Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mesin Es Balok Awet dan Berkualitas

Editor: Rosyid

Cari Mesin Es Balok Awet dan Berkualitas - Es balok adalah jenis es yang memiliki dimensi lebih besar dibandingkan dengan tipe es lainnya. Es balok biasanya memiliki berat mulai dari 5kg hingga 50kg bahkan bisa lebih, hal ini tergantung dari tempat yang memproduksi dan permintaan pasar. Es balok berfungsi sebagai pengawet untuk mempertahankan kesegaran ikan, buah-buahan, hiasan patung es, hingga dijual ke penjaja es pinggir jalan sebagai es batu. Kita sering melihat pedagang ikan di pasar tradisional menggunakan es balok sebagai media pendingin untuk mempertahankan kualitas dari ikan yang dijual atau dalam pengiriman ekspor hasil udang menggunakan es balok yang sudah di serut dan digunakan sebagai pengawet udang dalam pengiriman ke luar negara. Kemudian tukang buah-buahan yang meletakan buah mereka di dalam aquarium bersamaan dengan es balok yang sudah di potong-potong dan pendingin minuman menempatkan minuman di dalam cooler box bersamaan dengan es balok yang sudah di pecahkan. Oleh sebab itu, terdapat banyak target pasar yang dimiliki pengusaha penghasil es balok, mulai dari nelayan, pedagang buah dan sayur, restoran seafood, dan pedagang minuman.

Membeli mesin penghasil es balok saat ini tidak sesulit pada awal tahun 2000, saat ini di Indonesia sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa merakit mesin es balok atau menjualnya. Namun yang menjadi permasalahan utama adalah apakah mesin es yang dijual itu memiliki kualitas yang baik, ketahanan yang tidak diragukan dan hasil yang maksimal. Pertanyaan besar yang sering timbul pada pengusaha es balok adalah, "apakah mesin yang dibeli ini akan bertahan lama dan menghasilkan kualitas yang memuaskan?". Karena jika kualitas yang dihasilkan buruk, maka target pasar dari penjualan es semakin berkurang. Jika es yang dihasilkan tidak maksimal, maka kostumer akan merasa ragu untuk membeli es balok yang telah diproduksi. Oleh sebab itu, memilih perusahaan yang mendistribusikan alat pembuat es balok sangatlah penting. Memang merakit mesin penghasil es balok akan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli produk yang sudah tersedia dari brand ternama. Namun yang sering dialami pengusaha es balok dengan merakit atau membeli mesin dengan berdasarkan harga murah adalah kerugian. Hal ini dikarenakan, es yang dihasilkan tidak maksimal, seperti mudah mencair dan tidak padat. Kendala seperti ini sering disebabkan oleh, mesin yang digunakan pada alat produksi es balok tidak sesuai dengan kapasitas pembuatannya. Sering di dapati jika mesin es balok untuk produksi 5 ton per hari membutuhkan kompresor lebih dari 25 HP, namun pihak yang menjual dengan harga murah atau yang merakit hanya menggunakan kompresor sebesar 20HP atau dibawahnya. Hal ini menyebabkan pendinginan es balok tidak maksimal dan membutuhkan waktu lama dalam pembuatannya.

Mesin es balok dengan brand Tomori memiliki spare part ternama yang berasal dari Eropa dan lempengan cetakan es balok dari brand Tomori sudah food grade yang mana es yang dihasilkan dapat dikonsumsi oleh manusia. Karena banyak perusahaan es balok, terutama di Jakarta yang dihentikan oleh pemerintah karena diduga berbahaya. Alat pencetak es yang dimiliki sudah lama dan berkarat, yang mana memiliki dampak berbahaya bagi kesehata terutama jika dikonsumsi.

PT. Indotara juga menjual mesin es balok dengan sistem Direct dan sistem Brine. Perbedaan dari kedua produk ini adalah sistem Direct ini lebih canggih dibandingkan sistem Brine. Sistem Direct adalah sistem yang lebih sederhana, efisien, dan efektif dikarenakan direct system ini cetakan es didinginkan langsung oleh refrigerant. Ketika es yang sudah siap panen akan turun sendiri dan tinggal diambil saja. Selain itu sistem Direct ini bekerja dengan sistem Batch yang mana dimaksutkan adalah sekali panen es tersebut akan panen dalam satu batch (semua cetakan es langsung panen). Sedangkan, sistem Brine adalah pembuatan es balok dengan menggunakan cetakan es yang didinginkan melalui perantara air garam. Brine system menggunakan brine tank ( tank air garam ) dimana fungsinya adalah menjadi wadah untuk menempatkan air dan garam dengan perbandingan 1 : 4 (1 kg garam berbanding 4 kg air). Fungsi garam itu sendiri adalah menurunkan titik beku air sehingga bisa digunakan sebagai perantara pendingin cetakan es. Kemudian, tersedia mesin es balok indsutri dengan kapasitas produksi mulai dari 1 ton per hari hingga 30 ton per hari.

Produk Tomori yang dipasarkan oleh PT. Indotara Persada memiliki kualitas terjamin dan PT. Indotara juga menyediakan garansi untuk mesin es balok Tomori selama 1 tahun. Spare part yang disediakan selalu tersedia sehingga kostumer yang memerlukan perbaikan tidak perlu menunggu menunggu waktu yang lama untuk ketersediaan spare part. PT. Indotara menjadi produsen tunggal brand Tomori yang ada di Indonesia. PT. Indotara berlokasi di Millenium Industrial Estate Jl. Millenium 22 Blok R3 No. 1, Cikupa, Tangerang – Banten. Produk-produk dari PT. Indotara dapat di lihat langsung pada website www.indotara.co.id atau mendatangi showroomnya langsung. Jangan sampai salah menginvestasikan harta, karena dengan melakukan investasi seseorang seharusnya mendapatkan keuntungan bukannya malah mendapatkan kerugian yang diakibatkan oleh banyaknya perbaikan alat-alat industri. PT. Indotara sudah memiliki banyak testimoni dari kostumer yang pernah membeli mesin es dengan produk Tomori. Testimoni mesin es balok brand Tomori dari PT. Indotara dapat dilihat pada website https://www.youtube.com/watch?v=mgDEujvvOzg


Related Articles