Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

KEGUNAAN HOIST UNTUK INDUSTRI DAN PERUMAHAN

KEGUNAAN HOIST UNTUK INDUSTRI DAN PERUMAHAN

KEGUNAAN HOIST UNTUK INDUSTRI DAN PERUMAHAN - Hoist adalah salah satu alat angkut yang banyak diguanakan dalam dunia industry, hoist dapat mengangkat sebuah beban menggunakan tali. Dalam perkembanganya hoist telah banyak inovasi, dari yang mulai menggunakan kerekan denga cara di tarik sampai menggunakan tenaga elektrik dimana kita hanya dengan memencet tombol saja. Hoist manual sampai saat ini masih banyak digunakan, harganya yang relative murah sehingga cocok digunakan dalam industry kecil, perumahan atau industry besar sekalipun.

Baca Juga :
CARA MEMILIH HOIST YANG BERKUALITAS


HOIST CRANE YANG KUAT


ALAT BANTU MENANGKAP IKAN DI KAPAL

Hoist manual biasanya menggunakan rantai dalam mengangkat bebanya, dimana rantai tersebut terdapat load chain yang digunakan untuk mengangkat beban dan hand chain yaitu untuk menarik/mengerek agar beban terangkat. Bukan hanya untuk menarik dari bawahn ke atas tapi dengan tambahan trolley maka hoist manual dapat digerakan ke kanan maupun ke kiri. Harganya yang murah sangat cocok digunakan dalam industry kecil ataupun rumah tangga yang membutuhkan alat agar kita tidak keberatan dalam memindah atau mengangkut barang. Perawatanya pun relative mudah karena yang perlu diperhatikan adalah gear tidak seret sehingga perlu memberikan oli secara berkala. Selain itu rantai juga perlu di cek agar tidak kawatan.

Hoist elektrik adalah type hoist yang pengoprasianya menggunakan listrik. Hoist type ini tersedia untuk listrik 1 phase yang cocok digunakan untuk perumahan ataupun industry kecil, untuk yang 3 phase banyak digunakan dalam industry besar. Selain itu terdaat pilihan untuk mengangkat beban yaitu menggunakan rantai atau sling. Jika menggunakan rantai kelemahanya adalah suaranya yang berisik serta perawatan yang relative lebih rumit dibandingkan sling. Hoist yang menggunakan sling memang lebih lembut dan tidak berisik, selain itu sling juga lebih kuat sehingga tidak akan putus. Kelemahanya adalah harganya lebih mahal di banding hoist yang menggunakan rantai.

KEGUNAAN HOIST UNTUK INDUSTRI DAN PERUMAHAN

Sebelum memilih type hoist pastikan dulu beban yang akan kita angkat, kapasitas yang tertera dalam hoist adalah kapasitas maksimal. Misalkan beban kita 1 ton, jangan memilih hoist dengan kapasitas 1 ton. Akan lebih baik jika kita memilih hoist yang lebih besar dari beban, misalkan 1,5 ton atau 2 ton. Hal ini untuk menjaga agar motor pada hoist tidak cepat rusak. Pilih lifting yang seusai, jangan kependekan dan jangan kepanjangan karena semakin panjang akan semakin mahal.

Berapa phase listrik di tempat kita? Jangan sampai salah pilih. Jika rumah kita listriknya 1 phase maka hanya bisa menggunakan hoist 1 phase, jika listrik kita 3 phase maka bisa menggunakan hoist 1 phase dan 3 phase.

Pilihlah hoist yang berkualitas dengan harga yang sesuai, harga murah saja bukan jaminan. Pilihlah hoist dengan garansi yang paling banyak, jangan asal murah tapi juga jangan asal mahal. Pastikan hoist tersebut sudah bnyak digunakan dan sudah mendapat kepercayaan daripara penggunanya.

Sparepart adalah hal penting yang perlu diperhatikan, jangan sampai ketika hoist kita rusak dan harus mengganti sparepart tapi sparepart tersebut susah dicari. Pastikan took yang menjual ready semua sparepart agar kita tidak rugi waktu, tenaga dan uang untuk mencari sparepart.

banner percayakan indotara

Penulis: YUGUS
Editor: IQBAL


Banner Parrent LGM

Banner-Samsung-Product

Banner List Product Hoist Crane Artikel


Related Articles