Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

9 Komponen Utama Penyusun Mesin Laser Cutting

Editor: Rosyid
9 Komponen Utama Penyusun Mesin Laser Cutting
Komponen Utama Penyusun Mesin Laser Cutting

Mesin laser cutting merupakan unit mesin yang berfungsi untuk memotong material dengan bantuan dari sinar laser. Sinar laser berdaya tinggi yang di hasilkan mampu membelah, melelehkan, melubangi, dan menguapkan berbagai macam material. Pengoperasiannya unit ini melalui sistem permesinan CNC sehingga pola dan desain potongan materail dibuat terlebih dahulu di komputer, setelah itu setting pengaturan supaya mesin dapat bekerja secara otomatis. Sehingga tidak mengherankan jika mesin ini banyak diminati pelaku industri.

Komponen Mesin Laser Cutting
Pada dasarnya, mesin laser cutting mempunyai tiga bagian yaitu mesin utama, sinar laser, dan komponen listrik. Secara menyeluruh mesin pemotong laser tersusun oleh bagian mekanik, laser generator, dan sistem pengontrol CNC. Untuk lebih detailnya, berikut penjelasan masing-masing dari komponen penyusun mesin.

1. Mesin Utama
Bagian ini merupakan komponen mekanik yang paling berperan vital untuk menggerakkan ketiga sumbu X-Y-Z dalam proses pemotongan material. Laser cutting kebanyakan didukung oleh komponen mesin dengan kualitas tinggi, baik dari segi presisi maupun stabilitas. Karena hal itu benda kerja dapat diposisikan dengan tepat saat dipotong dan digerakkan secara akurat sesuai sistem kontrol yang telah di atur.

2. Generator Laser
Komponen ini memiliki fungsi menghasilkan sumber tenaga untuk sinar laser atau bisa dibilang sebagai energi utama. Bagian ini merupakan komponen termahal dan ekslusif dalam perangkat mesin laser cutting. Pada umumnya proses pemotongan menggunakan laser gas CO2 karena memiliki efisiensi konversi elektro-optik yang sangat baik.

3. Lensa Laser
Lensa ini berguna mengarahkan jalur sinar laser menuju ke bagian yang diinginkan sesuai dengan desain yang di masukkan ke program. Supaya jalur yang sudah diatur tidak terganggu dan lensa tidak sampai terkontaminasi, setiap digunakan lensa laser ditutup dengan lapisan pelindung serta gas pelindung khusus. Lensa dengan kualitas bagus akan mampu memfokuskan sinar laser tanpa terjadi sudut penyimpangan.

4. Sistem CNC
Adalah pusat kendali dari mesin yang berhubungan langsung dengan pemrograman komputer, fungsinya untuk mengatur pergerakan sumbu serta mengarahkan sinar laser sesuai pola pada desain yang dimasukkan.

5. Power Supply
Komponen power supply berguna untuk menghubungkan antara laser generator, pemotong, dan sistem penyedia daya. Selain itu, power supply ini juga berfungsi untuk mencegah adanya gangguan kelistrikan pada bagian eksternal unit.

6. Kepala Pemotong Laser
Komponen ini adalah komponen output yang disusun dari part nozzle, lensa laser, dan sensor pengarah. Komponen ini berfungsi mengarahkan pergerakan laser sepanjang sumbu Z sesuai dengan program yang telah diatur. Ketinggian kepala pemotong pada laser bisa disesuaikan berdasarkan ketebalan material, jenis material, dan metode pemotongan yang akan digunakan.

7. Panel Kontrol
Panel ini berfungsi mengontrol dan memantau keseluruhan proses pekerjaan dan pemotongan material.

8. Motor Penggerak
Komponen ini adalah bagian inti dari sistem penggerak mesin. Terdapat dua jenis motor yang biasa digunakan yakni stepper motor dan servo motor. Stepper motor paling sesuai digunakan untuk proses pengerjaan engraving dan cutting. Sedangkan servo motor karena kualitasnya yang lebih baik, maka cocok untuk digunakan dalam industri berskala besar.

9. Chiller
Chiller yaitu komponen yang fungsinya untuk menjaga suhu generator laser supaya tetap dingin dan stabil. Mesin laser ini bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi energi cahaya seringkali mengalami kelebihan panas atau overheat. Chiller akan menghasilkan air dingin guna menjaga suhu generator supaya tetap stabil dan mampu bekerja dengan baik. Selain itu, komponen ini juga berguna untuk mendinginkan bagian lensa supaya saat pengoperasian tidak meledak atau retak karena terpapar sinar yang panas.

Demikian sedikit ulasan tentang komponen utama penyusun mesin laser cutting, semoga artikel ini bermanfaat bagi setiap pembaca.