Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mengenal Laser Cutting dan Kegunaannya dalam Industri

Posted Date, 25 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: Martin Agustian, S.T.

Mengenal Laser Cutting dan Kegunaannya dalam Industri

Mengenal Laser Cutting dan Kegunaannya dalam Industri - Mungkin Anda pernah mendengar istilah laser cutting namun belum familiar dengan laser cutting dan penggunaannya dalam proses produksi di dunia industri. Salah satu teknik pemotongan bahan baku yang umum digunakan di industri adalah penggunaan laser cutting.

Apa definisi dari Laser Cutting?

Laser Cutting adalah proses menggunakan teknologi laser untuk memotong bahan dengan potongan yang lebih presisi, akurat secara dimensi dan lebih rapi. Teknologi laser mampu memotong material karena memiliki energi yang cukup tinggi untuk memotong, membelah, melelehkan bahkan membakar benda yang terkena laser.

Laser Cutting telah digunakan untuk pertama kalinya sejak tahun 1965 untuk mengebor lubang pada berlian dan telah berkembang dari waktu ke waktu untuk memenuhi setiap kebutuhan.

Teknik pemotongan menggunakan laser cutting juga dapat digunakan pada berbagai bahan, termasuk logam dan non-logam. Contoh bahan non logam adalah akrilik, kayu, kulit, MDF, plastik, gabus, poliester, karton, dll. Pada saat yang sama, bahan logam pemotongan laser dapat digunakan untuk baja karbon, baja tahan karat, tembaga, aluminium, kuningan, dll.

Baca Juga:
Kelebihan dari menggunakan Laser Cutting

Laser Cutting adalah teknologi baru yang digunakan dalam industri dan pasti memiliki keunggulan dibandingkan bahan pemotongan lainnya. Keuntungan dari pemotongan laser cutting meliputi:

1. Pemotongan dengan tinggkat presisi yang tinggi.
Pada kerja Mesin Laser Cutting yang menggunakan program dan ukuran sebelum melakukan pemotongan, jadi  bukan tidak mungkin jika pemotongan menjadi sangat presisi dengan sinar laser.

2. Berbagai bahan dapat diproses
Proses produksi laser cutting juga dapat digunakan untuk berbagai material seperti logam dan non logam.

Akurasi pengerjaan
Pemotongan material dengan laser akan lebih efisien dari segi waktu proses karena sesuai dengan jumlah media potong dan material yang digunakan selama proses pemotongan.

Aplikasi pemotongan laser di bidang industri

Pada dasarnya banyak hal yang bisa diproduksi dengan menggunakan laser cutting, seperti:
  1. Desain interior industrial untuk pembuatan fasad, pagar, pembatas ruangan.
  2. Industri transportasi untuk memotong bahan logam dan membentuk bagian tubuh.
  3. Barang-barang seperti papan nama, papan nama ruangan, kotak lampu neon.
  4. Industri fashion, memotong kain atau membuat pola agar lebih rapi.
Setelah mengenal laser cutting dan kegunaannya dalam dunia industri, PT. Indotara Persada sebagai pusat penjualan Mesin - Mesin Industri sudah banyak mendukung mesin mesin yg dibutuhkan dalam produksi baik dalam sekala besar, menengah dan kecil dan sudah di dukung dengan Tim Purna Jual yg selalu siap membantu pelanggan yg mengalami masalah dan kebutuhan sparepart mesin mesin nya. PT. Indotara Persada siap membantu kebutuhan Mesin Laser Cutting yg dibutuhkan perusahaan, workshop bahkan UMKM yg ada di Indoneisa.

Untuk memudahkan kebutuhan laser cutting anda, bisa langsung menghubungi kami dengan mengakses website atau Tim Sales kami