Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Espresso Nikmat Didapat Dan Diseduh Dengan Mesin Kopi Yang Baik

Posted Date, 19 Januari 2023

Editor: Rosyid

Penulis: Yudha Budi Pamungkas, S.Pd.

Espresso nikmat didapat dan diseduh dengan mesin kopi yang baik

Espresso nikmat didapat dan diseduh dengan mesin kopi yang baik - Mengenal kopi espresso hingga pengolahan dari mesin espresso. Espresso sendiri merupakan kopi yang dihasilkan dari proses penyeduhan kopi dengan suhu dan tekanan yang tinggi. Kopi espresso dibuat melalui proses penggilingan biji kopi hingga halus, lalu dilakukan tamping dan kemudian kopi di seduh dengan suhu dan tekanan yang tinggi sehingga menghasilkan ekstrak kopi yang kental. Espresso tidak hanya tentang rasa pahit. Espresso bisa dinikmati dari beragam housebland dan single origin, masing-masing menghasilkan karakter rasa yang berbeda. Espresso memiliki kandungan kalori yang rendah, maka dari itu espresso adalah menu yang cocok untuk penggemar kopi yang sedang melakukan diet. Biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet dengan cara olahraga fitness. Mereka menikmati kopi espresso dengan cara mencampurkan minuman whey protein dan espresso, dikarenakan espresso menghasilkan energi  yang penuh karena kandungan kafein.

Baca Juga:

Pada era sekarang, cara menikmati espresso sudah berkembang dengan berbagai macam variasi. Seperti contohnya, americano yang mencampur espresso dengan airpanas. Kopi susu, mencampur espresso dengan susu. Ada juga mencampurkan espresso dengan berbagai sirup rasa-rasa. Espresso dihasilkan oleh mesin kopi, dimana memiliki perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari mesin kopi super-automatic, automatic, semi-automatic, mesin manual, mesin komersial atau professional.

Mesin super-automatic, mesin ini bisa merangkap semua tugas barista, seperti menggiling, memadatkan, dan memanaskan. Menggunakan mesin super-automatic sangatlah mudah, hanya menekan satu tombol dan espresso akan di proses sesuai menu yang dipilih. Perbedaan dari mesin super-automatic ada pada fungsional dan opsi programing-nya. Mesin automatic atau mesin pod coffee memiliki ciri khas dengan penggunaan kapsul untuk membuat kopi. Mesin ini sangat cocok untuk pembuatan kopi yang konsumsinya tidak terlalu seringa tau seperlunya. Adapun keunggulan dari mesin automatic yaitu penggunaannya yang praktis dan tipe mesin yang sangat bervariasi pada desainnya. Mesin semi- automatic, mesin ini sangat disarankan untuk penggemar kopi yang tingkat konsumsinya bisa setiap hari di rumah. Mesin espresso ini membantu untuk menakar kopi dalam takaran sesuai selera. Jika menggunakan mesin semi-automatic, anda harus menggiling dan memadatkan (stamp) espresso sebelum mulai mengekstraksi kopi. Mesin manual, mesin espresso manual tampak klasik dan elegan. Untuk mesin manual, memiliki keunggulan pengguna bisa memegang kendali penuh dalam pembuatan kopi. Dari mulai menggilng biji kopi, tamping, mengatur suhu dan tekanan, juga lamanya ekstraksi. fitur yang ada pada mesin manual pada umumnya lebih lengkap seperti boiler, steam, pressure gauge, portafilter, dan manual lever untuk mengendalikan lamanya ekstraksi espresso secara maual. Mesin komersial atau professional, mesin ini memiliki tampilan yang besar, garang dan tangguh. Biasanya dipakai oleh coffeshop besar yang berfokus pada kualitas kopinya dan para barista berpengalaman. Mesin komersial terdiri lebih dari dua group, memiliki steam boiler.