Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

MASALAH - MASALAH YANG TERJADI PADA MESIN ICE CREAM

MASALAH - MASALAH YANG TERJADI PADA MESIN ICE CREAM

MASALAH - MASALAH YANG TERJADI PADA MESIN ICE CREAM

Ada beberapa masalah yang terjadi pada mesin Ice Cream yang terkadang membuat anda bingung mencari penyebabnya. Pada saat ini, seperti yang kita ketahui suhu di Indonesia menjadi lebih panas dan semakin panas sebelumnya. Oleh karena itu bisnis minuman dingin dan makanan dingin seperti ice cream sangat berjamur dan tetap diminati oleh konsumen dari semua kalangan. Khususnya mesin ice cream yang dipilih sebagai bisnis yang paling menguntungkan pembisnis dalam menghadapi suhu yang panas di Indonesia. Banyak merk mesin ice cream yang dapat dibeli oleh pebisnis ini, tetapi yang harus diperhatikan dalam memlilih mesin ice cream ini adalah kekuatan dari komponen utamanya yaitu kompresor. Kompresor menjadi item atau komponen paling penting dalam suatu sistem pendingin. Karena tanpa kompresor, zat refrigerant tidak dapat ditekan sehingga menghasilkan kedinginan yang diinginkan.

Selain hal itu, perhatikan juga tuas- tuas atau distributor dari mesin ice cream tersebut pas dengan dudukan yang ada di mesin ice cream. Sehubungan dengan maraknya bisnis ice cream yang ada di masyarakat otomatis banyak juga mesin ice cream yang dimiliki oleh orang - orang yang melakukan bisnis ice cream tersebut dan pasti banyak juga kendala - kendala yang dihadapi dalam membuat atau menjalankan mesin ice cream tersebut.


Berikut adalah kendala-kendala atau kerusakan yang sering terjadi pada mesin ice cream :

BUNYI ALARM

MASALAH - MASALAH YANG TERJADI PADA MESIN ICE CREAMMasalah seperti alarm bunyi bukan lah hal yang terlalu serius, hanya saja jika alarm sudah bunyi otomatis mesin tidak bisa bekerja. Ada dua penyebab alarm bunyi. Yang pertama adalah adonan tidak turun atau adonan ice cream kurang sehingga mesin tidak dapat bekerja dan tidak bisa membuat ice cream sehingga menyebabkan alarm berbunyi. Yang kedua adalah alarm berbunyi dikarenakan daya listrik kurang (under voltage) atau tegangan lebih (over voltage). Penyebab dari under voltage atau kekurangan tegangan adalah karena pasokan listrik berkurang sehingga voltage tidak mencukupi untuk menjalankan mesin ice cream tersebut. Jika terjadi over voltage atau kelebihan tegangan akan menyebabkan mesin berhenti bekerja atau tidak bisa bekerja dan alarm berbunyi, hal itu dikarenakan jika tegangan terlalu tinggi maka akan merusak komponen yang ada di dalam mesin ice cream tersebut jika dinyalakan. Solusi yang paling tepat untuk masalah ini adalah dengan menggunakan stabilizer. Stabilizer akan meredam dan menjaga agar voltage menjadi stabil sesuai yang dibutuhkan. Untuk under voltage dianjurkan untuk menaikan pasokan listrik.


KEBOCORAN PADA MESIN ICE CREAM
MASALAH - MASALAH YANG TERJADI PADA MESIN ICE CREAMKebocoran yang terdapat pada mesin ice cream sangat banyak penyebabnya, ada yang bocor pada distributor atau tuas dan ada juga yang mengeluarkan cairan adonan atau air pada bawah body unit ice cream machine. Jika kebocoran terjadi pada distributor penyebabnya bisa dikarenakan seal yang terdapat pada area sekitar distributor bermasalah (longgar atau putus) solusinya adalah dengan mengganti dengan seal yang baru yang biasanya akan diberikan cadangan pada saat membeli mesin. Dan jika keluar cairan adonan atau air pada bagian bawah body ice cream machine maka yang bermasalah biasanya adalah wave ring (seal yang terdapat pada belakang bitter), solusinya adalah dengan mengganti wave ring dan memberikan food grade grace kembali.

Dengan demikian masalah pada mesin ice cream ini bukanlah hal yang sulit untuk diatasi sehingga tidak ada alasan lagi untuk membeli mesin ice cream yang baik sesuai kebutuhan kita.


“Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Terhadap Kami"

Penulis: ANDRY


banner tomori


Related Articles