Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Undercounter Refrigerator, Stainless Steel Made, Good Looking at Kitchen Area

Posted Date, 17 Maret 2023

Editor: Rio

Penulis:Fatimah

Undercounter Refrigerator, Stainless Steel Made, Good Looking at Kitchen Area
Tempat penyimpanan makanan sayuran buah-buhan saat ini menjadi barang yang harus dimiliki terutama untuk industri hotel, restoran dan cafe. Alat penyimpan makanan, sayuran, buah-buahan bahkan daging dan ikan sangat berfungsi untuk memperlambat proses pembusukan, mengawetkan makanan, dan menjaga kehigienisan. Sebelum adanya kulkas atau alat pendingin untuk mengawetkan makanan, manusia purba mengawetkan makanan dengan cara pengeringan, penggaraman, pengasapan dan dikubur untuk menghindari sinar matahari dan oksigen. Selain itu orang Yunani kuno yang tinggal di daerah pegunungan menggunakan salju untuk menyimpan daging dan masyarakat Mesir dan India yang memiliki iklim tropis menyimpan makanan dengan penguapan cepat. Dan teori penguapan cepat tersebut menjadi dasar dibuatnya kulkas yang saat ini sering dijumpai bahkan hampir setiap rumah memiliki barang ini.

Stainless steel sendiri merupakan jenis baja yang tahan terhadap noda berkarat dan korosi. Korosi merupakan degradasi dari suatu material akibat interaksi dengan lingkungan melalui proses elektokimia. Korosi dapat mengakibatkan kerusakan, penurunan penampilan, kontaminasi produk dan kurang amannya suatu produk (Rochim S., 2005). saat ini stainless steel sering dijumpai dan digunakan mulai dari peralatan rumah tangga, peralatan rumah sakit, industri rumah sakit dan masih banyak lagi. stainless steel banyak digunakan untuk alat  makan dan dapur. Misalnya sendok dan garpu, pisau, spatula, dan sebagainya. Meski terdiri dari komposisi besi, ternyata stainless steel tidak berdampak polusi pada makanan. Bahkan, stainless steel melindungi bahan makanan sifatnya yang tahan karat. Selain itu, baja tahan karat ini telah diteliti dan memiliki kemampuan menekan pertumbuhan mikroba dan bakteri hingga 10 kali lebih baik dibandingkan bahan plastik dan polikarbonat. Tidak terbayangkan, jika peralatan makan dan dapur kita berkarat, tentunya akan membuat kandungan nutrisi pada makanan tersebut berubah menjadi racun.

Saat ini berbagai macam produk atau mesin-mesin refrigerating banyak yang menggunakan material berbahan stainless steel. Selain agar terhindar dari korosi, stainless steel juga memiliki kesan mewah dan bersih. Selain itu kotoran yang menempel juga dengan mudah dapat dibersihkan. Salah satu produk refrigerating adalah undercounter. Undercounter ini bisa disebut produk multifungsi karena memadukan mesin pendingin dan fungsi meja. Tentunya tidak memakan tempat dan sangat efisien serta menghemat waktu penggunanya. Model ini berbeda dari lemari es mini atau kompak karena dirancang untuk dipasang di dapur Anda dan memiliki fitur serta pengaturan suhu. Kulkas undercounter datang dalam berbagai ukuran dan konfigurasi yang melayani tujuan tertentu di dapur.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis undercounter. Ada undercounter chiller dan ada juga undercounter freezer. Undercounter chiller memiliki temperatur berkisar -4 derajat celcius sampai 6 derajat celcius, undercounter chiller ini sangat cocok digunakan untuk menyimpan sayuran, buah-buahan, makanan dan minuman. Sedangkan undercounter freezer idealnya memiliki suhu -18 derajat celcius sampai -20 derajat celcius sangat cocok digunakan untuk menyimpan ikan dan daging untuk menghambat perkembangan jamur dan bakteri.