Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Definisi Laser Welding Machine

Editor: Rosyid
Definisi Laser Welding Machine
Definisi Laser Welding Machine
Definisi mesin laser Welding ialah sebuah mesin yang dimana dapat melakukan pengelasan berbahan logam yang mengunakan sinar laser. Mesin welding adalah proses yang dimana dapat menyambung dua atau lebih bahan logam mengunakan sinar laser yang sangat kuat untuk mencairkan dan menggabungkan bahan bahan tersebut.

Proses laser welding sendiri ialah dengan menyoroti sinar laser pada permukaan logam yang nantinya akan di sambungkan sesuai dengan kebutuhan. Sinar laser kemudian akan mencairkan logam pada permukaan tersebut sehingga terjadi pencairan logam yang kemudian bergabung dan membentuk pengikat yang kuat.

Kelebihan mengunakan mesin laser welding ialah kemampuan untuk memproses pengelasan dengan sangat presisi, kecepatan, dan memiliki kualitas pengelasan yang sangat tinggi. Selain itu juga, mesin laser welding dapat memungkinkan melakukan pengelasan pada bahan yang sulit di lass secara manual dan dapat di gunakan untuk melakukan proses pengelasan berbagai bahan/jenis logam seperti alumunium, baja, dan titanium.

Berikut beberapa keuntungan mengunakan mesin laser welding:

PRESISI TINGGI
Mesin laser welding dapat menghasilkan pengelasan dengan presisi yang sangat tinggi, sangat  efisien pada bahan logam dengan ketebalan yang berbeda beda. Hal ini membuat mesin laser welding sangat cocok untuk dunia perindustrian yang membutuhkan hasil lass dengan presisi tinggi seperti Aerospace dan medical device.

KECEPATAN
Pengunaan mesin lass laser welding relative lebih cepat di bandingkan dengan pengelasan konvensional pada umumnya yang mengunakan mesin lass atau gas. Kecepatan ini akan mempersingkat waktu produksi sehingga dapat menghemat biaya produksi dan meningkatkan produktifitas.

KUALITAS PENGELASAN
Proses pengelasan dengan mesin laser welding dapat menghasilkan kualitas yang optimal, dengan sedikit goresan pada permukaan logam yang terhubung. Selain itu, mesin laser welding tidak menghasilkan panas yang berlebih seperti mengunakan mesin lass konvensional sehinga mesin laser welding dapat mengurangi distorsi pada logam saat dihubungkan.

FLEKSIBILITAS
Mesin laser welding dapat di gunakan untuk mengelas berbagai jenis logam seperti alumunium, baja, titanium, dan bahan lainnya, sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas pada setiap proses produksi.

AMAN UNTUK LINGKUNGAN
Mesin laser welding tidak mengunakan bahan bahan seperti gas dan bahan kimia lainnya sehingga dapat disebut aman untuk lingkungan dan pekerja teknisi lass. Hal ini dapat membantu memenuhi syarat standarisasi keselamatan kejrja dan lingkungan industri.

Kekurangan mengunakan mesin laser welding

BIAYA YANG TINGGI
Mesin laser welding memiliki biaya yang cukup tinggi di bandingkan dengan mesin lass welding konfensional pada umumnya. Hal ini disebabkan teknologi yang di gunakan pada mesin laser welding.

MEMERLUKAN KEAHLIAN KHUSUS
Pengoperasian mesin laser welding memerlukan tenaga ahli khusus sehingga memerlukan pelatihan khusus bagi pekerja.. dikarenakan jika tidak memeiliki pelatiham khusus dalam pengoperasian mesin laser welding kualitas pengelasan dapat memperburuk hasil lass dan meningkatkan resiko kecelakaan kerja.

BAHAN JENIS TERBATAS
Mesin laser welding hanya dapat di gunakan dengan bahan dasar logam untuk bahan non logam seperti kaca dan plastic mesin laser welding sangatlah tidak cocok di gunakan.

TERBATAS PADA KETEBALAN BAHAN
Mesin laser welding tidak cocok dengan media kerja yang ketebalannya sangat besar, hal ini di akibatkan daya serap sinar laser pada bahan yang sangat tebal yang dapat menibulkan deformasi pada bahan atau media kerja.