Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

MASALAH ELEKTRIS PADA KOMPRESOR PENDINGIN

Kompresor Pendingin

Sebelumnya telah dibahas masalah mekanis pada kompresor pendingin. Selanjutnya akan diuraikan mengenai permasalahan yang berhubungan dengan elektrisnya. Namun kerusakan pada bagian kelistrikan biasanya sulit ditelusuri. Berikut adalah beberapa masalah yang sering ditemukan pada kompresor pendingin :

Kompresor tidak bekerja
Penyebab kompresor pendingin tidak bekerja biasanya, kapasitornya rusak, start winding (belitan)  terbakar, motor pada kompresor terbakar, stator motor yang terbakar, oil level yang berkurang menjadi sedikit, sistem kontrol tidak berjalan, volume refrigrant yang kurang, fuse (sekering) putus, switch terbuka dan overload relay yang terbuka.

Kompresor mendadak mati ( short cycling )
Seringnya penyebab hal ini adalah Low Pressure Switch yang disetting melebihi standar atau High Pressure Switch yang disetting kurang dari standar, Run atau Start kapasitor terbakar, isi refrigerant yang terlalu banyak atau sedikit, dan bisa juga evaporator yang penuh dengan bunga es.

Kompresor bekerja terus tanpa henti
Untuk masalah yang ini penyebabnya antara lain kotornya kondensor, beban yang terlalu banyak, insulasi bocor, katup-katup kompresor yang ada bocor, unloading tidak bekerja maksimal. Namun selain yang disebutkan ini bisa saja ada penyebab lain yang berhubungan dengan sistem-sistem kontrol yang lain.

Demikian beberapa kerusakan elektris yang mungkin ditemukan dalam kompresor pendingin.

Baca Juga : MESIN ES KRIM HEMAT LISTRIK


“Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Terhadap Kami"

Banner-Tomori-2.jpg


Related Articles