Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

CNC Laser Cutting

Editor: Ipin
CNC Laser Cutting
CNC Laser Cutting - Pemotong pada CNC laser cutting merupakan bagian dari perlengkapan kontrol numerik komputer (CNC) yang memakai cahaya laser bertenaga besar yang terfokus untuk menandai, memotong, ataupun mengukir bahan yang membentuk sesuai dengan design atau keinginan sesuai kebutuhan. Desain serta pengoperasiannya yang unik membuat mesin cnc laser cuting ini sangat akurat dan presisi, terutama memotong design yang rumit serta lubang kecil. Mesin pemotong laser CNC ini sedikit berbeda dari mesin CNC konvensional dari segi desain serta tata cara dalam pengoperasian pemotongannya.

Pemotongan laser cuting CNC ini merupakan proses non- kontak berbasis termal. Pemotong laser cuting CNC ini mempunyai ujing laser yang berisi lensa pemfokusan laser serta nozel. Lewat nozel, ujung laser serta lensa ini memfokuskan cahaya laser - kolom sinar berintensitas sangat besar pada media kerja, melelehkan serta memotong media kerja untuk membentuk design yang disesuaikan dengan kebutuhan. Laser cuting CNC memakai gas terkompresi (yang mengalir lewat nozel yang menghasilkan cahaya laser) untuk mendinginkan lensa pemfokusan serta menghasilkan logam yang menguap keluar dari media yang sedang di kerjakan.

Perhatikan dengan metode ini. Dikala proses memfokuskan cahaya laser berkekuatan besar pada sesuatu titik pada permukaan logam, kerapatan panas pada titik tersebut jadi lebih besar, yang dimana akan menciptakan pemanasan yang cepat disertai penguapan sebagian atau seluruhnya dari titik tersebut pada logam. Teknologi laser cuting CNC setelah itu akan memperoses urutan setiap program gerakan kepala laser serta cahaya laser ini pada permukaan kerja untuk menghasilkan proses design sesuai yang dibutuhan.

Apa Saja Tipe Mesin Pemotongan Laser CNC?

Pemotong laser serat

Pemotong laser cutting CNC ini umumnya dikategorikan bersumber pada kondisi media laser aktif, padat, cair, ataupun gas serta komponen media laser aktif misalnya, CO2, Nitrogen, dll.

Berikut merupakan 3 tipe laser yang sangat universal digunakan dikala ini:

  1. Pemotong Laser CO2 CNC#1
Pemotong laser CO2 merupakan tipe laser gas yang memakai karbon dioksida selaku media laser aktif. pemotomg laser CO2 ini merupakan tipe pemotong laser yang sangat universal paling utama dikarenakan keahlian serta efisiensi keluaran dayanya yang besar.

Pemotong laser CO2 ini menciptakan output energi sampai 15 KW serta sangant efisiensi sampai 30% paling tinggi dari seluruh pemotong laser gas. pemotong laser CO2 ini sempurna buat memotong fitur halus serta sudut lancip, serta yang utama pada media lembaran logam ataupun logam dengan ketebalan kurang dari 10 milimeter. Pemotong laser CO2 bertenaga lebih besar pula bisa membagikan kualitas potongan yang baik pada permukaan logam yang lebih tebal.

  1. Pemotong Laser Serat CNC
Pemotong laser serat ini merupakan teknologi laser yang lebih baru yang memakai media dioda untuk menghasilkan cahaya, yang difokuskan lewat kabel serat optik. pemotong laser serat ini dapat mengoprasikan proses kerja lebih cepat serta lebih bersih daripada pemotong laser CO2 lainnya, proses pengoprasional maksimal pada bahan dengan ketebalan kurang dari 5 milimeter.

Walaupun laser serat kompatibel dengan bermacam bahan, tetapi tidak semua proses media mudah di kerjakan oleh Pemotong laser serat terutama berbahan perak untuk berbahan perak proses pengerjaan akan di proses dengan metode sedikit rumit dikarenakan perak dapat menahan panas dari laser yang mengakibatkan bahan perak melengkung di setiap pemotongan untuk hasil yang sesuai keinginan. untuk berbahan dasar perak baiknya untuk pengoperasianya mesin cutting laser serat di lakukan oleh teknisi profesional. umumnya memakai braket selaku heat sink untuk memindahkan panas dari media kerja perak sepanjang pembedahan pemotongan laser serat.

  1. Pemotong Laser Kristal CNC
Pemotong laser kristal CNC memakai cahaya yang dibuat dari kristal semacam yttrium aluminium garnet( Nd: YAG) yang didoping neodymium serta yttrium ortho- vanadate( Nd: YVO) Pemotong laser kristal ini biasanya mempunyai energi laser yang lebih besar daripada pemotong laser CO2 lainnya, maksudnya disini bisa memakainya untuk memotong logam yang lebih tebal. pemotong laser kristal cnc ini dapat memproses media kerja seperti logam, cermin, kayu, serta plastik


  1. Keuntungan Pemotongan Laser CNC
Lembaran logam yang sudah dipotong laser secara presisi
  • Pemotongan laser CNC menciptakan desain yang lebih rumit serta lubang sekecil 2 milimeter
  • dengan tingkatan akurasi serta presisi  yang besar.
  • Pemotongan laser CNC menciptakan lebih bersih