Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

PEDOMAN INSPEKSI CRANE

PEDOMAN INSPEKSI CRANE - Overhead Crane adalah material handling yang sangat penting dilakukan tindakan program perawatan yang baik berdasarkan rekomendasi dari manufacture / pabrik. Program perawatan ini harus terpusat pada rencana menyeluruh dan efektif yang dilakukan secara berkala. Jika seorang Inspektur Cranes mendeteksi komponen yang memburuk atau kondisi crane tidak aman selama inspeksi, mereka harus memperbaiki sebelum pekerja dapat melanjutkan kembali Crane tersebut.


Dalam rangka melaksanakan program perawatan pencegahan yang tepat dan menyeluruh, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan pemeriksaan dan prosedur keselamatan harian (Checklist). Setelah checklist untuk memastikan overhead crane Anda siap menerima perawatan yang tepat tidak hanya akan memungkinkan Anda untuk menjaga sistem Anda agar bekerja lebih lama, juga akan menjaga garansi Anda dan mencegah kekhawatiran keselamatan pekerja .

BERIKUT INSPEKSI CRANE YANG DIREKOMENDASIKAN

PEDOMAN INSPEKSI CRANE

Inspeksi Harian sampai Bulanan
1. Operasional fungsi dari limit switch, dengan cara jalankan crane tanpa beban pada hook secara perlahan-lahan sampai mengenai limit switch.
2. Operasional fungsi mekanik seperti penyetelan ulang, kerusakan fungsi mekanik dll
3. Operasional komponen hidrolik dan pnuematik, pengecekan kurang kencangnya sambungan, baut karena getaran dan kebocoran.
4. Deformasi dari Hook, pengecekan Hooks seperti retak atau terkikis.
5. Hoisting Rope, seperti kawat-kawat mulai putus, aberasi dan tidak tergulung sesuai alur pada drum.


Inspeksi Bulanan sampai Tahunan
1.
Sambungan seperti baud, mur, pin pengunci dst, yang mungkin aus atau kekenduran.
2.
Komponen rail, beam dll, yang mungkin mengalami deformasi, retak atau pecak atau karena kerusakan yang diakibatkan karena adanya korosi.
3.
Komponen mekanik seperti Poros, bearing, pin, roda gigi, roller, pengunci dan klem, yang mungkin mengalami aus, pecah, retak atau distorsi beban.
4.
Komponen pasak, brake, pin, pengangkat, lapisan dst terhadap kotoran/kerak yang berlebihan.
5.
Komponen rope drum dan sheaves, lapisan dst terhadap kotoran/kerak yang berlebihan.
6. Komponen motor yaitu unjuk kerja dari motor, komutator serta slip ring dan bushes, dll.
7. Komponen Rantai dan Sproket dari kerak-kerak logam dan kotoran yang berlebihan.
8. Komponen hooks dari keretakan yang dapat dideteksi dengan magnetik parikel, pencelupan kedalam bahan penetran atau alat pendeteksi lainya. Komponen komponen hooks lainya seperti baut, pin pengunci, dan pengaman.
9. Komponen pengaman beban, dan pengaman alat yang dipasang pada crane.
10 Komponen kelistrikan yang lainya seperti control dan pengawatan yang mungkin mengalami kekenduran dan kotoran, serta pembersihan kontaktor dari kotoran.
(Merujuk dari maintenance enginering handbook)

Pemeriksaan efektif keamanan sangat penting untuk perawatan overhead crane system. Sangat penting menciptakan keamanan sesuai dengan check list segera hentikan penggunaan crane secepatnya jika ada kesalahan, suara keras di setiap pergerakan arah crane.

 
banner percayakan indotara

Penulis: RISKY FAUZI
Editor: IQBAL


Banner Parrent LGM

Banner-Samsung-Product
Banner List Product Hoist Crane Artikel


Related Articles