Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

MENGGUNAKAN ICE FLAKE UNTUK MENJAGA KESEGARAN MAKANAN LAUT

MENGGUNAKAN ICE FLAKE UNTUK MENJAGA KESEGARAN MAKANAN LAUT

Penggunaan es batu di Indonesia digunakan dalam berbagai jenis aktivitas. Mengingat suhu di Indonesia memiliki suhu yang panas yaitu bisa mencapai 34 derajat celcius yaitu di kota denpasar Bali dan sekitar 31 derajat celcius suhu terpanas pada kota-kota lain nya. Dengan cuaca yang terbilang cukup panas, tak heran banyak kegiatan yang menggunakan es batu , seperti minuman dingin, mendinginkan daging, dan menjaga kwalitas makanan laut agar tetap segar.

Baca Juga : TOMORI AC SERIES ICE CUBE MAKER

Beberapa tahun yang lalu, orang - orang masih menggunakan es batu yang dicetak atau dibuat menggunakan kantong plastik yang diisi air dan dibekukan..untuk membuatnya menjadi kepingan- kepingan kecil mereka harus memukul atau menyerut es tersebut.

Tetapi pada saat sekarang ini, sangat banyak mesin - mesin pembuat es batu yang didesign khusus dengan ukuran -ukuran tertentu dan bentuk - bentuk tertentu untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan disesuaikan dengan kebutuhan sebuah kegiatan.misalnya untuk digunakan sebagai pendingin minuman, es batu dicetak kecil - kecil dengan bentuk kotak- kotak atau berbentuk tube ( bulat , panjang dan mempunyai rongga di tengah). Ada juga es batu yang berbentuk es balok atau berbentuk balok - balok dengan ukuran yang sedang hingga ukuran yang sangat besar. Biasanya es batu dengan tipe ini digunakan untuk membuat pahatan patung dari es batu, atau juga biasanya digunakan untuk di pukul hingga menjadi keping -keping kecil dan digunakan untuk mengawetkan atau menjaga kesegaran pada ikan (digunakan dengan cara ditaburkan di atas ikan - ikan atau makanan laut).

MENGGUNAKAN ICE FLAKE UNTUK MENJAGA KESEGARAN MAKANAN LAUTAda juga orang - orang atau pedagang - pedagang yang menggunakan es batu tipe balok ini untuk mendinginkan minuman. Tetapi, hal itu sudah tidak efektif lagi, pasalnya pada saat ini telah banyak tercipta mesin es batu yang dapat mencetak es batu dengan berbagai bentuk dan ukuran seperti yang diinginkan dan dibutuhkan. Misalnya untuk bentuk cube (kotak) dan tube(bulat panjang dengan lobang ditengah) digunakan untuk minuman, sedangkan es balok sekarang ini banyak digunakan untuk membuat pahatan dari es batu yang digunakan untuk berbagai acara.

Baca Juga : MESIN PEMBUAT ES | ICE MAKER TOMORI

Untuk es batu yang digunakan sebagai pengawet atau penjaga kesegaran dari makanan laut, dulu digunakan es balok yang harus diserut terlebih dahulu, tetapi saat ini sudah tidak efektif dan efisien lagi, karena telah ada mesin ice flake yaitu es batu dengan bentuk serutan - serutan tipis. Hal ini sangat memudahkan si pengguna untuk mendinginkan makanan laut agar kesegarannya terjaga. Kita tidak perlu lagi untuk menyerut atau memukul es batu yang berbentuk balok menjadi kepingan es kecil,hal itu akan memakan waktu dan tenaga. Oleh karena itu menggunakan ice flake machine sangat menguntungkan baik dari sisi tenaga ataupun waktu.

Baca Juga : PENTINGNYA COLD STORAGE DALAM BISNIS PERIKANAN

Penulis: ANDRY

tomori block ice machine
banner tomori


Related Articles