Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

MENGENAL JENIS MESIN ES KRIM BERKUALITAS HANDAL

TIPE MESIN PEMBUAT ES KRIM

Mesin es krim sebenarnya tidak hanya dapat digunakan untuk membuat ice cream cone saja. Lebih dari itu. Banyak hidangan penutup beku yang bisa Anda olah menggunakan mesin pembuat es krim. Sebut saja salah misalnya yoghurt, sorbet, dan waffle ice cream. Dengan demikian pasti akan lebih menyenangkan bila menu jualan yang Anda tawarkan bisa beraneka ragam. Maksudnya Anda dapat memanfaatkan mesin pembuat es krim yang dimiliki untuk mengoptimalkan peluang bisnis yang ada.

mesin es krim

Di pasaran sekarang ini banyak ditawarkan aneka model ice cream machine dengan kualitas tinggi. Para produsen atau pihak penjual bahkan mengklaim mesin memiliki keunggulan seperti membuat produk es krim bertekstur lembut.

Sebagai pebisnis yang cerdas jelas Anda tidak boleh sembarang memilih. Pastikan benar untuk membeli produk mesin berkualitas handal. Misalnya saja mesin es krim merk Tomori.

Adapun penting pula diketahui bahwa secara umum mesin pembuat es krim dibedakan menjadi 2, yaitu mesin soft ice cream dan mesin hard ice cream. Kira-kira apa beda keduanya?

Mesin Soft Ice Cream

Mesin soft ice cream merupakan mesin pembuat es krim bertekstur lembut atau lunak. Es krim lembut di sini mungkin lebih familiar disebut es putar gelato. Karena teksturnya yang lunak biasanya dalam penyajian mengharuskan digunakannya mesin cone. Pasalnya es krim akan terasa susah disajikan dengan skop es krim yang biasa digunakan.

Mesin Hard Ice Cream

Mesin hard ice cream merupakan mesin yang dapat menghasilkan es krim dengan tekstur agak kasar. Hanya saja tekstur keras yang dimaksud di sini tidak seperti es batu atau es lilin. Testur agak kasar lebih condong pada tekstur es krim yang padat agar penyajian bisa lebih mudah misal menggunakan skop es krim. Meskipun dikatakan untuk membuat hard ice cream, tapi jenis mesin pembuat es krim yang satu ini konon bisa juga digunakan untuk membuat es krim lembut.

Dua jenis mesin es krim murah di atas jelas dikatakan memiliki fungsi yang berbeda. Bagi pebisnis es krim sudah semestinya mengetahui akan hal ini. Sehingga mesin pembuat es krim yang dipilih bisa sesuai dengan kebutuhan.

Perbedaan Soft Ice Cream dan Hard Ice Cream

Dari dua jenis mesin es krim handal di atas, kini pun diketahui bahwa es krim dibedakan menjadi soft ic cream dan hard ice cream. Keduanya berbeda tidak hanya dari segi tekstur saja. Umumnya soft ice cream mempunyai kadar susu dan lemak yang jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan hard ice cream kebanyakan. Soft ice cream biasanya juga diproduksi pada tingkat suhu relatif lebih tinggi daripada hard ice cream.

ice cream soft & hard

Soft ice cream dan hard ice cream berbeda pula dari komposisi kandungan udara di dalamnya. Soft ice cream mempunyai kandungan udara yang dapat menjadikan teksturnya lebih lembut khususnya saat proses pembekuan terjadi. Adapun kandungan air atau overrum cukup bervariasi mulai dari 0% sampai 60% dari keseluruhan volume es yang dibuat.

Ringkasnya jumlah udara dan kandungan air dalam produk es krim soft mempengaruhi rasa, kelembutan, dan warna produk. Seperlu menghasilkan soft ice cream lezat diperlukan komposisi udara tepat. Karena bila tidak es krim bisa kehilangan rasa dan mudah mencair lebih cepat. Adapun komposisi tepat ini juga berlaku dalam pembuatan hard ice cream. Pasalnya setiap jenis es krim membutuhkan proses pembekuan secara tepat seperlu menekan risiko kristalisasi, dan memang mutlak menggunakan mesin es krim terbaik untuk membuatnya.

Baik soft ice cream ataupun hard ice cream keduanya memiliki pangsa pasar yang luas. Kedua jenis es krim itu pun dapat dikreasikan menjadi banyak ragam suguhan. Misalnya hard ice cream dapat disajikan langsung di cup, gelas, atau piring menggunakan skop es krim. Anda bisa juga mengolah hard ice cream menjadi es krim panggang, es krim goreng, atau moci es krim yang nikmat. Sementara soft ice cream dapat disuguhkan di cup atau cone. Dalam hal ini Anda bisa juga berkreasi membuat menu spagety es krim. Jadi memang ada peluang bisnis menjanjikan. Karenanya menjajal bisnis es krim sekiranya tidak akan ada matinya.

Baca Juga : KOMPONEN-KOMPONEN MESIN PEMBUAT ICE CREAM


“Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Terhadap Kami"

Tomori promo Ice Cream Machine


Related Articles