Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Minuman dan makanan lebih fresh disimpan di showcase cooler Tomori LGS

Posted Date, 15 Oktober 2022

Editor: Rosyid

Penulis: Vita Cahyatama, S.T.

Minuman dan makanan lebih fresh disimpan di showcase cooler Tomori LGS

Minuman dan Makanan Lebih Fresh disimpan di Showcase Cooler Tomori LGS - Mesin pendingin saat ini terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Pada umumnya mesin pendingin digunakan untuk pengawetan makanan dan peyerapan kalor dari bahan-bahan kimia. Penggunaan mesin pendingin sangat dikenal luas pada industri perhotelan, industri obat dan makanan, pengawet dan lain sebagainya. Mesin pendingin seperti showcase cooler, cold storage, freezer dan kulkas digunakan untuk menjaga juga mempertahankan kondisi dari suatu produk supaya tetap dalam keadaan baik. Contoh penjual makanan dan buah-buahan di pasar tradisional ataupun di pasar modern, penggunaan mesin pendingin ini dimaksudkan agar proses pembusukan produk makanan dan buah berlangsung lebih panjang. Dengan demikian dapat dihindari sebuah kerugian yang akan dialami pleh pihak penjual.

Penggunaan dan pemilihan mesin pendingin yang tepat akan membantu menjaga kesegaran produk tersebut, mulai dari kapasitas hingga kualitasnya. Mutu dari bahan atau kualitas bahan juga mempengaruhi penyimpanan dingin. Suhu penyimpanan, perlakuan pra-pendinginan, sirkulasi udara, dan cara penumpukan bahan adalah beberapa faktor yang sangat mempengaruhi pada proses refrigerating atau pendinginan. Penyimpanan pada suhu rendah bisa menghambat kerusakan makanan, antara lain kerusakan fisiologis, kerusakan enzimatis maupun kerusakan mikrobiologis. Pengawetan dengan suhu rendah dibedakan menjadi 2 yakni pendinginan dan pembekuan.

Baca Juga:

    Pendinginan dan pembekuan merupakan salah satu cara pengawetan yang ampuh. Pendinginan atau refrigerasi adalah penyimpanan dimana suhu rata-rata yang digunakan masih berada di atas titik beku.Pada pendinginan ini kisaran suhu yang digunakan antara – 1°C sampai + 4°C. Pada suhu tersebut, pertumbuhan bakteri juga proses biokimia akan terhambat. Pendinginan ini dapat mengawetkan bahan pangan selama beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung kepada jenis bahan yang disimpan. Pembekuan atau sering disebut freezing ialah penyimpanan di bawah titik beku, jadi bahan bahan akan disimpan dalam keadaan beku. Pembekuan yang baik dilakukan pada suhu kira-kira –17°C atau lebih rendah lagi. Pada suhu ini pertumbuhan bakteri  benar benar berhenti.

    Salah satu produsen refrigerating berkualitas khususnya untuk produk showcase cooler adalah brand Tomori asal Jepang. Berbagai mesin refrigerating yang ditawarkan oleh Tomori memiliki berbagai ukuran mulai dari 238 liter, 400 liter, 500 liter, 600 liter hingga 1500 liter, mesin ini memiliki keunikan dan kualitas yang super terjamin. Showcase cooler ini hadir dengan model 1 pintu hingga 3 pintu dengan konsumsi daya tidak begitu besar sehingga lebih hemat. Salah satu produk uanggulannya yang sering sekali menjadi rebutan yakni showcase cooler dengan type LGS-400W. LGS-400W ini memiliki temperature 2 °C -+10°C yang tentunya akan menjaga makanan ataupun minuman agar tetap terjaga kesegaran dan kualitasnya. Produk ini memiliki garansi selama 1 tahun compressor dan 3 tahun untuk PCB control tentunya sangat membuat penggunanya merasa aman dan nyaman. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemilihan refrigerrating yang akan dipakai menjadi faktor penting yang harus difikirkan.