Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

LOAD LIMITER PADA HOIST

LOAD LIMITER PADA HOISTLOAD LIMITER PADA HOIST - Era industri berkembang begitu pesat, alat-alat penunjang pun muncul dengan berbagai type. Tapi satu hal yang menjadi perhatian utama adalah tentang keselamatan, keselamatan menjadi syarat yang tidak bisa terlepaskan.

Hoist adalah alat yang banyak digunakan di dunia industri, alat ini merupakan pengembangan dari manual katrol yang sejak jaman dahulu sudah digunakan untuk menunjang pekerjaan. Katrol jaman dulu sangat simple hanya dengan sebuah tali dan roda sudah dapat mengangkat barang.

Terdapat banyak type hoist, mulai dari yang menggunakan sling atau wire rope hingga menggunakan rantai. Salah satu keunggulan menggunakan wire rope adalah pergerakan naik turun yang lebih halus, perawatan yang relatif lebih mudah tapi hoist type ini mempunyai harga yang lebih mahal. Untuk hoist yang menggunakan rantai tentu harus menjalankan perawatan yang relatif agak susah. Rantai harus senantiasa dilimuri oli agar pergerakanya lancar dan tidak berkarat, selain itu bunyinya juga agak berisik karena adanya gesekan antara besi pada rantai dengan besi pada penggerak hoist. Harganyapun relatif lebih murah.

Tentu banyak pertimbangan sebelum menentukan type hoist yang akan kita gunakan untuk memaksimalkan pekerjaan yang sedang kita kerjakan. Tapi kembali pada apa yang sampaikan di awal, keselamatan adalah syarat utama yang harus kita perhatikan.

Baca Juga : CARA MEMILIH HOIST YANG BERKUALITAS
PENTINGNYA PURNA JUAL HOIST DAN CRANE
MEMILIH HOIST YANG TANGGUH

 

Pentingnya Load Limiter


Load Limiter Adalah sebuah teknologi yang disematkan di sebuah hoist dimana ketika terjadi overload atau kelebihan beban load limiter akan secara otomatis mengcut aliran listrik dan akan diberikan sebuah notifikasi sehingga kita dapat menghentikan sejenak pekerjaan kita.

Kenapa load limiter sangat penting?

Ya, banyak sekali hoist yang tidak mempunyai fitur load limiter ini sehingga ketika terdapat kelebihan beban maka kita tidak pernah tau. Hal ini sangat berbaya, bukan hanya dapat merusak hoist tapi juga sangat berbahaya bagi keselamatan operator. Hoist akan cepat rusak, rantai atau sling bisa saja putus jika penggunaaan sangat melebihi beban. Belum lagi komponen-kompenen lain seperi brake disk, rectifier akan sangat rentan karena tidak sesuai dengan spesifikasi.

Load limiter juga membantu kita memonitor operator dalam menggunakan hoist, karena load limiter tidak jarang operator menggunakan hoist dengan asal-aalan tanpa memperhatikan keselamatan. Ada sebagian operator yang berfokus pada kecepatan dan kurang memperhatikan ketepatan.

Samsung dan LG-M hoist adalah salah dua merk hoist yang mempunyai teknologi tersebut. Kedua merk tersebut merupakan produk asli Korea Selatan yang sudah terbukti ketangguhanya, memberikan garansi 3 tahun untuk mekanikal dan 1 tahun untuk elektrikal.

PT Indotara Persada adalah distributor tunggal untuk kedua merk tersebut sehingga terjamin keaslianya serta terjamin sparepartnya. Selain itu PT Indotara Persada mempunyai teknisi yang handal yang sudah berpengalaman, ketika terjadi masalah teknisi akan dengan sigap membantu anda.


banner percayakan indotara

Penulis: YUGUSLAVIA
Editor: IQBAL


Banner Parrent LGM


Banner-Samsung-Product

Banner List Product Hoist Crane Artikel


 


Related Articles