Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mengenal Mesin CNC , Kelebihan Dan Tempat Terbaik Untuk Membeli Mesin CNC

Editor: Ipin
Mengenal Mesin CNC , Kelebihan Dan Tempat Terbaik Untuk Membeli Mesin CNC
Mengenal Mesin CNC , Kelebihan Dan Tempat Terbaik Untuk Membeli Mesin CNC

Hai.. hallo setelah beberapa kali kita membahas mesin konvensional, mari kita mengenal “Computer Numerical Control” atau biasa dikenal dengan CNC, definisi CNC bisa diartikan bahwa Mesin yang digunakan dalam proses manufakturing dengan menggunakan kontrol terkomputerisasi.
Kelebihan dan keuntungan yang paling mencolok adalah kecepatan dalam proses produksi, sehingga sangat efisien dan cocok digunakan untuk produksi masal.
Untuk bagian - bagian pada mesin CNC sebenarnya sudah cukup familliar dan sering kita dengar, apalagi tekhnisi dan orang yang sudah sering berhadapan dengan mesin Bubut, bagian itu meliputi :
  1. program
  2. Processor atau unit pengendali
  3. Alat cekam benda / chuck persis seperti di mesin bubut konvensional
  4. Motor Listrik sebagai penggerak tools
  5. Motor Listrik untuk menggerakkan dan memutar pahat ( Spindle )
  6. Pisau Potong / Cutting tools atau lebih mudah kita sebut Pahat
  7. Dan tentu saja tempat ( Holder ) pemegang tools nya
Cara Kerja Atau Prinsip Kerja CNC

Hal pertama yang perlu diketahui / perlu dipelajari adalah program atau membuat sebuah program yang sesuai dengan produk yang akan dikerjakan dan dibentuk.
Pengetikan ini bisa dilakukan langsung pada HMI ( Human Machine Interface ) maupun pada komputer dengan software pemrograman yang sudah di set up.
G-Code adalah nama lain yang lebih dikenal dalam program CNC, setelah program selesai kemudian akan ditransfer ke processor mesin untuk mengeksekusi benda kerja dan juga sudah mengatur motor servo yang menggerakkan tools dan bergerak melakukan proses manufaktur yang menghasilkan sebuah produk sesuai program.

Meskipun ada bermacam jenis dan proses dalam mesin CNC, prinsip dasar dari proses tersebut sebagian besar masih tetap sama. Proses pemesinan CNC dasar mencakup beberapa tahapan berikut :
  1. Mendesain model CAD (Computer Aided Design - software komputer yang digunakan untuk mendesain sebuah produk di fase desain selama proses engineering)
  2. Kemudian Convert file CAD ke program CNC
  3. Lalu siapkan / set up Mesin CNC
  4. Dan terakhir menjalankan operasi pada mesin.
Lalu, setelah poin - poin tersebut terpenuhi biarkan mesin cangih ini bekerja dan kita tinggal menunggu hasilnya saja.

Kelebihan Mesin CNC

Dari hal yang sudah aku jelaskan tadi, pasti kalian sadar betapa menguntungkannya produksi atau jika perusahaan memproduksi menggunakan mesin CNC. Keuntungan itu meliputi :

a. Ketelitian yang tinggi
b. Ketepatan
c. Produktifitas / kecepatan yang tinggi sehingga menghemat banyak waktu
d. Bentuk yang rumit dan kompleks adalah hal yang tidak mustahil dan dapat dikerjakan dengan rapi.

Tempat Membeli Unit Mesin CNC Terbaik

PT. Indotara Persada sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan untuk kebutuhan Industri dan mempunyai License adalah tempat dimana kamu bisa mendapatkan mesin CNC yang lengkap dan terpercaya.
Jadi kamu tidak perlu khawatir dan bingung lagi mengenai bagaimana mendapatkan dan mengoperasikan mesin CNC yang dulu dikenal rumit karena di PT. Indotara kamu juga akan dibantu oleh Sales dan tekhnisi yang berpengalaman di bidangnya. Dan kamu bisa klik link ini https://www.indotara.co.id/product/5530/jual-cnc-machine-harga-cnc-machine-cnc-machine-berkualitas- agar lebih mudah melihat mesin apa saja yang kita sediakan.