Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

CARA HEMAT MEMBUAT KULKAS TRADISIONAL

CARA HEMAT MEMBUAT KULKAS TRADISIONAL

CARA MEMBUAT KULKAS TRADISIONAL YANG MURAHKulkas sudah menjadi kebutuhan untuk saat ini. Kulkas menjadi salah satu alat yang berperan penting dan bermanfaat bagi kehidupan. Kulkas atau yang biasa disebut lemari es ini memiliki fungsi menyimpan makanan, sayuran, dan buah-buahan sampai berhari - hari akan tetap segar. Era modern saat ini juga penyimpanan sudah beragam, bisa snack atau biskuit, pudding, kue, dsb. Mungkin saat ini kulkas sudah ada dimana - mana dan berbagai macam bentuknya sudah beredar di pasaran. Tapi percayakah anda kalau sebagian masyarakat masih saja ada yang belum mempunyai kulkas? Masyarakat yang ada di daerah pedesaan umumnya masih banyak yang belum menggunakan lemari es. Padahal lemari es sangat efektif digunakan untuk menyimpan hasil pertanian mereka untuk tetap segar.


Masyarakat pedesaan masih menggunakan metode penyimpanan dengan cara kuno namun sangat efektif dan bisa kita terapkan juga. Prinsip lemari es tanpa listrik ini terbuat dari tanah liat atau yang biasa disebut oleh masyarakat pada umumnya itu kendi. Prinsip kerja lemari es ini yaitu dengan menghantarkan panas dari kendi kecil ke ruang antara kendi yang besar. Sela atau rongga yang ada pada kendi diisi dengan pasir dan di basahi dengan air sehingga suhu udara yang ada pada kendi yang lebih kecil menurun. Kenapa bisa menurun? Hal ini disebabkan oleh berpindahnya suhu panas karena menguapnya air pasir yang basah yang berada diantara rongga kendi besar dan kendi kecil.
CARA MEMBUAT KULKAS TRADISIONAL YANG MURAHMuncul pertanyaan - pertanyaan yang akan memberikan keraguan untuk menerapkan hal ini seperti, apakah betul bisa bertahan? Bisa bertahan berapa lama? Bisa dipakai dan diterapkan dimana saja? Jawabannya akan membuat anda tercengang. Kenapa? Pendinginan melalui sistem kendi dengan pasir ini akan membuat sayuran dan buah - buahan yang anda simpan bisa bertahan selama 6-7 hari. Sayuran anda akan terjaga kualitasnya selama beberapa hari tersebut. Penggunaan cara ini bisa diterapkan dimana saja. Pedagang sayur keliling bisa membawa kendi ini sambil berkeliling dengan terus menawarkan keunggulannya dibandingkan pedagang sayur keliling lainnya. Sayur dan buah - buahan akan terlihat lebih segar dan terlihat fresh.

Membuat sistem seperti ini tidak harus dengan kendi. Membuatnya bisa dengan modifikasi sendiri seperti menggunakan bahan alumunium atau stainless stell. Modifikasi bisa dilakukan sendiri sebagaimana maunya agar terlihat lebih menari. Bisa juga dengan benar - benar membuat seperti bentuk kulkas tapi dengan pendinginan pasir agar terlihat lebih menarik. Hal ini bukan hanya bisa dibuat untuk keperluan pribadi, bisa juga jadi salah satu pilihan bisnis bagi anda. Tawarkan kulkas tanpa listrik untuk kebutuhan penyimpanan dan menjadi kulkas yang ozon friendly.

Baca Juga : MESIN PENDINGIN HEMAT ENERGY & MODERN

“Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Terhadap Kami"

Penulis: DERRY


banner tomori


Related Articles