Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

CARA UNTUK MEMBUAT RASA DAN TEKSTUR SOFT ICE CREAM YANG PAS

CARA UNTUK MEMBUAT RASA DAN TEKSTUR SOFT ICE CREAM YANG PAS Dewasa ini, pasti banyak kita jumpai berbagai macam jenis ice cream yang dijual di pinggiran jalan, gerobak keliling, hingga di mall - mall atau resto tertentu. Dari setiap es krim yang dijual pasti memiliki rasa yang unik di dalam setiap penyajiannya. Apalagi di Indonesia yang memiliki suhu yang panas, yaitu bisa mencapai suhu 36 derajat celcius pada suhu yang panas. Oleh karena itu banyak orang yang membuka usaha seperti ice cream tersebut karena sangat cocok untuk dijual pada daerah panas seperti ini.
CARA UNTUK MEMBUAT RASA DAN TEKSTUR SOFT ICE CREAM YANG PASSelain itu, dari segi rasa ice cream ada di Indonesia ini sangat beragam seperti yang umum adalah coklat, vanilla , strawberry. Sedangkan yang baru- baru ini menjadi trend adalah green tea atau green matcha. Selain itu, ada pula es krim dengan rasa yang sedikit extreme yaitu ice cream washabi. Ice cream dengan rasa washabi memiliki rasa pedas yang khas seperti buah washabi. Rasa washabi diadopsi dari negara jepang, yaitu buah yang biasa digunakan sebagai pelengkap untuk makanan khas jepang sushi. Dan ada banyak lagi rasa - rasa ice cream yang lain dan akan banyak lagi bermunculan rasa - rasa yang unik dan belum ada. Untuk masalah tekstur, dari jenisnya ice cream ada dua yaitu hard ice cream dan soft ice cream.

Hard ice cream. Soft ice cream biasanya dibuat menggunakan mesin khusus yang memiliki tuas penurun ice cream biasanya terdiri dari 3 sampai 6 tuas dengan rasa yang berbeda hingga mixing. Sedangkan hard ice cream memiliki tektur lebih keras dan lebih padat, biasanya dibuat dengan cara dimixer kemudian dibekukan. Kemudian dapat dimakan dengan cara dikeruk terlebih dahulu menggunakan ice cream scope dan biasanya menghasilkan bentuk yang bulat.
Sebetulnya yang membuat perbedaan antara soft ice cream dan hard ice cream adalah kandungan partikel udara yang ada di dalam adonan ice cream yang membeku tersebut. Pada soft ice cream terdapat banyak partikel udara sehingga menghasilkan ice cream yang sangat lembut. Partikel udara itu dapat diperoleh karena setiap mesin soft ice cream memiliki fungsi blow atau tombol blow yang berfungsi untuk meniup adonan sambil didinginkan. Sedangkan pada hard ice cream kandungan udara yang terdapat didalam adonan hanya sedikit sekali. Partikel udara didapatkan hanya pada saat melakikan mixing menggunakan mixer.

Baca Juga : USAHA ICE CREAM PILIHAN YANG COCOK SEBAGAI PELUANG BISNIS

Untuk tekstur yang pas pada soft ice cream kita dapat menyetting set hardness nya. Biasanya pada set yang standar yaitu pada 6 atau 6.5 tergantung adonan yang dipakai. Oleh karena itu untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang pas pada soft ice cream harus banyak mencoba dan menentukan kekerasan menggunakan tombol set hardness nya. Jika sudah menemukan kekentalan dari adonan yang pas, rasa yang pas, dan kekerasan yang pas, maka kita dapat melakukan hal tersebut dengan takaran yang sama.

“Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Terhadap Kami"


Penulis: IMRON


banner tomori


Related Articles