Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Macam-Macam Es Dan Penggunaannya

Posted Date, 16 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Fatimah S.E.

Macam-Macam Es Dan Penggunaannya

Macam-Macam Es Dan Penggunaannya - Ice maker merupakan alat atau mesin yang berfungsi untuk mengubah benda cair menjadi benda padat yang dingin atau bisa disebut beku. Berbagai jenis ice maker dengan fungsinya msaing-masing, diantaranya: ice cube, ice tube, cylinder, cresent dan masih banyak lagi. Yang paling sering di lihat di pasaran adalah ice cube dan ice tube. Ice cube sendiri memiliki bentuk kotak atau kubus sedangkan ice tube memiliki bentuk seperti tabung yang dipotong-potong.

Setiap mesin ice maker memiliki type dan skala produksi masing-masing. Dari 20 kg/ hari sampai 1310 kgs/ hari. Tingkat ketebalan esnya pun dapat disesuaikan.  Perkembangan industri mesin ice tidak luput dari sejarah es batu di masa lampau. Sekitar tahun 1800-an Kapal dari amerika serikat tiba di Batavia (saat ini disebut Jakarta) Kapal tersebut membawa es batu yang dipesan Roselie en co. Saat itupun pemerintahan hindia belanda belum menetapkan peraturan impor barang. Es batu menjadi barang mewah kala itu bahkan dibungkus dengan kain wol untuk menyimpannya, penikmatnyapun hnaya kaum borjuis yang tinggal di sekitar Batavia. Impor es batu dari Amerika pun perlahan mulai redup lantaran pabrik es mulai berdiri di Indonesia. Hal tersebut juga membuat semua kalangan dapat menikmati es.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa es Batu yang tidak dapat dikonsumsi diantaranya flake ice,snow ice maker dan ice block mesin tipe brine karena faktor yang tidak higienis. Ice flake ini berbentuk serpihan yang sering digunakan untuk mengawetkan ikan agar tetap segar. Selain itu es batu yang sering di konsumsi adalah ice cube dan ice tube. Di dalam mesin air dapat disaring dan difilter berkali-kali untuk mencapai kadar air yang dapat dikonsumsi oleh manusia.

Baca Juga:

Memiliki mesin pembuat es bukanlah hal yang eksklusif untuk perusahaan komesil dan industri, dengan mesin ice maker kualitas es batu lebih jauh baik dari segi produktifitas maupun efisiensi. Selain untuk industri komersil, intitusi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, juga sangat memrlukan stock es batu siap pakai secara konsisten.

Hal tersebut tidak memungkinkan jika harus bergantung pada pihak ke-tiga. Sehingga memiliki ice maker machine merupakan hal yang wajib. Bukan tidak mungkin, mesin pembuat es merupakan investasi yang menarik dan menguntungkan. dengan berbagai ukuran dan bentuk yang unik turut menjadi daya tarik konsumen. Kualitas dan produktifitas yang dihasilkan mesin ice maker ini tentu dapat meningkatkan kinerja ekonomi bisnis.

Banyaknya beragam pilihan es dalam item menu di setiap resto, cafe, hotel dan lainnya turut menggerakkan pelaku usaha di bidangnya untuk memiliki machine ice maker. Kualitas air dan mesin yang baik dan memenuhi standar, tidak akan mengubah rasa dari setiap minuman yang sudah tercampur dengan es batu.