Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

GENSET DENGAN AVR MASIH PERLU STABILIZER

banner-pentingnya-stabilizer-untuk-pendingin Minimnya pengetahuan masyarakat saat ini tentang apakah stabilizer perlu digunakan atau tidak sangat rendah. Banyak dari masyarakat secara umum berpikir bahwa jika daya yang ada di tempat tinggal mereka cukup, maka mesin juga akan bekerja secara normal dan tidak ada masalah. Tapi tahukah anda, bahwa jika tempat tinggal anda memiliki daya yang cukup tapi secara voltage bisa tidak stabil?

Mesin yang bekerja tidak maksimal dan memunculkan argumen dari sisi pembeli bahwa mesin yang dibeli jelek atau kualitas rendah bisa saja dikarenakan dari kelistrikan di lokasi bukan dari mesin. Listrik adalah penyebab utama dan mesin adalah dampak dari kelistrikan yang tidak stabil. Idealnya untuk rumahan itu voltagenya 220V sedangkan untuk industri itu 380V. Jika voltage mesin melebihi atau kurang dari ketentuan tersebut bisa menyebabkan mesin undervoltage atau overvoltage. Perlu disadari bahwa hal ini pasti akan menyebabkan kinerja mesin menurun karena secara aliran tidak sesuai dengan sebagaimana seharusnya mesin itu menerima asupan voltagenya.

Mesin pendingin regular ataupun mesin pendingin skala industri tetap membutuhkan stabilizer. Sebagai contoh skala regular adalah Tomori ice maker machine. Ice maker machine memiliki sensor yang jelas akan berbunyi jika mesin kekurangan air atau listrik yang tidak stabil. Jika listrik tidak stabil untuk voltagenya maka mesin akan membunyikan alarm dan mesin akan berhenti bekerja. Disini stabilizer akan berperan untuk menstabilkan listriknya. Listrik yang melalui stabilizer akan distabilkan voltagenya sesuai dengan kebutuhan mesin itu sendiri. Muncul pertanyaan dari masyarakat, bagaimana jika mesin dioperasikan dengan genset bukan dari listrik pln? Apakah masih membutuhkan stabilizer? Jawabannya adalah tetap dibutuhkan.


Semua orang tahu bahwa genset itu sendiri merupakan suatu mesin yang bisa menghasilkan power untuk menjalankan mesin lainnya. Voltage yang digunakan pada mesin ini juga tidak bisa ditebak berapa besar voltagenya yang keluar maka dari itu perlu menggunakan stabilizer. Berbeda dengan genset yang sudah ada AVR (Automatic Voltage Regulator). AVR itu sendiri memiliki fungsi yang sudah sama dengan stabilizer untuk menstabilkan voltage yang akan keluar dari genset itu sendiri. AVR tetap harus diterapkan jika ada customer yang berkonsultasi dan bilang bahwa tidak perlu stabilizer karena power dari genset tapi unit diletakkan di pabrik. Biaya menggunakan solar sebagai bahan baku utama pasti akan tinggi sekali, dan tidak ada yang tahu jika dikemudian hari pemilik pabrik beralih dari Genset ke listrik PLN.

Perlu disadari betul akan fungsi dan penerapan stabilizer ini untuk mesin pendingin anda. Menjaga kestabilan kinerja mesin akan membuat mesin menjadi lebih awet dan berproduksi maksimal. Jangan sampai hanya karena takut mengeluarkan biaya lebih di awal tapi mesin tidak bertahan lama untuk performanya.

“Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Terhadap Kami"

Penulis: IMRON



banner tomori