Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mengenal Bahan Dan Kegunaan Mesin Strapping

Posted Date, 15 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: Erik Wijaya

Mengenal Bahan Dan Kegunaan Mesin Strapping

MENGENAL BAHAN DAN KEGUNAAN MESIN STRAPPING - Mesin Strapping Band adalah mesin yang berfungsi untuk mengikat sebuah kardus, karton, ataupun barang lainnya agar mudah untuk dipindah serta hasil kemasan yang lebih rekat, padat dan tidak mudah terbuka, hasil ikatannya dapat menjaga kardus tidak mudah terbuka dan tidak mudah rusak. Biasanya kemasan produk yang sering menggunakan mesin ini adalah kemasan dalam bentuk karton, dus ataupun produk atau kemasan yang hasilnya dapat padat, dan rekat sehingga tidak mudah terbuka seperti surat, blok beton, pipa, kayu dll.

Bagaimana cara kerjanya?

Tali ditempatkan di sekeliling produk (horisontal atau vertikal), kemudian menggunakan alat atau mesin strapping, kedua ujung tali tersebut ditarik ke arah satu sama lain untuk meningkatkan kekencangan/kekuatan ikatan tali. Setelah tali dikencangkan, kedua ujung tali tersebut harus saling terkunci untuk mempertahankan kekuatannya. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan klem besi, atau dengan ‘mengelas’ kedua ujungnya. Kemudian kelebihan tali tersebut dipotong dengan gunting atau pisau pemotong.

Untuk bahan yang digunakan sebagai tali pengikat biasanya tali plastic berbahan polyethylene atau tali besi yang terbuat dari lempengan besi dan juga seng. Berikut ini adalah bahan tali yang biasa digunakan dalam pengoperasian pengemasan pada mesin Strapping, antara lain :
Tali Strapping Polypropylene PP
Tali strapping polypropylene PP merupakan jenis tali polimer dengan bahan ekonomis namun hasilnya kuat. Tali strapping polypropylene PP tersedia dalam berbagai bentuk baik dari lebar, ketebalan, maupun variasi talinya. Tali strapping ini memiliki sifat peregangan yang cukup tinggi, namun memiliki titik peregangan yang konstan, sehingga bila dipaksakan dapat membuat tali menjadi mudah putus, meskipun tali ini terbilang cukup kuat dan tidak mudah lapuk. Oleh sebab itu Jenis tali polypropylene PP biasa digunakan untuk membungkus kemasan yang tergolong ringan seperti kemasan yang yang terbuat dari kertas, plastic dan juga kardus.

Tali Strapping Polyester PET
Tali strapping polyester PET umumnya memiliki tekstur yang halus tetapi juga dapat diembos, Kebanyakan tali Polyester dibuat dari bahan daur ulang/PET recycle. Tali Polyester PET  ini memiliki kekuatan yang konstan dan sangat baik dalam mempertahankan kerenggangan dibandingkan dengan strapping PP, hasil rekatan tidak akan berubah pada saat barang yang di strapping tergoncang, sangat baik untuk jenis benda atau kemasan yang kaku dan jenis tali ini kuat menahan suhu ekstrim maupun suhu dingin sekalipun.

Tali Strapping besi
Tali strapping besi adalah tali tertua dan terkuat yang tersedia biasanya terbuat dari baja yang tahan karat, dirancang untuk tugas-tugas ekstrem dimana butuh hasil ikatan yang sangat kuat dan kokoh, dan juga memerlukan kekuatan ikat yang tinggi dengan persentase elongasi yang rendah, atau Ketika beban/produk yang distrapping meiliki permukaan yang tajam atau panas.

Baca Juga:
Tali mana yang paling cocok?

PP, PET, atau Tali besi? Lebar dan ketebalan yang dibutuhkan? Manual atau menggunakan mesin strapping? Pilihan yang tepat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:
  1. Seberapa berat beban yang akan diikat.
  2. Apakah beban tersebut stabil atau tidak stabil.
  3. Apakah beban memiliki sifat berubah bentuk.
  4. Berapa lama proses transportasi.
  5. Seberapa sering proses bongkar muat.
  6. Apakah beban tergolong rapuh atau mudah rusak.
  7. Lokasi penyimpanan: dalam atau luar ruangan, kondisi lingkungan.
  8. Berapa lama beban akan disimpan.
  9. Aplikasi secara manual atau menggunakan mesin.
  10. Berapa kapasitas yang dibutuhkan per hari?
  11. Di mana strapping dilakukan, tempat yang sama atau berpindah-pindah.
    MENGAPA PERLU MELAKUKAN STRAPPING?
    Berikut contoh konkrit dari aplikasi strapping :
        1. Menyegel kardus dan kontainer pengiriman.
        2. Memperkuat struktur peti kayu dan kotak kardus.
        3. Mengamankan produk agar tetap pada palet dan peti.
        4. Menahan gulungan baja atau kertas agar tetap pada kondisinya.
        5. Mengamankan beban seperti pada bata ringan dan kaca lembaran.
        6. Alat bantu mengangkat, seperti ikatan pada atap rumah atau koran.
        7. Perlindungan terhadap pencurian, ketika tali dibuka akan segera terlihat.
        8. Menempatkan produk pada kendaraan seperti trailer atau truk bak terbuka.
        9. Membundel untuk memudahkan penanganan dan pengiriman produk seperti: koran, pipa, kayu, bata beton.
        Bagaimana Memilih Mesin Strapping yang Tepat untuk Suatu Produk?

        Mencari Mesin Strapping sesuai dengan kebutuhan dan kualitas yang sangat baik, pastinya dengan informasi yang kami berikan di atas, Anda seharusnya sudah dapat menentukan mana mesin yang cocok untuk menunjang bisnis anda! Kami sudah berpengalaman puluhan tahun sebagai penunjang kebutuhan segala jenis industry, silahkan hubungi tim kami dan diskusikan terkait harga Mesin strapping band, type atau pun jenis mesin strapping band yang kini sedang Anda cari.