Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERENCANAAN OVERHEAD CRANE INDOOR

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERENCANAAN OVERHEAD CRANE INDOOR - Tiang Bangunan atau baja konstruksi, merupakan tulang punggung utama dalam menopang beban yang ada bagunan tersebut seperti atap, baja raffter maupun Overhead crane. Dalam persiapan atau perencanaan Instalasi Overhead Crane terutama di dalam indoor, ada beberapa point penting yang perlu diperhatikan dalam perencanaan untuk penentuan jenis tiang Baja konstruksi. Apabila masih dalam tahap perencanaan pembuatan Overhead Crane, maka kita masih bisa memilih ukuran baja konstruksi yang dbutuhkan untuk menopang beban yang akan ditanggung Overhead Crane nantinya. Adapun hal yang perlukan dalam penentuan Tiang Bangunan atau Tiang Coloum adalah sebagai berikut :

Baca Juga :

PERENCANAAN OVERHEAD CRANE INDOOR

1. Kapasitas (Capacity)

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERENCANAAN OVERHEAD CRANE INDOOR

Kapasitas merupakan beban mati (Dead Load) yang akan di angkat oleh Overhead Crane System tersebut, tetapi pada aktualnya beban yang akan di tanggung oleh tiang bangunan atau tiang coloum bukan beban mati (Dead Load) saja, tetapi konstruksi yang menopang beban mati tersebut juga penting di perhitungkan dalam perencanaan pemilihan Overhead Crane tersebut seperti Hoist, Girder, Saddle, dan Runway Beam.


2. Bentangan Overhead crane / Bentangan bangunan.

Jika sebelumnya Kapasitas (Dead Load) maka dalam ini bentangan bangunan/Span/Lebar. Bangunan akan berpengaruh pada dimensi Girder yang akan di instalasi, semakin panjang bentangan girder yang akan di buat maka akan semakin besar pula dimensi girder yang akan di buat hal ini tentunya akan berpengaruh pada berat girder itu sendiri.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERENCANAAN OVERHEAD CRANE INDOOR

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERENCANAAN OVERHEAD CRANE INDOOR


3. Type Girder.

Dalam hal ini Type Girder akan berpengaruh pada jumlah Girder, apabila jenis girder yang akan digunakan Double Girder tentunya beban yang akan ditanggung 2 kali lebih besar dibandingkan type Single Girder.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERENCANAAN OVERHEAD CRANE INDOOR


4. Jumlah Overhead yang akan diinstalasi.

Apabila dalam perencaan anda ingin menggunakan 2 unit Overhead Crane dalam 1 runway yang sama, maka hal ini juga patut diperhatikan untuk diperhitungkan.

Misalkan : Apabila dalam perencanaan gudang anda ingin menggunakan Overhead Crane Set 2 Lot dengan Capasitas 5 Ton. Maka beban yang diperhitungkan yang bekerja dalam 1 area tiang coloum tersebut adalah 2 x 5 Ton = 10 Ton. Hal ini dilakukan karena pada saat tertentu 2 lot Crane set ini pasti akan bekerja pada 1 area pada tiang coloum tersebut.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERENCANAAN OVERHEAD CRANE INDOOR


Dari beberapa point tersebut wajib di perhatikan, karena berhubungan dengan daya tahan tiang terhadap defleksi ataupun kelenturan yang terjadi untuk menahan beban yang bereaksi. Karena beban yang terjadi di sistem Overhead crane merupakan bukan beban statis (beban diam) melainkan beban dinamis, sehingga perlu diperhatikan beban kejut yang terjadi pada saat beban tersebut akan terangkat dan proses pergerakkan Crane dari maju mundur (Long Travel) atau bergerak kiri kanan (Traversing Travel).

Apabila dari anda yang hendak melakukan investasi pada Overhead Crane, kami PT. INDOTARA PERSADA siap membantu untuk bekerja sama mewujudkan kebutuhan Anda dalam mempermudah lifting barang dan mempercepat produktifitas produksi anda. Team kami akan membantu anda untuk mewujudkan kebutuhan anda. Kami memiliki unit Hoist yang benar-benar handal dengan harga yang kompetitif, itulah yang membuat Hoist Crane kami dipercaya lebih dari 10 Tahun untuk memenuhi produktifitas Alat Berat di Indonesia.

Untuk Produk Hoist Crane Terbaik Di Indonesia, Kunjungi Disini


banner percayakan indotara

Penulis: MIKAEL ERMANDO B.
Editor: IQBAL


Banner Parrent LGM

Banner-Samsung-Product
Banner List Product Hoist Crane Artikel

 


Related Articles