Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

CARA KERJA MESIN PENDINGIN AC

IDE BISNIS BERJUALAN ICE CREAM KELILINGSeperti yang kita ketahui, pada saat ini sangat banyak mesin pendingin yang telah diciptakan dan sangat berkembang dengan inovasi-inovasi yang sangat beragam dan menarik. Mesin pendingin sangat banyak jenis nya berdasarkan fungsi dan variannya misalnya Air Conditioner ( AC ), Freezer, Cheeler, hingga mesin ice cream.

Pada artikel ini kita akan membahas cara kerja dari mesin pendingin yang paling sederhana. Cara kerja yang akan dijelaskan ini adalah sistem kerja mesin pendingin yang dipakai untuk mesin-mesin pendingin seperti freezer atau cheeler. Sebelum membahas cara kerja dari keseluruan mesin pendingin tersebut, kita harus mengetahui bagian-bagian atau komponen-komponen yang terdapat dalam mesin yang berperan menghasilkan dingin yang kemudian disalurkan ke dalam lemari khusus.

Berikut komponen-komponen penting yang terdapat di dalam mesin ice cream :

KOMPRESSOR
ice cream machineKompresor merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada mesin-mesin pendingi.kompresor ini berfungsi sebagai pemompa zat pendingin agar tekanan menjadi bertambah dan akhirnya dibantu dengan komponen lain merubah zat tersebut menjadi sangat dingin.
FILTER
gensetFilter adalah komponen yang berguna untuk menyaring kotoran yang mungkin terbawa pada aliran bahan pendingin setelah melakukan sirkulasi sehingga zat yang telah disaring kembali bersih lagi untuk kemudian disalurkan melalui saluran-saluran pendingin.


EVAPORATOR
StabilizerEvap atau evaporator adalah saluran yang berbentuk kapiler yang berfungsi sebagai penyalur atau penghantar dingin ke ruangan yang akan didinginkan dan kemudian menyerap panas pada ruangan tersebut.evaporator biasa bekerja dibantu dengan fan motor.

FAN MOTOR
StabilizerFan motor pada evaporator atau kipas yang terdapat pada bagian depan evaporator adalah komponen yang berfungsi sebagai peniup suhu dingin ke ruangan yang dituju agar ruangan tersebut menjadi dingin. Fan motor kondensor adalah kipas yang terdapat pada bagian depan kondensor yang berfungsi untuk membantu membuang panas agar suhu pada zat menurun sehingga suhu yang dihasilkan pada evaporator menjadi lebih dingin.

EXPANSION VALVE
StabilizerExpansion valve adalah katup expansi yang berfungsi sebagai penahan zat panas hasil tekanan yang disebabkan sistem pompa oleh kompresor dan dilepaskan pelan-pelan melalui saluran khusus dan kemudian akan menghasilkan gas yang bersuhu sangat dingin,dan kemudian suhu dingin tersebut disalurkan ke pipa kapiler evaporator.

REFRIGERANT ATAU ZAT PENDINGIN
StabilizerRefrigerant adalah salah satu zat yang mudah untuk mewujudkan dari zat gas menjadi zat cair, atau bahkan sebaliknya. Perlu di ketahui bahwa setiap jenis dari bahan pendingin memiliki karakter yang berbeda.

Setelah mengetahui komponen-komponen yang terdapat di dalam sebuah mesin pendingin beserta fungsinya,selanjutnya akan dijelaskan cara kerja dari keseluruhan fungsi-fungsi tersebut agar menghasilkan dingin yang kemudian disalurkan ke ruangan yang akan didinginkan pada gambar berikut :


“Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Terhadap Kami"

Penulis: ANDRY


banner tomori