Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Fitur - Fitur Penting Dalam Genset

Posted Date, 15 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: Azri Ardhian Tanjung, S.T

Fitur - Fitur Penting Dalam Genset

Fitur - Fitur Penting Dalam Genset - Genset adalah sebuah alat yang digunakan untuk untuk membackup jika listrik dari PLN padam. Pemadaman listrik hingga kini masih sering terjadi dan sulit diprediksi, Genset banyak digunakan oleh kantor, toko bahkan rumah sebagai solusi saat terjadi pemadaman listrik PLN.

Sebagian mungkin beranggapan bahwa Genset hanya memiliki fitur sederhana. Start mesin, Genset hidup dan siap dipakai untuk membackup listrik PLN yang padam, Jika anda berada di tempat yang menjual Genset, pilihlah Genset yang dirancang dan diproduksi dengan teknologi terbaru untuk melindungi peralatan elektronik anda.

Fitur fitur penting yang harus ada didalam genset yaitu seperti :

Automatic Voltage Regulator (AVR)
AVR sangat penting dalam menjaga stabilitas tegangan listrik keluar yang dihasilkan oleh genset. Pengatur tegangan ini memiliki peranan yang sangat penting karena keberadaannya membuat tegangan listrik yang dihasilkan jadi jauh lebih stabil. Keberadaan Automatic Voltage Regulator membuat barang – barang elektronik menjadi lebih awet dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Control Panel
Engine Control Panel adalah bagian dari Genset yang berfungsi sebagai Proteksi, Monitoring, dan Command. Dalam monitoring genset sangat perlu untuk melakukan pemeriksaan proteksi secara rutin, proteksi yang dimaksud adalah memberikan pengamanan terhadap mesin antara lain seperti high water temperature, low oil pressure, overspeed relay. Pada genset yang kapasitas besar proteksi didalamnya lebih banyak dan komplit karena sudah dalam bentuk modul control. Monitoring yang dimaksud adalah pembacaan Voltase, Ampere, Frekuensi, Jam kerja, suhu air dan tekanan oli. Command yang dimaksud adalah untuk perintah memulai mesin, mematikan mesin dan emergency stop. Hal ini sangat penting untuk mengontrol genset tetap dalam keadaan prima sebelum digunakan.
Coating pada Body atau Silent Box Genset
Untuk Genset type Silent, Coating menjadi sangat penting untuk melindungi Body atau Cover genset dari Karat dan Korosi. Pilihlah Genset yang dicat dengan powder coating berkualitas. Pengecatan Powder Coating memastikan bahwa body dari genset benar-benar tahan terhadap cuaca panas ataupun hujan.
Baca Juga:

Emergency Stop
Emergency Stop adalah fitur yang sangat berguna untuk mematikan genset jika terjadi malfungsi atau error, sesuai dengan namanya yaitu Emergency Stop atau tombol darurat. Jadi fitur ini digunakan pada situasi darurat saja Contohnya saja misalnya ada seorang operator yang menganalisa bahwa genset yang sedang menyala, tidak bekerja untuk sebagai mana mestinya maka dalam keadaan darurat kita langsung bisa menekan tombol Emergency Stop agar genset langsung berhenti menyala.

Panel ATS dan AMF
ATS adalah fitur Optional yang berguna untuk memindahkan sumber listrik secara otomatis, sedangkan AMF adalah system yang berfungsi mengontrol On atau Off nya Genset secara otomatis jika terjadi pemadaman listrik PLN. Secara fungsi ATS ini sangat cocok digunakan pada pabrik dan Gedung bertingkat yang pasti sangat membantu dalam meringankan tugas teknisi atau operator Genset.

Demikianlah fitur fitur penting yang harus diperhatikan sebelum membeli Genset. Dalam penggunaan genset wajib memperhatikan maintenance & prosedur safety nya. Carilah Distributor genset yang memberikan garansi serta layanan After sales untuk kenyamanan Anda. PT. Indotara Persada menyediakan solusi dan jawaban dari segala kebutuhan genset yang anda butuhkan.


Related Articles