Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

BRINE SYSTEM DAN DIRECT SYSTEM PADA ES BALOK TOMORI

TIPE MESIN PEMBUAT ES KRIM

Semua kalangan masyarakat tentu saja sudah mengenal jenis es balok. Es balok banyak digunakan di tempat perikanan dan di warung-warung kecil. Namun bagi pengusaha yang akan memulai usaha bisnis es terutama untuk es balok, mereka harus mengerti terlebih dahulu bahwa untuk memproduksi es balok ada dua macam jenis mesin yang bisa digunakan. Dua mesin tersebut menggunakan brine system dan direct system. Melalui penulisan ini Tomori akan menjelaskan secara sederhana perbedaan dari dua jenis mesin es balok tersebut.

Ice Cream Hard.jpg

Brine System

Brine system adalah pembuatan es balok dengan menggunakan cetakan es yang didinginkan melalui perantara air garam. Brine system menggunakan brine tank ( tank air garam ) dimana fungsinya adalah menjadi wadah untuk menempatkan air dan garam dengan perbandingan 1 : 4 ( 1 kg garam berbanding 4 kg air ). Fungsi garam itu sendiri adalah menurunkan titik beku air sehingga bisa digunakan sebagai perantara pendingin cetakan es.

Brine system itu berproduksi dengan cycle system. Apa itu cycle system? Cycle system adalah system pendingin dan panen yang berlangsung secara terus menerus. Selain itu yang perlu diketahui adalah cetakan es itu sendiri. Cetakan es yang ada pada brine system menggunakan bahan galvanized atau stainless steel. Hasil es yang dihasilkan juga cenderung padat dan keras.

Baca Juga : MESIN ES BALOK TERBAIK DI INDONESIA

Ice Cream Hard.jpg

Direct System

Direct system adalah mesin pembuat es balok yang lebih sederhana, efisien, dan efektif dibandingkan dengan brine system. Kekurangannya hanya di harga saja relatif lebih mahal. Jangan dilihat dari harga yang lebih mahal, namun dilihat dari sistem kinerjanya. Di direct system ini cetakan es didinginkan langsung oleh refrigerant. Ketika es yang sudah siap panen akan turun sendiri dan tinggal diambil saja. Mudah bukan?.

Selain itu direct system ini bekerja dengan batch system. Apa maksudnya? Maksudnya adalah sekali panen es tersebut akan panen dalam satu batch ( semua cetakan es langsung panen ). Heater akan mencairkan es pada cetakan es agar lebih mudah untuk dikeluarkan. Kelebihannya adalah hasil produksi es dari mesin direct system ini adalah food grade (edible = bisa dikonsumsi manusia maupun hewan ) karena prosesnya sangat higienis, tertutup, tanpa brine dan material cetakan alumunium.

Secara garis besar perbedaan dari kedua unit tersebut telah dijabarkan pada penulisan diatas. Sekarang tentukan pilihan anda semua dan segera menjadi mitra kerja dengan Tomori.

Baca Juga : PENTINGNYA FILTER UNTUK MESIN ES KRISTAL


“Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Terhadap Kami"

Penulis : Derry

Ice Maker Tomori


Related Articles