Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

End Carriage

Posted Date, 18 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Hendry Hollis, S.M.

End Carriage

Monorail Crane
Overhead crane terdiri dari Girder, Hoist, End carriage, elektrikal serta Control panel Dalam Artikel kali ini saya membahas khusus untuk end carriage saja. End Carriage atau sadel merupakan salah satu bagian yang penting dalam Overhead Crane. Karena End carriage, merupakan pengerak maju mundurnya Girder yang bergerak pada jalur flat bar.

End Carriage dapat digerakan  dengan listrik / elektrikal atau bisa juga Manual digerakan oleh tenaga manuasia. Pemilihannya end carriage yang digerakan oleh elektrik atau manual, tergantung kegunakannya serta lokasi mana. Kalau yang manual kebanyakan digunakan di daerah pertambangan atau penyimpanan bahan yang mudah terbakar / meledak.

Jenis End Carriage yang di tawarkan oleh PT.Indotara Persada adalah sebagai berikut

1. Top Running End Carriage
 Merupakan End Carriage yang menopang Girder, jadi Girder di atas End Carriage

2. Under Hung
End Carriage model ini adalah girder ada dibagian bawah, jadi End Carriage nya ada dibawah Runway dan di atas Girder. End Carriage yang di produksi oleh PT.indotara Persada, berupa material seamless steel tube, dengan demikian End Carriage tidak perlu di las kiri kanannya seperti pada umumnya. Dimana dengan cara las di kiri kanan akan memerlukan waktu yang lebih panjang bila dibandingkan dengan tube. Dengan tube kita hanya perlu melobangkan untuk dudukan Gerared Motor dan Setting wheel base untuk  roda depan serta belakangnya. Hasilnya akan presisi, ringan dan bagus. Sekarabg kita bahasa mengenai Bagian dari End Carriage.
Baca Juga:

  1. Chassis Utama PT.Indotara Persada menggunakan Seamless Stell Tube Material ini di Impor (tidak menggunakan material lokal).
  2. Wheel Set/ Roda dari end Carriage    
    Whell ini ada 4 buah. yakni 2 di kanan dan 2 di kiri Bagian depan bergerigi sedangkan bagian belakang Polos tanpa gerigi. Wheel set yang disediakan/ditawarkan oleh PT.Indotara Persada Dari ukuran 120 mm, 140 mm, 160 mm, 200 mm, 250 mm Pilihan Wheel Set yang di Pilih tergantung Capasitas OHC nya. Makin besar capasitas Hoist makin besar juga wheel set yang di pakai. Wheel Alloy steel by Nippon Steel, Japan
  3. Geared Motor yang digunakan besar kecilnya tergantung dari Capasity Hoist serta Span/lebar Girder. Menggunakan Modul M4 Geared Motor yang di sediakan oleh PT.Indotara Persada Mulai dari 0,4 Kw, 0,75 Kw, 1,1 Kw, 1,5 Kw serta 2,2 Kw. Geared Motor ini merupakan High Performance geared motor by LGM, Korea dengan jaminan 1 Tahun untuk Elektrikal.
  4. Rubber Buffer
    Rubber Buffer merupakan import dari japan Heavy Duty Rubber Buffer by Kurashiki Kako. Merupakan pelindung End carriage jika terjadi benturan.
  5. Brake System
    Brake system yang digunakan adalah DC magnetic Brake System. Sehingga Power dari AC di ubah menjadi DC dengan bantuan Rectifier. Dimana Brake nya menjadi lebih Halus Bila dibandingkan dengan Brake system AC.
  6. Cat berupakan bagian yang cukup penting juga. Karena cat yang bagus akan melindungin material dari karatan. Cat yang digunakan oleh Pt.Indotara Persada adalah Cat Jotun dari Norway Ada 2 jenis cat yang digunakan, yakni untuk Indoor dan Outdoor. Khusus untuk outdoor yang dipakai merupakan cat Marine (cat untuk kapal) yang tahan akan segala cuaca ekstrim.
  7. Inverter
    Inverter yang digunkan adalah Brand  Schneider Inverter digunakan, agar jalan End Carriage khususunya geared motor akan lebih halus selain ini juga pengatur kecepatan end  Carriagenya.
Panjang end carriage di tentukan oleh span Girder yang digunakan, semakin lebar spannya semakin panjang juga End Carriage yang digunakan. Contoh untuk panjang girder 22 m dapat menggunakan end carriage panjangnya 3.1 m atau paling kecilnya 2,75 m. Pemilihan Wheel treed biasa di lebihkan 10 sampai 15 mm  dari ukuran Flat bar. Misalnya ukuran flat bar 40 mm, maka pemilihan wheel treadnya di 65 mm.