Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Fitur Safety Pada Overhead Crane

Editor: Rosyid
FITUR TAMBAHAN PADA OVERHEAD CRANE UNTUK KEAMANAN / SAFETY

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan upaya kita untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, sehingga dapat mengurangi probabilitas kecelakaan kerja /penyakit akibat kelalaian yang mengakibatkan demotivasi dan dan defisiensi produktivitas kerja.

Menurut H. W Heinrich dalam Notoadmodjo (2007), penyebab keselamatan kerja yang sering ditemui adalah perilaku yang tidak aman sebesar 88 % dan kondisi lingkungan yang tidak aman sebesar 10%, atau kedual hal tersebut terjadi secara bersamaan.

Karena sangat pentingnya faktor keamanan kerja, K3 ini diatur dalam UU Pokok Kesehatan RI No. 9 Th. 1960 Bab I Pasal II. Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas fitur tambahan pada Overhead Crane sebagai penunjang Kesehatan dana Keselamatan dalam bekerja.

Dalam dunia kerja unsur Safety atau keamanan dalam bekerja harus/wajib kita prioritaskan menjadi nomor 1 diatas kepentingan lainnya. Untuk itu PT. Indotara Persada sebagai Supplier Hoist dan Crane di Indonesia berkomitmen akan selalu mengimplementasikan unsur Safety atau keamanan pada semua Produk Hoist dan Crane yang kami jual agar para pekerja selalu terjaga kesehatan dan keamanan dalam bekerja.

Berikut beberapa Fitur tambahan untuk Hoist dan Crane

Inverter
Inverter pada Hoist dan Crane merupakan fitur untuk mengontrol pergerakan kiri-kanan-maju dan mundur unit Hoist. Selain akan menghemat penggunaan listrik anda,penambahan inverter juga akan membuat Hoist lebih halus tanpa adanya hentakan pada awal Hoist dan Crane dioperasikan.Untuk itu inverter akan meminimalkan Ayunan / Swing pada saat beban digeser sehingga beban yang diangkat tidak akan terbentur barang-barang disekitar ataupun terbentur pada operator yang sedang mengoperasikan Hoist dan Crane tersebut.

Sirine dan Rotary Lamp
sirine dan rotary lamp pada Hoist dan Crane difungsikan pada saat Hoist dan Crane Beroperasi maka sirine akan mengeluarkan Suara dan rotary lamp akan menghasilkan lampu yang berputar ,hal ini dimaksudkan supaya orang orang yang berada disekitar area pengoperasian Hoist dan Crane tahu kalau Hoist dan Crane sedang dioperasikan sehingga tidak berada dekat dengan beban yang sedang diangkut.

Limit Switch
Limit Switch ini difungsikan untuk pengaman Pergerakan Traversing dan Travelling Hoist dan Crane supaya Unit bisa berhenti /STOP secara otomatis jika sudah menyentuh Limit Switc.Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi benturan antara trolley Hoist dan Saddel terhadap stopper konstruksi.

Double Festoon System
Power Source dan Kabel Control Cross Travel dengan menggunakan System Double Festoon Flat Cable . Ini difungsikan berdasarkan aspek “Safety First “untuk operator karena untuk Tombol. Hoist / Push Button dipindahkan dari Unit Hoist ke festoon track supaya operator lebih fleksibel pada saat mengoperasikan Hoist dan Crane tersebut ingin berada lebih dekat ataupun jauh dari beban disepanjang bentangan bangunan sesuai dengan kebutuhan Operator itu sendiri.