Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mengenal Lebih Jauh Benefit Penggunaan Oven Listrik Terbaik Untuk Usaha Kue

Editor: Rosyid
Mengenal lebih jauh benefit penggunaan oven listrik terbaik untuk usaha kue

Oven listrik merupakan jenis oven yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaga untuk menghasilkan panas. Sama seperti oven gas, oven listrik berfungsi untuk memanggang atau menghangatkan makanan di dalamnya.

Oven listrik memiliki kenop khusus yang berfungsi mengatur suhu di dalam oven agar sesuai dengan jenis makanan yang dimasak. Umumnya, oven listrik bekerja dengan cara memanaskan ruangan di dalam oven menggunakan elemen pemanas yang letaknya ada di atas dan bawah oven. Sehingga makanan di dalamnya pun jadi panas dan matang merata.
Kebanyakan orang kebingungan membedakan oven listrik dan microwave karena bentuknya yang hampir mirip. Padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda.
Microwave menggunakan panas dari gelombang elektromagnetik. Fungsinya sebatas memanaskan dan memasak makanan saja.
Gelombang elektromagnetik di dalam microwave juga hanya memanaskan makanan saja. Berbeda dengan oven listrik, ruangan di dalam microwave tidak ikut dipanaskan.


Kelebihan dan kekurangan oven listrik:
Oven listrik memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa kelebihan oven listrik:
  1. Oven listrik memiliki desain yang ramping dan kecil. Sehingga dapat diletakkan dengan mudah di dalam dapur yang sempit dan tentunya bisa dibawa ke mana-mana
  2. Oven listrik mudah digunakan
  3. Oven listrik menyebarkan panas dengan baik. Sistem penyebaran udara panas yang baik membuat kue dan daging yang dipanggang dapat matang secara merata

Sudah mengetahui kelebihan oven listrik, kini saatnya membahas mengenai kekurangannya. Apa saja sih kekurangan oven listrik?
  1. Kualitas hasil panggangan oven listrik tidak sebaik oven gas
  2. Waktu memasak menggunakan oven listrik cenderung lebih lama dibandingkan oven gas. Penggunanya juga cukup sulit mengetahui apakah hasil masakan sudah matang dengan sempurna di dalam oven
  3. Sudah jadi rahasia umum kalau oven listrik memakan daya listrik yang cukup besar. Pastikan jika daya listrik di rumah Anda cukup ya
  4. Karena ditenagai sepenuhnya oleh listrik, Anda tidak bisa menggunakan oven listrik jika listrik sedang padam
  5. Komponen di dalam oven listrik cenderung mudah rusak jika digunakan untuk produksi massal

Tips memilih oven listrik
  1. Oven listrik memiliki berbagai macam merek dan model. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa tips memilih oven listrik.
  2. Pilihlah oven listrik yang memiliki daya rendah untuk mencegah terjadinya pemadaman listrik karena kekurangan daya. Selain itu, memilih oven listrik dengan daya rendah juga menghemat konsumsi listrik yang digunakan.
  3. Selalu cek kapasitas oven dan sesuaikan dengan kebutuhan. Jika hanya sesekali menggunakan oven dan untuk jumlah masakan yang sedikit, disarankan untuk memilih oven berkapasitas kecil yaitu sekitar 9 liter.
  4. Perhatikan material oven. Pilihlah oven listrik yang terbuat dari bahan stainless steel agar mudah dibersihkan dan lebih tahan lama. Disarankan juga memilih oven listrik yang dilengkapi dengan rak pemanggang berbahan stainless steel ya untuk menghindari korosi.
  5. Pilih oven listrik yang multifungsi. Jangan lupa pastikan fitur pemanasnya berfungsi dengan baik.
  6. Pilihlah oven listrik yang memiliki petunjuk pemakaian yang lengkap dan jelas. Ini sangat penting untuk membantu Anda menggunakan oven listrik dan meminimalisir kesalahan dalam pemakaian.

Sekarang ini sudah Oven listrik yang dapat kita miliki dengan kualitas yang sangat baik dan mendukung untuk usaha rumahan. Salah satunya adalah Tomori Heavy Duty Baking Oven  Mesin yang sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang sangat cangih.