistem irigasi, manajemen pertanian atau peternakan. Operator tidak lagi dibatasi oleh keadaan medan,dan cuaca.

Keamanan dan daya tahan selalu menjadi konsep utama TELECRANE untuk mengembangkan remote control radio industri.
Hoist, Overhead crane, jib crane, Tower crane, winches, pertanian dan lain lainnya.