Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Jenis-jenis dan Fungsi Jib Crane

Posted Date, 17 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: Geordi Wahyu, S.T.

Jenis-jenis dan Fungsi Jib Crane

Jenis-jenis dan Fungsi Jib Crane - Jib crane atau sering dikenal sebagai slewing jib crane merupakan jenis crane yang berbentuk seperti cantilever dengan bagian horizontal (jib atau boom) yang berfungsi sebagai balok untuk pergerakan hoist dan dilengkapi oleh tiang yang dapat berotasi dari 180° hingga 360°. Sistem handling overhead pada jib crane memiliki tiga derajat kebebasan atau Degree Of Freedom (DOF). Dua derajat kebebasan pada arah horizontal oleh gerak travel hoist dan rotasi pada tiang crane sedangkan untuk derajat kebebasan ketiga pada arah vertikal oleh pergerakan lifting hoist.

Berikut adalah mekanisme dari cara kerja pillar jib Crane :

Mekanisme Pengangkatan (hoisting mechanism / lifting)
Proses menaikkan dan menurunkan barang dengan menggunakan mesin hoist yang dapat dibedakan menjadi 2 tipe hoist yaitu chain dan wire.

Mekanisme Penjalan (traveling mechanism)
Proses pergerakan trolley hoist sepanjang lengan crane yang bertujuan untuk memindahkan barang secara horizontal

Mekanisme Pemutar (slewing mechanism)
Proses putar pillar jib crane untuk gerak slewing, yang mana gear didalam akan digerakkan oleh motoran dan bertumpu pada pillar. Saat proses pergerakan, agar pillar jib crane tetap aman, terdapat poros yang berguna sebagai tumpuan beam pada pillar. Penguncian antar pilar dan beam di tambah poros dengan ukuran lebih besar dan dikunci dengan pasak

Baca Juga:

Bagian pada Jib Crane :
  1. Hoist merupakan mesin berupa pengait yang nantinya digunakan untuk mengangkat dan memindahkan beban. Hoist dilengkapi dengan tombol push button (the handle) yang bertujuan untuk menggerakan keseluruhan bagian jib crane, dari pengangkatan, pergerakan trolley, dan juga rotasi jib crane.
  2. Jib/boom merupakan lengan crane yang berguna sebagai jalur pergerakan mesin hoist, panjang lengan jib crane menentukan seberapa jauh jangkauan perpindahan barang yang dapat dicapai, selain itu lengan crane juga digunakan sebagai jalur kabel yang difungsikan untuk menyalurkan daya pada motor hoist.
  3. Rotation Motor merupakan mesin motor yang berguna untuk memutar pilar, dimana motor akan menggerakan gear didalam yang terletak pada poros pillar yang terhubung antara pillar dengan lengan crane.
  4. Column adalah pillar besi yang digunakan untuk menopang lengan jib crane dan juga hoist agar dapat berdiri tegak . Kapasitas berat beban yang diangkat akan sangat menentukan besaran desain kolom yang akan dibuat.
  5. The base atau bagian dasar tempat berdiri Jib crane, dimana terdapat pondasi yang tertanam dan berguna sebagai pendukung seluruh beban konstruksi dan meneruskan beban tersebut ke dalam tanah.
Jenis Jib Crane
Jib crane merupakan jenis crane yang menggunakan tiang independent sehingga pemasangannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, untuk jenis Jib crane sendiri dibagi menjadi dua :

Pillar Jib Crane
Jib crane yang  memiliki desain berdiri secara independent dan dapat berputar 360°.

Wall Jib Crane
Jib crane yang dapat dipasang pada bagian dinding, kolom atau langit-langit bangunan. Wall Jib sangat responsive dengan putaran 180°. Penggunaan tentunya memiliki Beban Kerja Aman (SWL) yang sepenuhnya didesain untuk pemindahan beban. Desain yang ringkas dan flexible, memungkinkan pengangkatan barang mendapatkan tinggi yang maksimal.

Pengaplikasian jib crane dapat dipasang di dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor).  Kita dapat menjumpai konstruksi jib crane pada area industry, pergudangan, workshop, jalur perakitan, tempat bongkar muat, pelabuhan dan lain-lain yang bertujuan membantu dan mempermudah dalam proses pengangkatan material berat.