Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

KOMPONEN ELECTRIC WINCH

KOMPONEN ELECTRIC WINCH - Dalam dunia industri yang berkembang pesat saat ini, ada banyak alat/mesin angkut elektrik sebagai penunjang produktifitas kerja. Salah satunya adalah electric winch. Winch adalah alat atau sebuah piranti yang digunakan untuk menarik beban secara horizontal. Winch mampu menarik beban yang berbobot ratusan kilogram hingga puluhan ton. Dari sumber arus listrik, winch terbagi menjadi 2 jenis yaitu winch industri (input arus AC) dan offroad winch (DC).

Baca Juga :
BAGAIMANA CARA MEMINDAHKAN ALAT BERAT DIDALAM GUDANG


SERTIFIKASI KESELAMATAN KERJA


ALAT BANTU MENANGKAP IKAN DI KAPAL

 

KOMPONEN ELECTRIC WINCH

Jika dibedah, komponen winch sangat sederhana terdiri dari :

KOMPONEN ELECTRIC WINCH


1. Wire Drum
Drum ini berbentuk lingkaran dan menjadi wadah bagi wirerope. Di drum ini, wirerope tergulung rapi dan dengan bentuk drum yang melingkar memudahkan wirerope untuk keluar masuk ketika dioperasikan.


2. Wirerope
Wirerope memiliki varian panjang berbeda-beda tergantung kebutuhan user. Panjang wirerope cukup panjang mulai dari 30 meter hingga 200 meter pun ada.


3. Motor
Seperti yang kita ketahui bahwa motor listrik bekerja dengan memanfaatkan medan magnet untuk menciptakan gerakan. Gerakan tersebut menggerakkan gear dan diteruskan ke drum. Sehingga drum memiliki kekuatan untuk menarik beban dan sebaliknya.


4. Gear train
Komponen ini menerima kekuatan dari motor dan mengubahnya menjadi kekuatan untuk menarik beban.


5. Hook
Hook terletak pada ujung wirerope di mana berfungsi untuk mengaitkan beban.


6. Remote control wire
Remote ini adalah alat kendali untuk mengontrol winch baik menarik beban atau sebaliknya. Untuk alasan safety juga, setiap remote dilengkapi emergency stop untuk kondisi darurat.


7. Brake system
Setiap winch dilengkapi brake system untuk mengerem atau mengunci pergerakan winch sendiri. Brake jenis kampas harus diganti secara periodik agar winch dapat dioperasikan dengan aman mengingat fungsi brake yang vital.


8. Box panel
Box panel biasanya terdiri dari contactor, rectifier, dan komponen electrical lainnya.


Demikian komponen-komponen utama dalam winch. Banyak perusahaan-perusahaan di bidang kontraktor, industri perkapalan, dan lainnya menggunakan winch karena beberapa kelebihan winch dibanding alat/perangkat angkut seperti crane :

Winch mampu menarik beban secara horizontal sedangkan hoist crane tidak bisa
Jangkauan winch yang mencapai ratusan meter sangat membantu menarik beban dengan jangkauan yang sangat jauh
Dalam penempatan dan membuat dudukan winch lebih sederhana dan low cost dibandingkan hoist crane
Kecepatan winch dalam menarik beban sangat tinggi sehingga efisiensi waktu lebih baik

Kelebihan-kelebihan di atas dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memutuskan membeli electric winch yang tepat dan sesuai kebutuhan. Dan PT. Indotara Persada adalah distributor tunggal electric winch AC dengan brand TAIWAN WINCH dan offroad winch DC dengan brand KINGONE. Kedua brand winch ini bergaransi dan after sales sangat terjamin. Silakan menghubungi sales kami di kota-kota terdekat Anda untuk info lebih lanjut dan harga terbaik.


banner percayakan indotara

Penulis: VENDES
Editor: IQBAL


Kingone Winch Banner
Kingone Winch Banner


Related Articles