Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Langkah Mengurangi Masa Downtime Hoist Crane

Editor: Fiki
Langkah Mengurangi Masa Downtime Hoist Crane
“Ketika overhead crane rusak, begitu pula produktivitas. Dan anda akan tahu betapa mahalnya waktu produksi yang hilang”.

Kalimat tersebutlah yang akan menjadi topik bahasan kita kali ini. Seperti yang kita tahu Hoist Crane adalah pesawat sederhana yang terdiri dari Crane dan mesin Hoist sebagai satu kesatuan struktur dengan fungsi utama memudahkan pekerjaan manusia dalam hal memindahkan, lifting atau pengangkatan benda dengan berat yang beragam.

Hoist Crane saat ini umum digunakan oleh perorangan/perusahaan komersial maupun non-komersial sebagai alat utama pengangkatan benda dari satu tempat ke tempat lain dengan dimensi yang relatif besar secara efektif dan efisien. Dengan adanya teknologi Hoist Crane ini tentu saja diperuntukkan perusahaan untuk meningkatkan jumlah hasil produksi dan menunjang pekerjaan berat yang tidak dapat di handle oleh tenaga manusia.

Bagi perusahaan, hasil produksi akan selalu berkaitan dengan efisiensi waktu pekerjaan dan fabrikasi. Hoist Crane sebagai alat mekanik-elektrikal penunjang pekerjaan tidak lepas dari kemungkinan kerusakan akibat masa pemakaian dan memerlukan perawatan secara berkala yang akan berpengaruh terhadap waktu dan jumlah produktiivitas. Oleh karena itu berikut adalah beberapa langkah untuk mengurangi downtime (kerusakan) pada Overhead Crane :

Pelatihan Operator Crane


Pelatihan bagi operator crane adalah hal yang harus diutamakan, meskipun pada saat training operator crane tidak langsung terpikirkan strategi untuk mengurangi masa kerusakan pada overhead crane. Pelatihan bagi operator sangat penting dilakukan untuk dapat mengoperasikan hoist crane dengan baik dan benar sesuai dengan rancangan yang sudah ditetapkan.

Pada prakteknya, hal ini banyak sekali ditemukan operator dengan kebiasaan buruk dalam pengoperasian hoist crane seperti pengangkatan komoditas dari sudut samping bukan dari orientasi vertikal. Hal ini akan menyebabkan keausan pada wirerope, drum, dan rope pulleys yang merupakan bagian terpenting pada hoist dengan harga part yang tidak murah. Kebiasaan buruk operator seperti ini akan berpengaruh terhadap umur mesin hoist.

Inspeksi

Inspeksi sangat penting dilakukan sebagai langkah untuk mengidentifikasi adanya masalah pada part-part hoist crane yang bisa mengurangi produktivitas. Langkah ini diperlukan untuk mengetahui sejak dini apabila terdapat indikasi masalah pada hoist crane sebagai tindak pencegahan dan persiapan perbaikan.

Perawatan Berkala

Sebagai pelengkap inspeksi, lakukan perawatan secara berkala sesuai prosedur OEM pada hoist crane anda. Sama seperti mengganti oli pada mesin mobil, perawatan berkala adalah salah satu langkah terpenting yang dapat dilakukan untuk menjaga agar hoist crane tetap dapat beroperasi dalam jangka panjang.

Upgrade Hoist Crane

Seiring bertambahnya usia hoist crane, suku cadang dan teknologinya akan menjadi usang dan sulit diganti. Upgrade atau modernisasi unit hoist memungkinkan untuk menghindari downtime yang lama untuk masa perbaikan. Dengan upgrade unit hoist ini akan mendapatkan banyak keuntungan seperti teknologi terbaru, lebih memperpanjang masa produktivitas, meningkatkan angka keselamatan dan tentu saja meningkatkan hasil produksi.