Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Cara Memilih Kemasan Yang Baik Untuk Produk Anda

Posted Date, 17 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Erik Wijaya

Cara Memilih Kemasan Yang Baik Untuk Produk Anda

Cara Memilih Kemasan Yang Baik Untuk Produk Anda - Dalam memilih kemasan produk yang baik sangatlah penting diketahui oleh penjual. Karena, Jika salah memilih kemasan dapat berdampak fatal ataupun menyebabkan kerugian. Pada awalnya fungsi sebuah kemasan hanya sebatas untuk melindungi barang atau memberikan kemudahan dalam memindah-midahkan dan membawanya, namun seiring perkembangan zaman fungsi kemasan bertambah menjadi nilai-nilai fungsional dan juga untuk pemasaran produk yang dikemas tersebut.

Pada dasarnya dalam memilih bentuk dan bahan kemasan yang akan digunakan, diperlukan pertimbangan, kriteria dan alasan yang tepat dalam memilih kemasan. Pertimbangan dalam memilih kemasan antara lain :
  1. Ukuran Kemasan.
Salah satu kriteria yang wajib untuk memilih kemasan adalah ukuran kemasan yang juga ideal sesuai dengan produk yang dikemas, ukuran kemasan dapat dihitung dari volume atau berat dari produk tersebut. Tentu ukuran kemasan memberikan kesan produk terbungkus dengan sempurna serta isi dari kemasan memiliki daya tahan dan tidak mudah rusak. juga pemilihan ukuran penting untuk menjaga efisiensi, pada umumnya produsen akan berusaha untuk mengurangi berat atau volume kemasan yang digunakan agar energi yang dibutuhkan transport akan berkurang sehingga menurunkan harga jual produk.
  1. Material dan Bahan Kemasan
Pemilihan bahan kemasan sangat penting karena mempengaruhi kualitas produk yang dikemas contoh untuk menyimpan makanan kering menggunakan kemasan aluminium foil bisa tepat karena sifatnya inert (tidak bereaksi dengan produk) juga tidak mudah rusak karena pengaruh cuaca atau bakteri.
Jadi material dan bahan kemasan yang perlu diperhatikan ialah bahan kemasan yang mampu melindungi isi, tidak berbau, tidak bereaksi dengan produk, Food grade, sifat dan karakteristik bahan kemasan sesuai dengan produk yang dikemas, bahan kemasan mudah didapat dan harga murah.
  1. Harga Kemasan
Kriteria harga kemasan diperlukan dalam pemilihan kemasan terutama produsen untuk menjaga anggaran dan dengan banyaknya variasi kemasan dipasaran dan supaya pemilihan kemasan tepat dan sesuai dengan bahan/produk yang dikemas harga menjadi factor penentu keputusan pemilihan kemasan.

Baca Juga:
  1. Bentuk dan Desain kemasan
Selain ukuran hal lain seperti bentuk dan desain kemasan sangat diperlukan karena mencerminkan nilai dan kualitas dari produk yang dikemas. Kemasan harus memiliki penampilan yang menarik, baik dari segi bahan, estetika maupun dekorasi. Mengapa demikian? Karena selera masyarakat berbeda-beda, maka produsen harus tahu kebutuhan masyarakat serta inovasi yang menambah daya tarik masyarakat agar membeli produk tersebut. Bentuk kemasan sangat mempengaruhi karena banyak konsumen yang membeli juga karena tertarik dengan bentuk kemasannya yang menarik.
  1. Fitur Kemasan
Fitur kemasan yang ditawarkan juga menjadi pertimbangan dikarenakan fitur pada kemasan memberikan fungsi lain yang bermanfaat dalam pengemasan produk, contoh fitur pada kemasan Zip Lock, Vacuum, Window Pack, Sablon, Print dll. Jadi fitur kemasan memberikan nilai jual lebih pada kemasan produk.
  1. Penyimpanan dan distibusi produk
Pemilihan kemasan juga perlu dipertimbangkan bagaimana penyimpanan dan pendistribusian produk. Karena pemilihan ini mempengaruhi keamanan produk baik dalam penyimpanan maupun pengiriman, supaya produk tetap aman dan terjaga hingga tangan konsumen.

Berikut adalah kriteria dan pertimbangan dalam memilih kemasan produk, setelah anda mengetahuinya maka cara dalam pemilihan kemasan antara lain:
  1. Memilih desain kemasan yang menarik dan diminati konsumen.
  2. Menggunakan material dan bahan yang mampu melindungi isi produk dengan baik.
  3. Menggunakan kemasan yang sesuai karakter produk. Contoh untuk produk cair lebih cocok menggunakan botol plastic, tidak cocok menggunakan kertas atau logam.
  4. Pilih kemasan yang sesuai dan masuk dengan budget yang ada.
  5. Memilih supplier kemasan yang tepat, seperti jarak distribusi yang dekat agar menekan biaya pengiriman.
  6. Gunakan kemasan yang mudah didapatkan agar tidak kesulitan dalam produksi pengemasanya.
Demikian Artikel ini dibuat dari PT. Indotara Persada untuk membantu anda dalam memilih kemasan produk, Selain itu kami menyediakan beragam kebutuhan Packaging serta kebutuhan mesin industry lainnya. Yang dapat anda dilihat pada https://www.indotara.co.id/packaging-equipments/22.html