Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Fungsi Boiler dan Komponen Utamanya

Editor: Rosyid
Halo para teman - teman dari PT. Indotara Pesada. Kali ini saya akan membagikan informasi tentang "Fungsi Boiler dan juga Komponen Utamanya". Tentunya jika teman - teman ingin mengetahui informasi tersebut pastikan teman - teman untuk membaca artikel ini dengan baik. Mari kita lanjut membahas tentang "Fungsi Boiler dan juga Komponen Utamanya".

Fungsi Boiler
Boiler sendiri adalah alat yang memiliki fungsi untuk memanaskan air dengan menggunakan panas dari hasil pembakaran bahan bakar, panas yang dihasilkan tersebut selanjutnya akan diteruskan ke air sehingga akan menghasilkan Steam atau uap air yang memiliki temperatur tinggi.

Dari pengertian tersebut berarti teman - teman dapat menyimpulkan bahwa boiler memiliki fungsi untuk memproduksi Steam (uap) yang dapat digunakan untuk proses/kebutuhan selanjutnya. Seperti yang teman - teman ketahui juga bahwa Steam dapat digunakan untuk menjaga kestabilan suhu dalam kolom destilasi minyak bumi dan juga proses evaporasi pada evaporator. Pada umumnya bakar yang digunakan untuk memanaskan boiler yaitu gas, batu bara & bahan bakar minyak.

Bagian - Bagian Boiler serta Fungsinya
Boiler tersusun dari beberapa macam komponen dengan fungsinya masing-masing. Berikut ini adalah fungsi dari masing-masing komponen tersebut pada Boiler.

1. Tungku Pengapian (Furnace)
Bagian ini adalah merupakan tempat terjadinya pembakaran bahan bakar yang akan menjadi sumber panas proses penerimaan panas oleh media air dilakukan melalui pipa yang telah dialiri air, pipa tersebut menempel pada dinding tungku pembakaran. Proses perpindahan yang terdapat pada furnace terjadi dengan tiga cara:
-. Perpindahan Panas Secara Radiasi
Hal ini akan terjadi pancaran panas dari api yang akan menempel pada dinding tube, sehingga hasil panas tersebut akan diserap oleh fluida yang mengalir di dalamnya.
-. Perpindahan Panas Secara Konduksi
Panas yang mengalir melewati     hantaran dari sisi pipa akan menerima panas kedalam sisi pipa, tentunya akan memberi panas pada air.
-. Perpindahan Panas Secara Konveksi
Panas yang terjadi dengan sentuhan molekul-molekul air, sehingga hasil panas akan menyebar kesetiap aliran air.

2. Steam Drum
Steam drum memiliki fungsi sebagai tempat penampungan air panas serta juga tempat terbentuknya uap. Drum ini dapatmmenampung uap jenuh beserta dengan air, rasio perbandingan antara 50% kandungan air dan 50% kandungan uap. Untuk menghindari supaya air tidak terbawa oleh uap, maka biasanya dipasangi sekat-sekat, air yang memiliki tingkat suhu rendah akan turun ke bawah dan air memiliki tingkat suhu tinggi akan naik ke atas dan kemudian menguap.

3. Superheater
Superheater merupakan tempat pengeringan Steam, dikarenakan hasil uap yang berasal dari Steam Drum masih dalam kondisi keadaan basah sehingga belum dapat digunakan. Proses pemanasan selanjutnya akan menggunakan superheater pipe yang dipanaskan dengan suhu kurang lebih 260°C sampai 350°C. Tentunya dengan suhu tersebut, uap akan menjadi kering dan dapat digunakan untuk menggerakkan turbin maupun untuk keperluan peralatan lain

4. Safety Valve (Katup pengaman)
Safety Valve tentunya berfungsi untuk membuang hasil uap apabila tekanan uap telah melebihi batas yang telah ditentukan. Valve ini terdiri dari dua jenis, yaitu katup pengaman untuk uap basah dan katup pengaman untuk uap kering. Safety valve ini dapat teman - teman atur sesuai dengan aspek maksimum yang telah ditentukan.

5. Pembuangan Air Ketel
Komponen boiler yang satu ini memilik fungsi untuk membuang air dalam drum bagian atas. Pembuangan air dilakukan bila terdapat sisa zat-zat yang tidak dapat terlarut. Contonya adalah jika sudah ada munculnya busa yang sekiranya dapat menganggu pengamatan terhadap gelas penduga. Untuk mengeluarkan air dari dalam drum, digunakan sistem blowdown valve yang terpasang pada drum atas, katup ini bekerja bila jumlah busa sudah melewati batas yang telah ditentukan.

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai apa itu "Fungsi Boiler dan juga Komponen Utamanya".  Semoga para teman - teman dapat memahami Artikel ini dan jika sekiranya ada pertanyaan ada pada teman - teman ada kebutuhan untuk produk Boiler. Jangan ragu untuk segera menghubungi kami PT. Indotara Persada, tentunya kami akan melayani teman - teman dengan sepenuh hati.